3 Kriteria Penting Pelapis Antibocor untuk Atap dan Talang Dimiliki oleh Waterproof Onducoat PA ini, Apa Saja?

Kamis, 15 Juli 2021 | 15:45
Tan Rahardian-Serial RUMAH

Retakan sehalus apapun jadi celah air masuk melalui dak beton, dibutuhkan waterproof yang tepat.

IDEAOnline-Menghadapi iklim yang tak menentu dibutuhkan kondisi atap yang prima. Waterproofing berbahan polyurethane akrilik jadi solusi bocor dan rembes pada dak beton, atap dan sambungannya, serta talang.

Retakan sehalus apapun menjadi celah masuknya air melalui dak beton, genteng, sambungan pada atap, dan talang.

Salah satu material yang bisa dipakai untuk mengantisipasi dan mengatasinya adalahwaterproofing (pelapis antibocor).

Namun, memilih waterproofing tak boleh asal. Dia harus memiliki kriteria tertentu yang bisa menjamin kondisi prima pada atap dan bagiannya yang terpapar langsung sinar matahari ataupun yang tidak langsung terpapar.

Mengerti kebutuhan masyarakat akan produk waterproofing yang memiliki kriteria penting sebagai pelindung atap ini, produsen atap genteng bitumen Onduline dan Onduvilla PT Onduline Indonesia meluncurkan produk pelapis kedap air (waterproofing) Onducoat PA berbahan dasar polyurethane akrilik.

Baca Juga: Atasi Rembes dan Bocor pada Lantai dan Dinding Interior, Pelapis Kedap Air Berbahan Serat Fiber Ini Lebih Simpel dengan Metode Poles

Onduline

Elastisitas waterproofing menjadi kriteria utama untuk cegah rembes dan bocor.

Lantas, kriteria penting apa yang dimiliki oleh waterproofing Onducoat PA sehingga diklaim oleh sang produsen, lebih kuat dan efektif mencegah kebocoran dan rembes? Berikut kriterianya.

1. Elastistas mencapai 400%

Technical Manager PT Onduline Indonesia, Stevanus Iwan Setiawan, menjelaskan untuk area dak beton yang areanya terpapar langsung sinar matahari diharuskan terlapisi dengan pelapis kedap air yang memiliki elongasi tinggi.

Waterproof Onducoat PA berbahan dasar polyurethane akrilik memiliki kemampuan elastisitas atau melar memanjang (elongasi) hingga 400%, sehingga dapat melapisi struktur bangunan horizontal maupun vertikal, baik sebagai pelapis interior ataupun eksterior dengan daya rekat kuat.

Kandungan polyurethane di dalamnya membuat Onducoat PA tahan retak, anti jamur, dan bakteri sehingga tidak lumer saat terpapar hujan asam dan sinar matahari.

Sifat material dasar seperti ini disengaja untuk memastikan lapisan waterproofing tetap melekat kuat pada bidang bangunan dan melindunginya dari rembesan.

Untuk penggunaan pada atap yang terekspos matahari langsung atau tidak, produk waterproofing yang memiliki elastisitas atau tingkat melar yang tinggi akan menjaga tidak adanya keretakan yang menyebabkan air masuk melalui serabut-serabut retakan itu.

Baca Juga: Ingin Hunian Berkonsep Rumah Tropis? 4 Karya Arsitek Indonesia Ini jadi Inspirasi

Idea.Grid.Id

Waterproof Onducoat PA memberi perlindungan pada dak metal.

“Dengan elastisitas yang dimilikinya, dipastikan lapisan waterproof-nya tidak akan sobek atau pecah saat menahan pergerakan bangunan,” papar Iwan dalam siaran pers yang dikirim ke Ideaonline.co.id (12/7/21).

2. Penggunaan yang Luas

Lebih lanjut Iwan mengatakan, selain struktur beton seperti dak beton, talang dan pelat lantai, Onducoat PA juga cocok diaplikasikan untuk berbagai permukaan lainnya seperti planter box, dinding luar, pagar kayu, atap metal, genteng beton, genteng tanah liat, aspal, aluminium, polystyrene, plastik dan poliester.

“Saat ini banyak rumah menggunakan atap metal yang memiliki muai susut tinggi sehingga jika mengaplikasikan waterproofing, lapisannya harus super elastis melar-susutnya,” tambahnya.

3. Ketebalan Lapisan

Ketebalan waterproofing saat sudah teraplikasi juga penting dalam perannya menjaga kemungkinan rembes dan bocor.

Iwan menyebut produknya memiliki ketebalan 1 mm atau setara 1.000 mikron di setiap lapisnya.

Untuk aplikasi dua lapis ketebalannya mencapai 2 mm.

Baca Juga: Rumah Tropis Merespons Alam, Antisipasi Biang Keladi Masalah Atap, Dinding, dan Atap

Onduline

Elastisitas waterproofing menjadi kriteria utama untuk cegah rembes dan bocor.

Pengaplikasian Mudah

Cara penggunaannya sangat simpel.

  • Pastikan permukaan objek rata, bersih dan kering dari segala macam kotoran, puing dan sejenisnya.
  • Lapiskan Onducoat PA langsung dengan kuas, rol atau alat semprot waterproofing tanpa perlu dicampur dengan serabut atau air.
  • Aplikasikan 2-3 lapis dengan pengaplikasian berlawanan arah (tegak lurus). Lapisan pertama harus satu arah, misal horizontal. Lalu lapisan kedua harus berlawanan arah dengan lapisan pertama, yaitu vertikal. Ini dilakukan supaya antar lapisan saling mengikat membentuk “anyaman” sehinga bidang tertutup presisi.
Menggandeng Mitra 10 untuk memasarkan semua line-up produknya, waterproofing Onducoat PA tersedia dalam 2 kemasan, kaleng 4 kg dan dan pail 18 kg dengan pilihan warna abu-abu dan putih.

Sebaran produk untuk kemasan 4 kg mencakup bidang lantai seluas 8-10 m2 atau 8-12 m2 untuk dinding untuk aplikasi 1 lapis. Sedangkan ukuran 18 kg mampu melapisi area lantai seluas 40-45 m2 atau dinding seluas 40-54 m2 (satu lapis).

“Khusus pembelian Onducoat PA pada 9 hingga 31 Juli 2021 di enam store Mitra 10, yaitu Gading Serpong (Tangerang), Karawang dan Bogor (Jawa Barat), Harapan Indah dan Kalimalang Baru (Bekasi) dan Cibubur (Jakarta Timur), konsumen akan mendapatkan diskon harga 15%,” kata Reissa Siregar, Marketing Communications Manager PT Onduline Indonesia.

Baca Juga: Atasi Angin Kencang dan Panas Ektrem pada Taman Atap di Rumah Tropis

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya