Jangan Salah Pilih Cat! Efeknya Tak Sepele Bagi Kesehatan dan Kantong

Selasa, 08 Juni 2021 | 14:50
Homify.com

Ilustrasi warna terang pada fasad rumah, memantulkan cahaya.

IDEAOnline-Setiap kali melakukan pengecatan rumah, salah satu proses terpenting bagi Idea Lover adalah memilih cat dan warnanya.

Ternyata, hal ini sangat perlu diperhatikan karena tidak hanya berefek pada kecantikan visual, namun juga pada kesheatan dan bahkan memengaruhi anggaran rumah tangga.

Dengan banyaknya produk cat yang beredar di pasaran, pastikan kamu memilih cat yang ramah lingkungan dan baik bagi kesehatan keluarga.

Baca Juga: 10 Cara Efektif Merapikan Gudang di Rumah, Mudah Dipraktikkan!

Baca Juga: Tips Sukses Mengecat: Pilih Produk, Warna, dan Aplikasi Tepat

Sesuaikan warna cat dengan kebutuhan sehingga efek yang dihasilkan sesuai harapan dan turut membantu menghemat energi di rumah kamu.

Pilih cat yang ramah lingkungan seperti cat berbahan dasar air (water based), cat tanah liat, cat bebas uap dan jenis bebas atau low-VOC (volatile organic compounds) latex paint,lebih baik diaplikasikan ketimbang cat berbahan dasar minyak.Alasannya, zat-zat kimia berbahaya yang terkandung dalam cat berbahan dasar air lebih sedikit.

Cat water base ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.

Cat berbahan dasar air bersifat biodegradable, ber-pH netral, dan lebih aman diaplikasikan. Umumnya cat jenis ini tak berbau cat baru.

Kuas yang digunakan untuk cat berbahan dasar air pun mudah dibersihkan dan tak perlu larutan kimia berbahaya untuk membilasnya.

Indikasi zat berbahaya yang terkandung dalam cat dapat mengakibatkan kepala pusing, mual, panas di kulit, hingga bersifat karsinogenik.

Baca Juga: Jangan Kaget Usai Letakkan Ampas Kopi pada Genangan Air, Siapa Sangka Ini yang Akan Terjadi pada Nyamuk di Rumah!

Baca Juga: Material Prefab Tak Bisa untuk Sembarang Lokasi? Cek Batasan lainnya!

Pengaruh Warna

Warna gelap pada eksterior gedung akan berpengaruh pada pemakaian AC dalam ruang.

Panas yang terserap membuat suhu dalam gedung lebih panas. Akibatnya, biaya listrik akibat pemakaian AC bisa meningkat hingga 20 % ketimbang gedung berwarna cerah.

Rata-rata tagihan listrik hunian tanpa pemakaian AC lebih hemat 50% ketimbang rumah yang menggunakan AC sebagai pendingin udara.

Homify

Ilustrasi-Cat warna gelap menyerap panas dan bikin boros energi (boros listrik).

Baca Juga: Jangan Kaget Usai Letakkan Ampas Kopi pada Genangan Air, Siapa Sangka Ini yang Akan Terjadi pada Nyamuk di Rumah!

Baca Juga: Trik Mix & Match, Ini Panduan Padu Padan Warna Hasil Memesona

Perawatan AC dengan cara rutin membersihkan, bisa mengirit hingga 5-15% pemakaian energi listrik dan mengurangi 350 pound emisi karbondioksida.

Bila sepanjang tahun cuaca di daerah kamu cukup cerah dan hangat, catlah hunian dengan warna-warna cerah seperti putih, hijau muda, dan krem.

Sedangkan bagi kamu yang tinggal di daerah berhawa dingin, warna tembok lebih gelap seperti hijau tua, coklat tanah, dan abu-abu bisa menjadi pilihan.

Pasalnya, warna tembok hunian berpengaruh dalam menyerap dan merefleksikan pancaran cahaya matahari.

Sebagai catatan, warna gelap pada eksterior hunian akan menyerap 70-90% energi radiasi matahari yang mengarah ke gedung.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya