6 Solusi Keamanan Rumah Pintar dengan Interkom Comelit, Efisien Tanpa Ribet

Jumat, 23 April 2021 | 17:00
azgolfhomes.com

Ilustrasi-Mengontrol keamanan dan aktivitas rumah tak terbatas jarak dan waktu.

IDEAOnline-Semua orang pasti ingin huniannya (rumah maupun apartemen) aman.

Ya, karena keamanan menjadi kunci utama yang menjamin kenyamanan bertinggal.

Segala cara dilakukan demi keamanan ini, bahkan tak peduli berapa pun harga yang harus dibayar.

Masuk akal, tempat tinggal tak aman risikonya lebih besar, tak hanya soal harta benda yang hilang atau rusak, namun juga bisa menyangkut nyawa, yang tentu saja tak terbayar dengan apapun.

Selama ini beberapa cara pengaman rumah banyak dilakukan, seperti misalnya menggunakan satpam, memasang alarm, ataupun CCTV.

Tak ada yang salah dengan semua cara ini, sebagai cara preventif pencegahan ataupun pasca kejahatan yang mengancam keamanan rumah.

Menggunakan satpam, masih ada potensi human error. Bahkan, tak sedikit kejahatan justru terjadi atas kerja sama si petugas keamanan dengan orang luar.

Alarm, memberi informasi preventif untuk melakukan tindakan pengamanan.

Baca Juga: Jangan Lagi Lakukan 3 Kebiasaan Ini Saat Menyajikan Makanan di Meja Makan, Penting!

Baca Juga: Mengintip Kembali Rumah Sederhana Milik Sprinter Indonesia yang Kini Masuk Daftar Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Dulu Rusak Banget!

CCTV (Closed Circuit Television), perangkat ini mampu memberi bukti berupa rekaman sehingga identitas pelaku kejahatan bisa diketahui.

Ada yang lebih dari ini?

Ya, dengan Intercom Cornelit!

Solusi keamanan hunian pintar ini dihadirkan di Indonesia oleh Datascript sebagai authorized distributor-nya.

Tak hanya soal keamanan, namun berbagai sistem hunian pintar dan lingkungannya bisa dikontrol dengan satu perangkat ini, tak terbatas waktu dan jarak, sehingga lebih praktis dan efisien.

Perangkat sistem keamanan dan sistem akses yang ada di rumah dan lingkungan sekitar terakses dengan mudah.

Perangkat audio videophone atau interkom tidak hanya sebagai perangkat komunikasi untuk memantau tamu yang datang, berkomunikasi dengan tamu yang ada di pintu masuk lobi apartemen, tanpa perlu turun gedung.

Interkom Comelit menjadi sistem keamanan terpadu dan pintar yang mengombinasikan komunikasi audio video, kontrol akses, hingga sistem manajemen video di lingkungan tempat tinggal maupun fasilitas yang ada di sekitar dalam satu perangkat.

Baca Juga: Pernikahannya Sempat Tak Direstui, Terungkap Orang Terdekat yang Mengirim Tanah Kuburan ke Rumah Artis Cantik Ini, Biar Karir Redup!

Baca Juga: Serasa Punya Satpam di Mana-mana, Rumah Aman Saat Mudik Pakai Alat Ini

Datascrip-Interkom Comelit

Dapat mengontrol dan berkomunikasi dengan tamu yang datang.

Serba Otomatis dan Terhubung

Keberadaan interkom pada hunian modern tidak hanya sekadar menjadi alat komunikasi antar tamu dan pemilik hunian. Saat ini, teknologi yang ada pada interkom membuat pemilik hunian menjadi lebih mudah dan nyaman karena berbagai perangkat yang ada di rumah dapat terintegrasi dengan alat ini,” kata Amran Nukman H.D., Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI).

“Kehadiran Interkom Comelit tidak hanya memastikan sistem keamanan berjalan dengan baik, namun memberikan kenyamanan bagi penghuni, baik di rumah maupun di lingkungan apartemen. Perangkat ini dirancang khusus sehingga segala sesuatu dapat berjalan dengan otomatis, terintegrasi, efisien dan menjadi lebih mudah. Tidak hanya kualitas produk, Datascrip menjamin layanan purnajual dari solusi pintar Interkom Comelit ini," ujar Sylvia Lionggosari, Business Unit Director PT Datascrip.

Berikut IdeaOnline berikan 6 kepintaran perangkatan ini yang mampu mengontrol semua hal tentang hunianmu, baik keamanan maupun aktivitas keseharian di rumah hanya dengan satu perangkat.

Baca Juga: Mengintip Kembali Rumah Sederhana Milik Sprinter Indonesia yang Kini Masuk Daftar Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Dulu Rusak Banget!

Baca Juga: Pantas Saja Penghuninya Kabur, Bangunan Apartemen Ini Disusun Mirip Lego, Pasang Pengisap Asap di Dapur Saja Susah

1. Mengontrol Tamu yang Datang

Interkom Comelit dapat terhubung dengan smartphone sehingga dapat melakukan monitoring dan pengaturan dari jarak jauh melalui Comelit Apps yang ada di iOS dan Android.

Salah satu fiturnya, yaitu Home Away Call Answering, memberikan kemudahan akses untuk berkomunikasi dengan tamu yang datang, meski pemilik hunian sedang berada di luar.

Ketika ada tamu yang datang di depan gerbang rumah atau lobi apartemen, pemilik hunian dapat berkomunikasi videophone melalui perangkat smartphone.

Tamu juga bisa memberikan pesan video melalui interkom Comelit ini jika pemilik hunian yang dituju tidak ada jawaban atau berada di luar.

Penerapan Home Away Call Answering sudah ada di apartemen mahasiswa The Edge di Leeds, Inggris. Pengunjung disediakan panel LCD layar sentuh intuitif untuk dapat memanggil salah satu dari 131 penghuni apartemen 7 lantai ini.

The Edge menggunakan Comelit’s multi-user SIP gateway untuk menghubungkan panel interkom yang ada di pintu masuk dengan telepon VoIP di kamar apartemen dan juga smartphone atau tablet mahasiswa sehingga tetap dapat berkomunikasi jika sedang berada di luar apartemen.

Pengelola apartemen juga dapat dengan mudah memperbaharui data penghuni dengan software ViP Manager.

Baca Juga: Mengintip Kembali Rumah Sederhana Milik Sprinter Indonesia yang Kini Masuk Daftar Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Dulu Rusak Banget!

Baca Juga: Smart Home Jadi Tuntutan di Masa Kenormalan Baru, Peranti Apa Saja Pendukungnya?

Datascrip-Interkom Comelit

Dapat mengontrol tamu serta akses dan pengakses hunian dari jarak jauh.

2. Mengontrol Akses dan Pengakses Hunian

Perangkat interkom Comelit juga dapat terintegrasi dengan sistem akses yang ada di rumah, sehingga dapat mengatur untuk membuka kunci gerbang atau pintu rumah, memberikan kemudahan tamu untuk dapat masuk tanpa harus pemilik rumah ke luar menuju gerbang atau turun ke lobi apartemen.

Baca Juga: Mengintip Kembali Rumah Sederhana Milik Sprinter Indonesia yang Kini Masuk Daftar Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Dulu Rusak Banget!

Baca Juga: Jangan Lagi Lakukan 3 Kebiasaan Ini Saat Menyajikan Makanan di Meja Makan, Penting!

Selain itu, interkom Comelit memiliki fitur Elevator Acces Guidence yang dapat memandu tamu yang datang untuk dapat mengakses lift ke unit apartemen yang akan dituju.

Teknologi Face Recognition memberikan kemudahan dan kenyamanan pemilik hunian untuk membuka kunci pintu secara otomatis dengan deteksi wajah.

Dengan fitur ini bisa ditambahkan pengguna baru, serta mengaktifkan atau menonaktifkan akses.

Teknologi ini memungkinkan untuk pengiriman notifikasi ke smartphone berupa informasi orang yang menggunakan akses untuk masuk ke rumah.

Data berupa foto, video dan waktu akses juga dapat disimpan dan berguna jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Datascrip-Interkom Comelit

Rumah pintar dengan Interkom Comelit, pantau dan kontrol situasi lingkungan hunian.

3. PantauSituasi Hunian dan Lingkungan

Pemilik hunian juga bisa memantau situasi hunian melalui kamera CCTV yang ada di dalam atau di luar rumah.

Bahkan dengan adanya fitur Public Facility Monitoring pada interkom Comelit ini akan sangat membantu pemilik hunian di lingkungan apartemen atau rumah untuk memantau situasi fasilitas umum seperti tempat olahraga, taman bermain anak,food court, tempat parkir, hingga lobi gedung.

Pengelola apartemen juga bisa menggunakan fitur Public Booking Facility untuk menerapkan sistembookinguntuk fasilitas yang dapat dipesan sebelumnya, seperti ruangmeetingatau lapangan tenis.

Saat ada di luar rumah, pemilik juga bisa memantau situasi rumah lewat kamera CCTV yang terhubung dengan Comelit App yang ada dismartphone.

Baca Juga: Mengintip Kembali Rumah Sederhana Milik Sprinter Indonesia yang Kini Masuk Daftar Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Dulu Rusak Banget!

Baca Juga: Siapkan Desain Smart IKN, Ini Definisi Kota Pintar menurut Jokowi

Kompas.com
Dok. SHUTTERSTOCK/ Mike Fouque

Terintegrasi dengan perangkat pintar di rumah, dapat dioperasikan dari manapun.

4. Otomatisasi Operasional Perangkat Pintar di Hunian

Interkom Comelit juga bisa diintergrasikan dengan sistemsmart homesehingga dapat melakukan pengaturan secara otomatis mulai dari pengaturan pencahayaan, suhu ruangan, pengaturan musik di ruangan, pengaturan tirai jendela, sistem pemanas air, hingga pengaturan sistem penyiraman tanaman

5. Punya Tombol Darurat untuk Hubungi Satpam

Fitur Emergency Push Button juga tersedia di perangkat Comelit, sehingga hanya dengan menekan satu tombol saja, kita dapat menghubungiSecurity Centeratau nomor telepon yang sudah tercatat jika terjadi keadaan darurat, seperti kecelakaan atau kebakaran.

Terdapat juga fitur Audio Help Point yang dapat dipasang di fasilitas umum, sehingga pada saat darurat, dengan menekan satu tombol saja maka bagian-bagian terkait dapat langsung dihubungi dan memberikan bantuan segera.

6. Desain Cantik

Dengan desain yang modern dan elegan menjadikan interkom Comelit serasi untuk ditempatkan di salah satu sudut ruang interior ruang hunian.

Dibekali teknologi dan fitur mutakhir, perangkat interkom Comelit tersedia untuk berbagai kebutuhan, dari yang berbasis analog hingga IP.

Satu perangkat interkom Comelit, kontrol keamanan dan aktivitas hunian secara menyeluruh dapat dilakukan lebih mudah, praktis, dan efisien.

Baca Juga: 6 Alasan Wajib Kamu Pikir-pikir Lagi jIka Ingin Pindah ke Perkotaan

Baca Juga: Pandemi Mengubah Standar Keamanan Gedung, Inilah Teknologi yang Digunakan pada Desain Kantor Kini dan Masa Depan

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya