Ini Cara Mendapatkan Tidur yang Cukup di Saat Pandemi, termasuk Stop Begadang dan Jadwalkan Kegiatan

Rabu, 28 Juli 2021 | 08:35
Kompas.com

Sulit tidur harus diwaspadai sebab bisa membuatmu tak cukup tidur.

IDEAOnline-Banyak orang mengeluhkan kurang tidur atau kualitas tidurnya terganggu di masa pandemi ini.

Berbagai hal buruk bisa terjadi, hanya gara-gara seseorang tak cukup tidur, seperti kurang daya konsentrasi sehingga tak bisa fokus, kurang produktif karena merasa ngantuk sepanjang hari.

Bahkan tak cukup tidur juga bisa berakibat pada munculnya gejala depresi yang dipicu oleh lingkungan yang dihadapi dan tak ada kejelasan kapan akan berakhir.

Dengan diterapkannya Work From Home sebagian orang merasa senang karena dapat mengatur waktu kerjanya sesuka hati diseling dengan pekerjaan rutin di rumah, mengurus anak dan rumah.

Baca Juga: Tak Ingin Panggil Tukang Saat Pandemi? Bapak-bapak Tinggal Lakukan 4 Hal Ini untuk Buat Dak Beton Antibocor, Mudah!

Baca Juga: 4 Hal Sering Dilupakan untuk Menjaga Kesehatan Kamar Tidur, Cek Yuk!

Namun, tanpa disadari makin hari makin terjadi ketidakteraturan dalam berbagai siklus kegiatan, termasuk saat istirahat atau tidur.

dok. magnoliahomefurniture.com

Kondisikan kamar cukup suhunya dan bebas gangguan agar dapat tidur yang cukup.

Baca Juga: Tak Ingin Panggil Tukang Saat Pandemi? Bapak-bapak Tinggal Lakukan 4 Hal Ini untuk Buat Dak Beton Antibocor, Mudah!

Baca Juga: Posisi Ventilasi yang Ideal pada Empat Ruang Vital di Rumah Tropis

Berangkat dan bangun tidur yang berganti-ganti waktu sesuai dengan kondisi, bahkan begadang, sangat mungkin menjadi biang kamu akan mengalami tak cukup tidur.

Untuk memastikan kamu selalu tidur cukup, setidaknya 7-8 jam setiap malam, kamu bisa melakukan beberapa perubahan sederhana ini untuk kembali mengatur rutinitas kegiatan dan waktu tidur yang lebih baik.

Beberapa cara ala Can Sleeping yang dikutip dari Laman Hello Sehat ini bisa kamu lakukan.

  • Hindari makan porsi besar 3 jam sebelum tidur, termasuk minuman berkafein seperti teh, kopi, soda, dan minuman energi.
  • Hindari juga minum alkohol dan merokok sebelum tidur.
  • Pastikan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan di hari libur sekalipun. Misalnya, jika kamu butuh bangun tidur pukul 6 pagi maka kamu seharusnya sudah harus pergi tidur kurang lebih pukul 11 malam. Pasang alarm pengingat untuk membantu kamu.
twitter

Lakukan tidur siang sebelum jam 15.oo dan lakukan hanya 30 menit.

Baca Juga: Pilihan Motif Wallpaper Dinding Kamar, Pelepas Penat dan Bikin Relaks

Baca Juga: Tak Ingin Panggil Tukang Saat Pandemi? Bapak-bapak Tinggal Lakukan 4 Hal Ini untuk Buat Dak Beton Antibocor, Mudah!

  • Luangkan waktu untuk melakukan rutinitas persiapan tidur dalam 90 menit sebelum waktu tidur kamu. Misalnya, jika kamu harusnya tidur pukul 11 malam, hentikan apapun aktivitas fisik yang melelahkan fisik dan mental pada pukul 9.30 malam, atau lebih cepat jika memungkinkan.
  • Batasi tidur siang maksimal hanya 30 menit dan lakukan sebelum jam 3 sore.
  • Pastikan kamar tidurkamu adalah tempat yang gelap, sejuk, dan tenang. Suhu kamar ideal untuk tidur nyenyakadalah 20-23°C. Gunakan penyumbat telinga jika kamu tidak bisa tidur dalam lingkungan yang berisik.
  • Jauhkan segala macam gadget yang bisa mengalihkan pikiran kamu dari tidur nyenyak.
#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya