Terungkap Cara Meninggikan Pagar Beton, Coba Pertimbangkan Hal Ini

Jumat, 12 Maret 2021 | 18:30
Tab RUMAH

Panel dinding beton sering digunakan sebagai pagar pembatas perumahan.

IDEAonline -IDEA lovers, pasti pernah merasakan ingin merenovasi pagar yang didapat darideveloper karena kurang mumpuni.

Dilansir dariTabloid RUMAH edisi 68, beginicara mengatasinya!

Kasus

Rumahkami, selain di pojok jugabersebelahan dengan pagarpembatas perumahan yangtingginya kurang lebih 3 meterdan terbuat dari pasangan beton (dari developer) yang tebalnya5 - 7 cm.

Kami bermaksudmeninggikan pagar pembatastersebut demi keamanan. Tetapikami bingung bagaimana caranyamenambah ketinggian pagartersebut karena tebalnya hanyaseukuran itu.

Bagaimana biladitinjau dari kekuatannya? Sebagai bahanpertimbangan, panjang pagar16 m dan tinggi pagar yangdiinginkan sekitar 4 m (jadibertambah tinggi 1 m dariaslinya).

Bahan apa saja yangdibutuhkan?

Baca Juga: Artis Ini Pernah Berjuang dari Kanker Payudara, Simak Tanaman Langka Asal China yang Ternyata Mujarab Sembuhkan Kanker dalam Waktu 16 Jam!

Baca Juga: Belasan Tahun Menduda, Ariel Kejutkan Netizen dengan Jawaban Belum Mau Menikah Lagi, Begini Hunian Sang Musisi yang Jarang Tersorot

Solusi

Beton tersebut berupa panel memanjangberukuran sekitar 40 cm x 200 cm yangdipasang menumpuk berdiri, dengan perkuatan kolom-kolomyang juga sudah dibuat dengan cetakan (beton pracetak).

Karena beton tersebut dicetak, maka panel beton tersebut bisa dibuat cukuptipis (namun cukup berat, karena memilikitulangan).

Jadi apabila Anda bermaksudmenambah ketingggiannya, saya rasayang terbaik adalah menggunakanmaterial yang sama dengan dindinglamanya.

Sebab, dinding panel betontersebut menggunakan sisteminterlocking (saling mengunci), sehingga Anda tidakperlu menggunakan adukan semen untukmerekatkannya.

Baca Juga: Bisa Berakibat Fatal Seperti Kasus Covid yang Dialami Ashanty, Ketahui 5 Ciri-ciri Covid 19 yang Sudah Menyebar ke Paru-paru

Baca Juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Sudah Ditemukan di Indonesia, Efektifkah Lansia Gunakan Vaksin yang Terlanjur Beredar?

Anda bisa menambahkan balokhorizontal dengan meletakkan betonpracetak di atas dinding lama danmenambahkan kolom lagi secara vertikal.

Tab RUMAH

Meninggikan Tembok Pembatas dari Beton

Kemudian panel dinding betonnyadipasang di antara kolom tadi.

Baca Juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Sudah Ditemukan di Indonesia, Efektifkah Lansia Gunakan Vaksin yang Terlanjur Beredar?

Untuk pemasangan dinding beton iniAnda tidak perlu repot mengerjakannyasendiri, karena pemasoknya biasanyamemberikan jasa pemasangannya padasaat Anda membeli.

Karena materialini berat, maka diperlukan alat dankemampuan khusus untuk memasangnya. Panel dindingbeton seringdigunakan sebagaipagar pembatasperumahan

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya