Syok Saat Lihat Tagihan Listrik Membengkak, Ini Cara Mudah Lapor PLN!

Kamis, 06 Juli 2023 | 15:11
Dok. Shutterstock

Cara lapor ke PLN jika biaya listrik naik

IDEAonline-Biaya tagihan listrik menjadi salah satu pengeluaran rumah tangga terbesar yang menjadi beban setiap bulannya.

JikaIDEA loversbisa berhemat dan menekan biaya listrik setiap bulan, artinya ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Tak Hanya Tunjukan Sertifikat Vaksin Covid-19, Ini Syarat Lainnya Jika Ingin Masuk Mall

Baca Juga: Wow! Sudah Boleh Pakai Tes Antigen, Apa Saja Syarat Terbaru Naik Pesawat di Masa PPKM Ini?

Sebelum itu ketahui dulu cara antisipasi jika tagihan naik dengan tarif tak wajar.

Namun, sekarang PLN sudah melakukan trobosan baru demi menekantagihan listrikyang membengkak.

PT PLN (Persero) kembali melakukan pencatatan dan pemeriksaan stand meter ke rumah pelanggan pascabayar mulai bulan Juni 2020.

Namun, bagi rumah pelanggan yang masih belum bisa dikunjungi, PLN kembali menyiapkan layanan melalui Whatsapp atau WA di nomor terpusat bagi pelanggan yang ingin melaoporkan angka stand dan foto kWh meter secara mandiri.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, untuk pelaporan Juni, pengiriman foto dapat mulai dilakukan, Rabu (24/6/2020), hingga Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga: Ternyata Semudah Itu Hadirkan Kamar Ala Drama Korea, Tinggal Lakukan 4 Hal Ini, Gampang!

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Tak Hanya Tunjukan Sertifikat Vaksin Covid-19, Ini Syarat Lainnya Jika Ingin Masuk Mall

Pelaporan angka meteran listrik dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses lapor meteran listrik melalui WhatsApp.

Laporan dari pelanggan yang dikirimkan lewat WA tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

Tribunnews

Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123123

Mengutip kompas.com, Berikut cara mengirimkan foto meteran listrik PLN via Whatsapp.

1. Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123123

2. Ketik Halo

3. Ketik 2 untuk melakukan baca meteran sendiri

4. Baca informasi yang muncul

5. Masukan ID pelanggan

6. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silahkan ketik angka stand kWh meter Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)

7. Selesai. PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan.

Jika pelanggan tidak dapat mengirimkan angka stand dan foto pada tanggal baca mandiri yang disediakan bagi pelanggan pada tanggal 24-27 Mei, maka angka stand yang akan digunakan adalah hasil dari baca petugas PLN.

Tetapi jika pelanggan tidak dapat mengirimkan foto angka stand meter ataupun tidak dapat didatangi oleh petugas PLN, maka pemakaian listrik akan diperhitungkan rata-rata 3 bulan terakhir.

Sebagai informasi, PLN menyatakan, salah satu alasan membengkaknya tagihan listrik adalah skema penghitungan rata-rata selama 3 bulan terakhir.

Pasalnya, dengan adanya perbedaan antara pencatatan rata-rata dengan angka yang tercantum dalam stand meter kWh, mengakibatkan kekurangan atau kelebihan bayar pelanggan.

Selamat mencoba!

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas