Posisi Ventilasi yang Ideal pada Empat Ruang Vital di Rumah Tropis

Selasa, 13 Juli 2021 | 13:13
Dok. AkzoNobel

Dapur butuh cahaya yang adem, letak ventilasi terbaik di utara dan selatan.

IDEAOnline-Kamar tidur, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi adalah ruang vital dalam rumah yang perlu diberi ventilasi. Di mana posisi yang tepat?

Meletakkan ventilasi (jalan masuknya cahaya matahari dan udara), perlu posisi yang tepat, mengingat panas yang ditimbulkan oleh radiasi matahari dapat merusak dan menimbulkan rasa tak nyaman.

Baca Juga: Pantas Sekarang Bisa Nikmati Kontrakan 142 Pintu, Pelawak Ini Awali Karir dari Bawah hingga Pernah Rasakan Tinggal di Kandang Kambing, Kini Sukses Tak Main-main!

Baca Juga: Begini Cara Gantikan Sebagian Tembok dengan Kaca jika Tak Ingin seperti 'Terpanggang' di Dalam Rumah

Seberapa kuat dan banyak panas yang boleh masuk ke dalam ruangmelalui ventilasi harus direncanakan dengan cermat.

Cahaya yang masuk ke dalam ruangdapat diatur sedemikian rupa dengan memerhatikan arah hadap/orientasi bangunan sehingga letak bukaan atau ventilasi yang tepat bisa ditentukan.

Arsitag
Arsitag

Ruang kelurga dengan ventilasi berupa skylight.

Ventilasi harus dapat menyaring gelombang cahaya yang masuk ke ruang sehingga memberi penerangan yang cukup tetapi tidak menimbulkan suhu berlebihan.

Sebagai penerang alami, sifat penerangan yang diberikan oleh matahari adalah penyinaran merata dan terus menerus.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Siapa Sangka Peralatan Masak Kayu Harus Dibersihkan dengan Air Hangat, Bisa Awet Hingga Dua Tahun!

Baca Juga: Rumah Tropis Bebas Gelap dan Lembap dengan Skylight, Begini Caranya!

Oleh karena itu dalam aplikasinya sering dilakukan pengendalian terhadapnya sehingga arah cahaya yang masuk ke ruangan melalui ventilasi bisa diatur.

Dalam pengaplikasian ventilasi, tinggi peletakan dan letak jendela perlu diperhatikan agar sudut cahaya matahari yang tajam di pagi atau sore hari tidak mengganggu.

Vila Harry Styales

Kamar tidur, idealnya ventilasi di bagian tenggara sampai timur laut.

Baca Juga: Catat Ibu-ibu, Kini Tak Perlu Lagi Susah-susah Karena Sudah Bisa Secara Online, Begini Cara Daftar Vaksin Covid-19

Baca Juga: Banyak yang Salah! Inilah Penerapan Konsep Rumah Tropis yang Gampang Diwujudkan, Tak Sekadar Pakai Bukaan dan Tanaman

Inilah jenis cahaya yang sesuai untuk tiap ruang dan di mana ventilasi harus diletakkan.

  • Ruang tidur, jenis cahayayang sesuai adalah cahaya pagi (matahari pagi) dengan letak bukaan di bagian tenggara sampai timur laut.
  • Kamar mandi, gudang, jenis cahaya dari matahari sore (paling tinggi tingkat radiasinya) agar tak lembap dan jamur dapat terbunuh, letak bukaan di bagian barat atau timur.
  • Ruang keluarga, ruang makan, dan ruang tamu di mana tingkat aktivitasnya tinggi. Ruangini perlu cahayahangat dengan letak bukaan yang sesuai di utara atau selatan.
  • Dapur dan ruang kerja butuh cahayayang adem agar panas yang masuk tidak menaikkan suhu ruang, letak bukaan yang baik utara dan selatan.
#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya