4 Hal Tak Boleh Abai saat Gunakan Plastik untuk Furnitur Anak Balita

Selasa, 04 Mei 2021 | 16:45
http://manual19.biz

Furnitur anak dari plastik perhatikan kekuatan dan kerapiannya.

IDEAOnline-Di usia dini atau balita, anak-anak belum dapat mengontrol besarnya tenaga yang mereka gunakan untuk melakukan sebuah gerakan.

Oleh karena itu diperlukan furnitur yang aman untukpergerakan aktivitas mereka.

Furnitur dengan kriteria aman untuk anak usia dini/balita,berarti furnitur itutidak membahayakan tubuh anak.

Selain menggunaan material non-toxic, furnitur anak usia dini sebaiknya tidak memiliki sudut tajam, berbahan solid, memiliki keseimbangan dan kekuatan konstruksi yangcukup baik dan material yang tidak terlalu licin untukmenjaga agar tidak terpeleset atau slip, serta tidak terlalu kasar agar tidak melukai kulit anak yang lembut.

Selain itu, furnitur aman untuk anak usia dini/balita juga harus kuat,memiliki bahan yang solid dan kokoh.

Baca Juga: Tak Semua Aman, Inilah Cara Memilih Wadah Makanan dari Bahan Plastik

Baca Juga: Tepat Pilih Furnitur untuk Penuhi 2 Kebutuhan Penting Anak di Kamarnya

Breamble Furnitur

Ilustrasi furnitur kayu dipadu plastik untuk anak.

Syarat furnitur seperti ini, bisa didapatkan dari material furnitur apa saja, termasuk furnitur anak yang terbuat dari plastik.

Plastik adalah material yang sangat populer digunakan sebagai bahan mainan dan furnitur anak terutama furnitur anak balita. Karena selain ringan, bahan ini juga tergolong lunak dan dapat dicetak dalam berbagai bentuk dan warna yang menarik.

Furnitur dengan bahan ini umumnya berupa furnitur jadi yang siap pakai. Berbeda dengan material kayu dan besi, yang dapat dibuat dan dipesan sesuai keinginan dan kebutuhan ruang.

Jika lebih suka menghadirkan furnitur plastik di kamar anak, ada beberpa pertimbangan harus diperhatikan agar tidak membahayakan anak.

Baca Juga: Cantik Bak Barbie, Siapa Sangka Dulu Penyanyi Ini Pernah Berjualan Sop Buah, Begini Kondisi Rumahnya yang Bikin Pangling

Baca Juga: Ingin Barang Bekas Kamu Tak Jadi Limbah? Donasikan ke 5 Tempat Ini!

Alibaba

Furnitur dari plastik untuk anak, perhatikan finishing aman dan warna tak gampang pudar.

Dikutip dari tulisan Amalia Dharmawan, S.Psi tentang Furnitur Anak yang diterbitkan Serial Rumah-Gramedia, berikut cara memilih furnitur dengan material plastik untuk kamar anak balita.

  1. Perhatikanlah ketebalan plastik yang akan memengaruhi kekuatannya. Semakin tebal plastiknya, maka semakin kuat furnitur tersebut.
  2. Perhatikan pula kerapihan cetakannya, apakah terdapat garis bekas cetakan yang tajam yang dapat menyayat atau melukai.
  3. Selain itu pada produk plastik biasanya terdapat tanda sertifikat keamanan (safety certifi cation) yang perlu diperhatikan. Dengan safety certification berarti ada jaminan bahwa produk tersebut aman untuk anak. Apabila tidak terdapat tanda tersebut, kamu bisa memerhatikan kekuatan dan kerapihannya.
  4. Setidaknya bahan plastic tidak berbau tajam, tidak lengket, dan warnanya tidak mudah luntur bila terkena air maupun keringat.
Baca Juga: Ramah Lingkungan saat Bepergian, Tips Kurangi Plastik saat Jajan

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya