Jangan Anggap Enteng, Ternyata Ini Bagian di Toilet Duduk dan Jongkok yang Jarang Diketahui, Bapak-bapak Harus Tau!

Senin, 21 Juni 2021 | 13:00
Arsitag

Jangan Anggap Enteng, Ternyata Ini Bagian di Toilet Duduk dan Jongkok yang Jarang Diketahui, Bapak-bapak Harus Tau!

IDEAonline - IDEA lovers, agar nyaman digunakan, ketahui dulu bagian-bagian toilet dan jenisnya yang penting.

Ternyata ada berbagaijenis toilet (di sini IDEA loversbiasa menyebutnyadengan istilah kloset) bila dilihat dari beberapa sudut pandang, seperti dari bentuknya, tombolnya, sampai sistem penyiramannya.

Karenapilihan IDEA lovers akan mempengaruhimulai dari kenyamanan, sampaipenghematan air.

Baca Juga: Sempat Jadi Tren di Jepang, Enggak Sangka Styrofoam Bisa Buat Rumah Lebih Adem Tak Hanya Itu Jadi Tahan Gempa!

Baca Juga: Kasus Covid 19 Terus Melonjak, Siapa Sangka Ada Cara Mudah untuk Kurangi Tertular Virus Saat Keluarga Isoman, Selalu Bersihkan Dulu Permukaan Toilet!

Mengutip dariTabloid RUMAH edisi 78, Bahan dasar toilet sendirimenurut Margaretha Idariani Tahir (Marketing Manager PT AmericanStandard Indonesia), adalah tanahliat yang berasal dari Cina, berwarnaagak kehijauan.

Tanah liat ini berpori-porisangat kecil, sehingga bisadijadikan keramik yang berkualitasbagus, tidak mudah retak dan pecah.

Toilet tidak memerlukanperawatan khusus, hanya perludilap dengan lap basah dan diberipembersih cair dalam waktu berkala.

Pemberian pembersih cairyang dimasukkan ke dalam toilet inisebaiknya jangan digunakan setiap hari, karena akan mematikan bakteri yangmenguraikan kotoran.

Ada apa saja di toilet duduk dan jongkok?

Baca Juga: Tak Bisa Bebas Usai Lebaran 2021, Artis Ini Harus Rela Hartanya Ludes Hingga Jual Rumahnya Senilai Rp 4 Miliar, Kini Jualan Kopi di Penjara

Baca Juga: Rahasia Para Tukang Bangunan Agar Kantong Tak Jebol, Begini Perbandingan antara Cat Waterproof dan Ekterior yang Jarang Diketahui!

IDEA.grid.id

Ada apa saja di toilet duduk?

Secara umum toilet duduk terdiridari dua bagian, yaitu tangki danbowl. Tangki adalah tempat penyimpanan airuntuk penyiraman.

Di dalam tangki iniada beberapa bagian kecil lainnya yangmengatur penyiraman. Bagian yangkedua adalahbowl(mangkok), bagianyangIDEA lovers duduki.

Pada bagian ini tidakterdapat teknologi apapun, karenamurni hanya untuk pembuangan.

Berbeda dengan toilet duduk, toilet jongkok hanya terdiri dari satubagian, yaitubowlyang digunakanuntuk jongkok.

Kecuali padatoilet jongkokinstitusional; padatoilet jenis initerdapat tangkiseperti pada toiletduduk, hanya saja, biasanya tangki ini disembunyikan dibelakang tembok.

Baca Juga: Rahasia Para Tukang Bangunan Agar Kantong Tak Jebol, Begini Perbandingan antara Cat Waterproof dan Ekterior yang Jarang Diketahui!

Baca Juga: Sempat Jadi Tren di Jepang, Enggak Sangka Styrofoam Bisa Buat Rumah Lebih Adem Tak Hanya Itu Jadi Tahan Gempa!

ideaonline

Mengenal Bagian-bagian pada Toilet Duduk dan Jongkok Hingga Cara Kerjanya

Sistem Penyiraman di toilet duduk vs toilet jongkok

Untuk penyiraman, bisa dibedakandari jenis tombol dan systempenyiramannya. Ada dua jenis tombolpenyiraman pada toilet, yaitu flushvalve dan flush levers.

Flush valveadalahtombol penyiraman yang biasanyaterdapat di bagian atas tangki ataujika di toiletone piece, kadang terletakdi samping tangki. Cara kerjanyadengan menekan tombol tersebutmaka air akan turun dan menyirambowl.

Sedangkanflush leversberbentukseperti lidah, yang letaknya di sampingtangki atau di depan tangki. Untukmenyiram, IDEA lovers harus menariknya kekanan atau kiri.

Khusus untukflush valvedibagimenjadi dua jenis lagi, yaitusingle flushdandual flush.Pada sistemsingle flush, hanya ada satu tombol yang terdiri darisatu bagian.

Setiap kali penyiramanair yang dikeluarkan adalah 6 liter. Sedangkan pada sistemdual flushadatombol penyiraman yang terdiri daridua bagian, kecil dan besar.

Tombolyang kecil biasanya untuk menyiramsehabis buang air kecil, kapasitas airyang dikeluarkan adalah 3 liter, dantombol yang besar berfungsi untukpenyiraman setelah buang air besar, airyang keluarkan sebanyak 6 liter.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya