Ingin Berinvestasi Properti tapi Sulit Mendapatkan Hunian Idaman di Masa Pandemi? Ini Caranya!

Rabu, 07 Juli 2021 | 15:30
Grid.id

Ilustrasi membeli rumah, mencermati syarat lokasi ideal.

IDEAOnline-Meski di masa pandemi, saat ini mencari properti idaman lebih mudah didapatkan.Tak hanya banyaknya pilihan ditawarkan, tetapi juga keamanan dan sertifikasi produk.

Kemajuan teknologi internet dan perangkat telekomunikasi saat ini, banyak memberikan kemudahan dalam berbagai aspek pekerjaan manusia, termasuk dalam mencari properti idaman.

Melalui situs properti, berburu properti kini jadi lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Termakan Hoax yang Beredar, Ternyata Ini Fakta yang Boleh Dilakukan Saat Sebelum dan Setelah Divaksin!

Baca Juga: Bahaya jika Beli Apartemen tapi Tak Paham tentang Hak Bersama dan Hak Perseorangan, Beda dengan Rumah Biasa

Sekitar 10 tahun yang lalu, mencari sebuah properti idaman bukanlah pekerjaan gampang.

Apalagi jika dilakukan secara tradisional. Selain datang ke pengembang atau pameran, kamu harus kesana-kemari menemui banyak orang untuk mencari informasi keberadaan properti tersebut. Sialnya lagi, setelah kesana kemari properti tersebut tidak dijual.

Apalagi bila harus mencari propertiidaman yang letaknya di luar kota. Ribetnya bukan kepalang. Selain harus menempuh perjalanan jauh yang melelahkan, terkadang kamu harus dihadapkan dengan perantara yang sangat oportunis dan menyebalkan.

Intinya, mencari properti secara tradisional, banyak menguras waktu, biaya, tenaga, dan pikiran.

Apalagi di masa pandemi seperti ini. Pergerakan dibatasi untuk mencegah penularan virus Covid-19. Mau tak mau, jika ingin berinvestasi properti kamu harus melakukan cara ini. Berselancar di dunia digital.

kompas.com

Ilustrasi membeli properti, perhatikan lokasi dan lingkungannya.

Seiring perkembangan dunia internet, lahirlah situs-situs properti yang memudahkan untuk berburu dan mencari properti idaman.

Masyarakat yang ingin membeli apartemen kini tidak lagi harus bertemu langsung dengan sasarannya. Tetapi bisa menggunakan komputer yang terhubung ke internet dan mengakses situs properti yang menyediakan jasa layanan jual beli properti.

Tidak hanya manawarkan solusi pencarian properti yang cepat dan mudah, situs properti juga menjembatani antara calon pembeli dengan agen properti.

Biasanya mereka menyediakan daftar agen-agen properti bagi pengakses yang memerlukan jasa agen.

Melalui cara ini, calon pembeli akan disuguhi informasi lengkap seputar properti yang dicarinya, mulai dari lokasi, harga, ukuran dan model bangunan.

Juga ada informasi pendukung, seperti jumlah kamar tidur, kamar mandi, sampai kamar pembantu sekalipun, serta kalkulator untuk KPR dan KPA.

Selain lewat komputer, pencarian properti juga bisa dilakukan melalui aplikasi yang tersedia dalam smartphone.

Baca Juga: Bapak-bapak Wajib Coba Biar Rumah Makin Lapang dan Adem Tanpa AC, Ini Cara Mudah Masang Engsel Pivot yang Jarang Diketahui!

Baca Juga: Sudah Tahu? Kondotel jadi Salah Satu Investasi Menggiurkan, Ini 4 Keuntungan yang Bakal Kamu Terima

Tak hanya lebih mudah, situs properti juga sangat memanjakan calon pembeli properti.

Dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih komplet terhadap berbagai aspek dalam properti, maka beberapa situs properti menyajikan halaman interaksi antara calon pembeli dengan konsultan ahli.

kompas.com

Ilustrasi membeli properti.

Lewat halaman ini calon pembali properti secara bebas dan nyaman bisa bertanya atau melakukan konsultasi langsung kepada para ahli di bidang desain dan arsitektur,hukum properti, komersial properti, dan persoalan finansial.

Baca Juga: Bapak-bapak Wajib Coba Biar Rumah Makin Lapang dan Adem Tanpa AC, Ini Cara Mudah Masang Engsel Pivot yang Jarang Diketahui!

Baca Juga: Pasok Udara bagi Rumah Tropis, Ini Cara Optimalkan Void di Ruang Makan

Bahkan, bila tertarik dengan masalah fengsui, dapat berkonsultasi langsung dengan para ahlinya.

Para ahli tersebut dengan sikap profesional dan senang hati akan menjawab segala persoalan yang dihadapi secara terbuka.

Apabila pertanyaan yang disampaikan membutuhkan uraian yang lebih spesifik dan jauh terperinci, maka para ahli tersebut akan mempersilakan untuk mengirimkan email atau melakukan kontak langsung via telepon.

Mengakomodasi dan mengerti beberapa permasalahan yang sering dikhawatirkan timbul dari pembelian properti secara online, beberapa situs properti pun berinovasi menambahkan situs-situs tambahan sebagai jaminan keamanan.

Misalnya saja, untuk menghindari iklan bodong alias iklan properti yang menampilkan data tidak valid, tidak update, dan tidak teriverifikasi, beberapa situs properti, salah satunya Rumah123.com telah meluncurkan fitur Verifffied Listing.

Diharapkan fitur semacam ini akan menjawab isu-isu tentang legalitas dokumen propertihingga ketidaksesuaian lokasi dengan yang tertera di iklan.

Pun mengakomosasi beberapa masalah lainseperti kurangnya akurasi lokasi dari propertiyang dipasarkan, hingga respons agen yang lambat.

Jadi layanan seperti ini membantu kamu melkauan pencarian properti terbaik dan membantu agen properti untuk bisa menawarkan produknya lebih mudah dan cepat.

Nah, jika sedemikian mudah dan aman mencari properti idaman, maka pandemi Covid-19 yang membatasi pergerakanmu, tak akan menghalangimu untuk tetap dapat berinvestasi properti kan?

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya