Jangan Cuma Menang Harga, Begini Cara Memilih Sofa Sesuai Ukuran, Ketahui Jenisnya!

Selasa, 22 Juni 2021 | 10:54
College Dudes Help U Move

Jangan Asal Beli, Ketahui Dulu Pertimbangan Membeli Sofa Bed

IDEAonline -Sofa adalah salah satu furnitur penting pada sebuah rumah, namun sering diabaikan kecuali IDEA lovers sedang mencari tempat untuk duduk dan menonton TV.

Tapi, perabot yang signifikan ini bisa menjadi pusat perhatian rumahmu jika IDEA lovers melakukan sedikit usaha sebelum membelinya.

Ada banyak macam bentuk maupun bahan pembuat sofa.

Untuk ruang keluarga orang sering menggunakan sofa berisi busa dengan bentuk yang gemuk, sehingga nyaman untuk diduduki sambil menyelonjorkan kaki ketika menonton TV.

Tempat tidur(bed), sesuai dengan pengertian adalah tempat untuk tidur, dalam pengertian posisi berbaring.

Sesuai dengan fungsinya untuk duduk, sofa berbentuk kursi dengan sandaran, dan kadang-kadang lengan.

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Enggak Sangka Tidur di Lantai Malah Bisa Redakan Sakit Punggung, Manfaatnya Tak Main-main!

Baca Juga: Bagai Bumi dan Langit, Ternyata Begini Perbandingan Ruang Makan Artis yang Sempat Jadi Pasangan Galih Ginanjar, Cat Temboknya Bikin Melongo!

Ada berapa jenis?

Mengutip dari Tabloid RUMAH edisi 67,Sofa memiliki ukuran standar, yaitu untuk diduduki 1 orang (single seater), 2 orang (two seater), atau 3 orang (three seater).

Sementara tempat tidur berbentuk busa datar dengan panjang standar 2 meter, sementara lebarnya bervariasi tergantung tipe.

AliExpress

Jangan Asal Beli, Ketahui Dulu Pertimbangan Membeli Sofa Bed

Kemudian ada yang disebut sofa bed, yaitu sofa dengan konstruksi khusus, yang bisa diubah bentuknya sehingga menjadi berbentuk rata dan bisa digunakan untuk berbaring layaknya tempat tidur(bed).

Pada dasarnya, sofa bed ini bentuknya bisa diubah-ubah sesuai fungsi.

Baca Juga: Bagai Bumi dan Langit, Ternyata Begini Perbandingan Ruang Makan Artis yang Sempat Jadi Pasangan Galih Ginanjar, Cat Temboknya Bikin Melongo!

Baca Juga: Walau Dirasa Bersih, Siapa Sangka Toilet Duduk Juga Sama Berbahaya untuk Kesehatan, Bakteri Masih Dapat Terbang Sejauh 10 Inci!

Sesuai fungsi ada berapa?

Bila ingin difungsikan sebagai sofa ia bisa dilipat, sementara bila ingin difungsikan sebagai tempat tidur, tinggal “membuka” lipatannya.

Ada berbagai macam bentuk lipatan sofa bed. Bentuk yang paling standar, yang sudah ada sejak lama adalah dengan membuka dudukan sofa ke arah depan sehingga menjadi panjang dan cukup untuk digunakan berbaring.

Sofa bed model ini biasanya berkaki pendek, sehingga ketika dibuka IDEA lovers seperti tidur di atas kasur yang diletakkan di lantai.

Model yang lebih baru, yang biasa digunakan di rumah-rumah model minimalis, lebih simpel.

Baca Juga: Selalu Dianggap Kebiasaan Buruk Ternyata Menyehatkan, Siapa Sangka Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Duduk di Lantai

Baca Juga: Sempat Jadi Tren di Jepang, Enggak Sangka Styrofoam Bisa Buat Rumah Lebih Adem Tak Hanya Itu Jadi Tahan Gempa!

Sofa ini biasanya tanpa lengan, dan hanya berupa satu matras lebar (hampir bujursangkar), dengan kaki setinggi tempat tidur.

Apabila ingin menjadikan sebagai tempat tidur, sandaran sofa ini tinggal direbahkan. Sofa bed cocok untuk rumah-rumah mungil dengan tempat terbatas.

Tentunya sulit bila IDEA lovers harus menyimpan kasur cadangan. Padahal bukan mustahil kita menerima kunjungan kerabat yang terpaksa harus menginap.

Nah sofa bed adalah solusi yang praktis. Sehari-hari sofa ini bisa digunakan untuk menonton TV, tapi bila diperlukan bisa digunakan untuk tambahan tempat tidur.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya