Dinding WC Berhadapan dengan Pintu Masuk Dapat Berdampak Buruk, Ini Kata Ahli!

Sabtu, 26 September 2020 | 16:00
dok. oliviamarcheline.com

ILUSTRASI WC

IDEAonline –Walaupun efeknya tidakseburuk WC dan kamarmandi di samping pintumasuk atau setelah ruangtamu, WC yang dindingnyatepat berhadapandengan pintu masuk jugadianggap dapat merugikankeberuntungan penghuni.

WC yang dimaksud di sinibiasanya adalah WC untuk tamu, yangletaknya memang paling strategis jikaberada di dekat ruang tamu.

Dengandemikian, tamu yang akan ke WCtidak perlu masuk lebih jauh ke dalamrumah. Konsep ini memang tidak salahdari kacamata arsitektur.

Tetapi, dalamanalisis Feng Shui nilainya kurangbaik. Ada aturan tertentu yang harusdipertimbangkan agar energi alamyang masuk ke rumah tidak dirusakoleh energi jahat yang ditimbulkanoleh WC tersebut.

Sebaris Lurus

Baca Juga: Keracunan Sampai Mulut Keluar Busa, Anak di Bawah Umur Ini Hampir Meregang Nyawa Usai Menenggak Obat yang Disimpan Sang Ibu di Kulkas, Ada apa?

Baca Juga: Bikin Belanja Makin Gampang, Inilah 5 Fitur Baru LazMall dari Lazada

WC tamu yang letaknya sesudahbatas dinding ruang tamu yangakan menuju ke dalam, memangdiperbolehkan, selama dinding WCtersebut tidak terlihat langsung daripintu utama.

Cara menentukannyasangat mudah, yaitu sebaris lurus darilebar pintu utama sebaiknya bukandinding WC.

Kalau menghendakidesain rumah dengan WC di dekatruang tamu, cara paling baik adalahdengan membuat WC di bagian sisikanan atau kiri ruang tamu.

Denganbegitu, bidang dinding di ruangtamu—khususnya yang bertatapanlangsung dengan pintu masuk—tidakdirusak oleh energi buruk yang ada dibalik dinding ruang tamu.

Udara Tidak Sehat

Menurut ulasan Feng Shui, apabilapintu masuk bertatapan dengan dinding WC, akan terjadi penolakan ilmu Feng Shuiterhadap rezeki kehidupan yang masuk.

Dengan demikian, kehidupan penghunitidak bisa berjalan dengan mulus.

Baca Juga: Ternyata Ada Gejala Menetap Dialami Pasien yang Sudah Sembuh dari Covid-19, Depresi hingga Hilang Memori!

Baca Juga: Kombinasi Warna Monokromatis Ciptakan Suasana, Ini Makna dan Caranya!

Tapiada juga yang mengatakan bahwakomposisi tersebut akan merusakhawa Qi yang masuk ke rumah, danmengubahnya menjadi Sha Qi/hawapembunuh.

Dari sisi logika, penalaran FengShui ini bisa dibetulkan. Antara WC danruang tamu yang hanya dipisahkanoleh satu dinding penyekat, seringmembuat tamu atau orang yang masukke rumah harus menghirup udara yangkurang sehat.

Apabila ventilasi WCyang dimaksud tidak baik maka baubusuk akan menyebar ke ruang tamudan ruang lainnya. Bau maupun udarayang tidak sehat pasti akan merusak kesehatan.

Bahkan, bauini dapat memengaruhisistem syaraf yang dapatmemengaruhi seseoranguntuk melakukan aktivitasnegatif.

Karena itu, di manapun letak kamar mandi atauWC, sistem ventilasi udaradan pencahayaan harusdiperhitungkan dengancermat.

WC di balik ruangtamu dengan ventilasijendela yang diletakkan diruang tamu, adalah contoh tatanan Feng Shui yangburuk. Yang paling baik, WC harus memiliki ventilasike taman, agar udara akanmenjadi lebih bersih.

Ini Pembenahannya

Dinding WC yang terlanjur bertatapandengan pintu masuk, sebaiknya dikamuflase denganmemasang satu lukisan yang besar atau lemari yangbesarnya minimal sedaun pintu.

Baca Juga: Keracunan Sampai Mulut Keluar Busa, Anak di Bawah Umur Ini Hampir Meregang Nyawa Usai Menenggak Obat yang Disimpan Sang Ibu di Kulkas, Ada apa?

Baca Juga: Bahaya Bisa Meledak, Jangan Simpan 3 Benda Ini di Dalam Kulkas atau Freezer!

Ini dimaksudkan agardinding tersebut tidak langsung tampak dari luar atauberhadapan langsung dengan pintu masuk.

Denganmelakukan langkah ini, pengaruh buruk akibat FengShui yang salah dapat dikurangi. Selain itu, lukisan ataulemari dinding tersebut bisa mempercantik interior.

Penggunaan kaca cermin yang digantung dibagian dinding WC yang bertatapan dengan pintumasuk kurang dianjurkan. Sebab, cermin sifatnyamemantulkan.

Peletakan cemin yang dihadapkanlangsung ke pintu, dipercaya dapat menolak hawarezeki yang masuk ke rumah.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 90

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya