Apa Itu Beranda? Apa Fungsinya di Rumah? Seberapa Penting? Ini Dia!

Senin, 10 Agustus 2020 | 10:30
Tab RUMAH

Beranda memanjang seperti ini akan menjamin suhu ruang dalam menjadi lebih terkontrol.

IDEAonline –Beranda, verandah, adalah salah satu bagian rumah. Ia bisa kitapikirkan sebagai teras atau tempat diluar rumah, open-air, yang seringkalidihubungkan dengan fungsi-fungsisantai. Tapi pernahkah kita pikirkankenapa beranda perlu ada?

Untuk negara-negara beriklimpanas, fungsi beranda sebenarnyauntuk membantu menciptakan iklimmikro di dalam dan sekitar rumah agarnyaman bagi manusia.

Baca Juga: Sterilkan Uang di Microwave dan Mesin Cuci, Bank of Korea Alami Penukaran Uang yang Terbakar Karenanya

Beberapa bukumenyebutkan bahwa beranda berawal diIndia karena iklimnya yang panas kering.

Orang Inggris yang menjajah Indiamembawanya untuk dipraktikkan diAustralia. Kita mungkin mewarisinya darinenek moyang kita, orang Inggris atauorang Belanda. Tapi bila kita lihat rumah Betawi, Jawa, atau Bali, biasanya adajuga ruang-ruang beranda seperti ini.

Metode ini dibuat untuk memberiruang antara, yang membatasi ruangdalam dan ruang luar.

Ruang luaryang panas, sebelum bisa langsungbersinggungan dengan ruang dalamdiberi ruang antara yang terlindungatap, tapi tetap terbuka. Bukaanyang maksimum bisa dibatasi pagaratau railing atau sama sekali terbuka.

Fungsinya karena biasanya di depanrumah akan nyaman sekali untukmenerima tamu atau sekadar melepaslelah.

housebeautiful.com

Apa Itu Beranda? Apa Fungsinya di Rumah? Seberapa Penting? Ini Dia!

Perbedaan tekanan udara antaraluar dan dalam menyebabkan anginamengalir. Tanah tak terlindung akanterkena matahari dan udaranyamengembang (+) akan mengalirke daerah yang lebih dingin karenaterlindung (-).

Prinsip fisika sederhana iniakan mengalirkan udara, yang kemudianmenjadi angin. Perbedaan suhu ini juga akanmempengaruhi kenyamanan di dalamruangan.

Ruang dalam akan lebih sejuk, terlebih bila diusahakan ventilasi yangbersilangan di dalam, menjamin udaramengalir.

Baca Juga: Begini Pertimbangan Pasang Lampu Hemat Energi, Bisa di Tangga Juga!

Budaya beranda akhirnya mengakarpada setiap budaya berumah, terutama di negara tropis. Di Negarakita bentuknya beragam dari dimensi, fungsi, dan skalanya.

Kita tetapperlu mempertimbangkan proporsidan letaknya di denah keseluruhan. Bagaimanapun, strategi desain rumahkita harus mempertimbangkan kondisisesuai tempat kita bermukim.

Letakpohon penaung di luar, arah orientasimatahari atau sebuah kolam kecilakan dapat juga mempengaruhi alurangin, suhu, dan kelembaban udarayang sangat penting untuk menunjangkenyamanan kita.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 82

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya