Mau Dandani Teras Mungilmu Agar Tak Jadi Sekedar Entrance? Batu Koral dan Stepping Stone Juga Bisa!

Selasa, 13 Oktober 2020 | 18:00

Teras Mungil Tampil Unik Dengan Batu

IDEAonline –Zaman dahulu, terasmenjadi tempat alternatif bagikeluarga untuk bersantai di sore harisambil menghirup secangkir teh danmenikmati kue-kue.

Terkadang, terasjuga bisa menjadi perpanjangan ruangtamu ketika kerabat yang bertandangjumlahnya melebihi kapasitas ruangtersebut.

Namun, kini rumah dikompleks-kompleks perumahancenderung memberikan area teras yangsangat mungil. Fungsinya pun menjadihanya sebatas entrance bagi rumah.

Ukuran yang mungil kadangmenjadikan pemilik rumah ogahmendandani teras. Untuk apa? Toh hanya entrance yang sekadar dilewati, tanpa berlama-lama dipandangi ataudinikmati.

Baca Juga: Bukan Diusir, Ini Alasan Kenta Komedian Asal Jepang Tinggalkan Rumah Ruben Onsu, Justru Berterima Kasih Atas Hidupnya Sekarang!

Baca Juga: Keseimbangan Oksigen dan Pembentukan Iklim Mikro yang Baik Ternyata Juga Pengaruhi Kenyamanan Hunianmu! Hadirkan Lewat Jendela

Padahal pemikiran seperti initak sepenuhnya benar. Sebagai entrance, penting juga bagi teras yang mungil iniuntuk berdandan menyambut merekayang akan memasuki rumah. Selain itu, desain yang apik akan menambah dayatarik penampilan fasad rumah.

Tab RUMAH

Agar penampilan teras tak didominasi oleh kakunya batu, keramik, dan semen, perlu ditambahkan unsur tanaman. Di sini dipilih tanaman air jenis Juncus Sp. Penampilannya yang sederhana, selaras dengan desain teras yang cenderung minimalis.

Tak Perlu Banyak Pernik

Dahulu, orang biasa meletakkanseperangkat kursi plus meja di teras. Namun dengan ukuran teras yangumum digunakan di kompleks-kompleksperumahan saat ini, hal tersebut rasanyasulit diterapkan.

Baca Juga: Mengawali Karir Menjadi 'Hantu Cantik', Ternyata Artis yang Usianya Hampir Setengah Abad Ini Miliki Hunian Luas Banget, Kaya Bandara!

Baca Juga: Sebabkan Gatal Hingga Demam, ternyata Campuran Minyak Kayu Putih dan Deterjen Dapat Atasi Tungau di Kasur, Begini Hasilnya!

Ukuran teras yang mungil sebaiknyadisiasati dengan menaruh sesedikitmungkin perabot atau pernak-pernik diarea ini.

Terlebih lagi, sebagai entrance, teras sebaiknya tak terlalu disesaki oleh barang yang akan menyulitkan orangyang hendak memasuki rumah.

Letakkanbarang yang memang diperlukan benardi bagian ini, seperti keset atau raksepatu. Sesuaikan ukurannya denganluas teras agar terlihat serasi.

Batu Koral Memberi Tekstur

Agar tak monoton, terapkanpermainan tekstur. Paduan tekstur yangberbeda akan memperkaya penampilanteras. Pada teras ini, permainan teksturdidapat dengan memadukan ubinkeramik yang licin dengan batu koralyang kasar.

Batu koral dipilih yangdiameternya cukup besar agar seimbangdengan lebar ubin. Perpaduan ini, selain memberikantatanan tekstur yang berbeda jugamemberikan tatanan warna yangberbeda pula.

Meskipun demikian, perbedaannya tak terlalu besar karena masih ada dalam satu gradasi warna, yakni abu-abu. Abu-abunya cat dinding, berpadu serasi dengan warna keramikdan batu koral.

Tab RUMAH

Agar tak monoton dan memperkaya penampilan teras, terapkan permainan tekstur. Pada teras ini, permainan tekstur didapat dengan memadukan ubin keramik yang licin dengan batu koral yang kasar.

Stepping Stone Unik

Baca Juga: Gunakan Baking Soda, Begini Trik Mudah Lenyapkan Noda Kuning di Panci, Jadi Baru Lagi!

Sebagai peralihan dari carportmenuju ke teras, digunakan steppingstone (batu pijakan). Bentuk steppingstone yang sederhana—persegi tanpabanyak ornamen—selaras dengan desainteras yang minimalis.

Stepping stone ini juga cukup mudahpembuatannya. Bahan-bahannyahanyalah pasangan bata dan campuransemen-pasir.

Alur-alur pada permukaanstepping stone dibuat denganmenggunakan bantuan sapu lidi, saatlapisan semen masih basah.

Tab RUMAH

Stepping stone ini mudah pembuatannya. Bahan-bahannya hanyalah pasangan bata dan campuran semen-pasir. Alur-alur pada permukaan stepping stone dibuat dengan bantuan sapu lidi, saat lapisan semen masih basah.

Tanaman Air Memperlembut Penampilan

Agar penampilan teras tak meluludidominasi oleh kakunya batu, keramik, dan semen, perlu ditambahkan unsurtanaman.

Di sini dipilih tanaman airjenis Juncus Sp. Penampilannya yangsederhana, selaras dengan desain terasyang cenderung minimalis.

Agar penampilan teras takmenjadi “berantakan” oleh emberatau pot yang berjajar, galilah lubangdengan kedalaman yang cukup danbenamkan ember atau pot tempattumbuhnya si Juncus.

Baca Juga: Mulai Sekarang Tuang Saos Tomat Saat Bersihkan Teko, Wajan, Atau Panci! Hasilnya Enggak Main-main

Tata batu koraldi sekeliling bibir ember atau pot untukmenyembunyikannya. Nah, siapa bilang ukuran yangmungil membuat teras tak bisa tampilapik? Teras yang satu ini adalahbuktinya.

Bahan-bahan yang digunakanterbilang biasa dan tak mahal, namunhasilnya mampu memikat mata.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 91

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya