Manfaat Atap Hijau dalam Merespons Iklim Tropis, Bikin Atap Lebih Awet

Rabu, 19 Mei 2021 | 14:45
Kontraktor Jogja

Ilustrasi atap hijau pada dak beton rumah.

IDEAOnline-Atap hijau adalah penggunaan atap rumah untuk taman.

Atap hijau atau green roof menjadi salah satu cara alami untuk membuat rumah terasa sejuk.

Baca Juga: Salah Motif Wallpaper Hancurkan Mood, Ini 7 Panduan Praktis Memilihnya

Baca Juga: Mengapa Atap Segitiga Banyak Digunakan untuk Rumah di Negara Tropis?

Bagi yang mengalami keterbatasan lahan di huniannya, mempraktikkan atap hijau menjadi solusi. Sehingga, menghadirkan taman di lahan terbatas bukan lagi sesuatu yang mustahil.

Di luar dari keterbatasan lahan, banyak alasan lain dibuatnya green roof pada rumah, utamanya karena manfaatnya yang sangat besar dalam mendinginkan rumah, membantu untuk melindungi rumah, mengurangi polusi, menghemat energi dan memperpanjang umur atap rumah hingga dua kali lebih lama.

Sebuah studi dari University of Michigan pada 2008, menyebutkan keuntungan yang didapat dari atap hijau lebih banyak, utamanya karena umurnya yang panjang ketimbang atap konvensional (tanpa ditanami tanaman).

Atap hijau yang diisi oleh vegetasi (tanaman sayuran atau bunga, bisa melindungi bangunan dari panas atau hujan secara langsung.

Idea.Grid.Id

Atap hijau selain mendinginkan rumah juga membuat atap lebih awet.

Tak dipungkiri, tanaman pada atap rumah memberikan sumbangan pada penurunan suhurumah yang signifikan dan dapat mereduksi kebutuhan pemakaian pendingin udara.

Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang peneliti Spanyol menemukan, dedaunan lebat dapat mengurangi masuknya suhu panas matahari ke dalam gedung melalui atap hingga 60 persen.

Baca Juga: Tajirnya Bukan Kaleng-kaleng, Siapa Sangka Ini Wujud Hunian Mewah 4 Artis Bollywood, Ada yang Langsung Menghadap ke Laut

Baca Juga: 2 Kriteria Tanaman untuk Taman Atap, 5 Jenis Pilihan termasuk Puring

Dengan demikian atap hijaubertindak juga sebagai sistem pendingin pasif.

Beberapa tahun terakhir banyak kota di seluruh dunia mempromosikan penggunaannya sebagai cara untuk menghemat energi. Kota Toronto di Kanada, dan Basel di Swiss bahkan memandatkan pemilik gedung untuk membuat atap vegetasi.

Manfaat lain atap hijau membantu mengurangi limpahan air hujan, sehingga air hujan tak sepenuhnya mengalir ke roil lingkungan, namun dapat terolah di setiap hunian. Jangka panjangnya, ini akan mencegah banjir.

Kompas.com

Atap hijau menurunkan suhu, mengatasi polusi, menyimpan air, menambah estetika.

Atap hijau juga mempertahankan dan meningkatkan kualitas udara dengan menyerap polutan.

Baca Juga: Salah Motif Wallpaper Hancurkan Mood, Ini 7 Panduan Praktis Memilihnya

Baca Juga: 6 Fakta Taman Atap bisa Selamatkan Bumi, 3 Kesalahan saat Membuat

Di kota-kota padat, atap hijau juga berfungsi sebagai tempat burung bersarang dan orang-orang menanam sayur, dan buah-buahan.

Pembuatan atap hijau memerlukan perencanaan yang matang utamanya sola konstruksi dan perawatannya dan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Namun, dengan segudang manfaatnya, biaya yang tinggi akan sangat masuk akal terlebih jika ini bisa membantu dunia mengatasi kerusakan lingkungan dari level yang paling kecil, di rumah.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya