Ingin Memanfaatkan Lampu dalam Tata Interior? Pahami Dulu Jenis-Jenisnya

Kamis, 30 September 2021 | 12:19
Dok. Shutterstock

Ilustrasi lampu dalam hunian

Idea-Online.com -Sebuah ruang, baik dalam hunian pribadi maupun ruang kerja di kantor, akan terasa lebih nyaman jika tata interiornya sempurna.

Meski demikian, tidak jarang pencahayaan kerap terlupakan saat melakukan renovasi atau mendesain ruangan.

Padahal, pencahayaan dalam ruangan tidak hanya berguna sebagai media penerangan, tetapi juga mampu memengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan siapa saja yang beraktivitas di dalamnya.

Berdasarkan studi berjudul Lighting in the Home and Health yang dirilis Juni 2021, diketahui bahwa pencahayaan alamidapat berperan dalam mencegah penyebaran penyakit di dalam bangunan.

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Detail Bangunan melalui Pilihan Material yang Tepat

Tidak hanya itu, lamanArchDailyjuga menyebut, pencahayaan ruang yang tepat juga mampu memengaruhi jam internal tubuh.

Apabila cahaya cukup terang, tubuhakan lebih mudah fokus. Sebaliknya, jika pencahayaan redup, tubuh akan otomatis menyadari bahwa waktu istirahat sudah tiba.

Alhasil, pencahayaan ruangan cenderung lebih redup saat pagi atau siang hari, tubuh menjadi malas untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk menyiasati kebutuhan cahaya di pagi dan siang hari, mendesain ruang dengan banyak bukaan agar sinar matahari mudah masuk bisa dilakukan. Namun, bagi Anda yang memiliki ruangan dengan sedikit area untuk membuat banyak bukaan seperti jendela, pemanfaatan lampu dapat menjadi solusi.

Baca Juga: MFPI 2021 Tawarkan Cara Mudah, Aman, dan Nyaman Beli Rumah Tanpa Keluar Rumah dengan Bunga KPR Spesial 2,3%

Lampu juga dapat menambah kesan estetik dalam ruang. Penempatan lampu dan pemilihan rona cahaya yang kreatif dapat membuat kesan tertentu sehingga penghuni merasa nyaman dan bangga dengan ruangan yang ditempatinya.

Sebelum mencoba bereksperimen denganlightinguntuk interior, yuk pahami dulu apa saja jenis-jenis lampu yang bisa dipakai dan cocok untuk digunakan di mana saja.

Lampu panel

Lampu panel merupakan salah satu jenis lampu plafon yang berbentuk slim atau pipih. Saat ini, terdapat dua jenis lampu panel yang tersedia di pasaran, yakni panellight-emitting diode(LED) dan tenaga surya. Namun, lampu panel yang umum digunakan adalah lampu panel LED.

Dilansir dari lamanHome Electrical, jika dibandingkan dengan lampu pijar, lampu LED lebih sedikit mengonsumsi listrik. Selain itu, warna dan cahaya pada lampu LED, terlebih yang berbentuk panel, juga dapat membaur lebih baik layaknya pencahayaan alami.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Seru agar Tetap Produktif meski Hanya di Rumah Saja

Berbicara estetika, lampu panel cocok digunakan di ruangan mana saja. Namun, jika ingin memberi kesan cahaya alami, lamanLivspacemenyarankan untuk menyimpan beberapa buah lampu panel di ruang makan atau ruang keluarga.

Lampu strip

Saat ini, lampu strip menjadi salah satu lampu yang kerap digunakan untuk mendekorasi ruangan. Di samping tampilannya yang pipih dan mudah disembunyikan, lampu strip tersebut juga dapat disesuaikan panjang pendeknya sesuai keinginan.

Bahkan, beberapa produsen lampu juga kerap menambahkan fitur lem yang sudah terpasang langsung di bagian bawah lampu. Begitu pun dengan colokan listriknya.

Untuk kebutuhan dekorasi, lampu strip dapat digunakan di area yang tidak memiliki pencahayaan langsung. Misalnya, dengan memasangnya di bagian bawah kabinet dinding, untuk menerangibacksplashdan konter dapur, hingga memberi kesan mewah pada rak pajangan.

Baca Juga: Bakti untuk Negeri Sharp Mapan Hasilkan Panen Pertama untuk Masyarakat Pra Sejahtera di Karawang

Jika menginginkan efek dramatis di kamar tidur, Anda dapat mengaplikasikan lampu strip di bagian dalam ranjang guna menimbulkan efek melayang dari lantai. Lampu strip juga bisa dipasang di sela-sela belakang headboard tempat tidur.

Jika memiliki meja rias, lampu strip juga bisa dijadikan alternatif penerangan ketika berdandan atau becermin.

Namun demikian, perlu diingat jika lampu strip LED kurang cocok digunakan sebagai penerangan utama di dalam ruangan.

Alasannya, karena lampu ini tidak mampu memancarkan cahaya dengan sempurna. Selain itu, butuh lampu strip dalam jumlah banyak jika ingin memperoleh penerangan lebih.

Baca Juga: Cara Aplikasi Roster, Si Lubang Angin yang Naik Kelas jadi Material Dinding

Lampu sorot

Lampu sorot atau dikenal denganspotlightmerupakan lampu yang mampu memberikan cahaya terpusat pada satu obyek. Umumnya, lampu jenis ini digunakan sebagai pencahayaan etalase toko.

Untuk kebutuhan rumahan, lampu sorot dapat digunakan untuk memfokuskan perhatian di satu benda, misalnya pajangan artistik. Namun, tidak hanya itu kegunaan spotlight. Anda bisa menggunakannya secara kreatif. Dilansir dari lamanDrost Landscape, lampu sorot cocok dapat disimpan di bagian garasi untuk memberi efekdown-lighting.

Jika Anda memiliki taman atau kolam, lampu sorot dapat digunakan untuk memberi efek cahaya bulan ataumoon-lighting.Lampu juga bisa digunakan untuk menerangi pathway menuju pintu masuk rumah sebagai penunjuk jalan.

Baca Juga: Panduan Memilih Warna Gorden agar sesuai Fungsi dan Suasana Ruang

Lampu bohlam

Lampu bohlam merupakan lampu generasi pertama masih eksis hingga sekarang. Jika dahulu lampu bohlam hanya memiliki warna kekuningan, lampu bohlam modern justru memiliki beragam warna dengan daya tahan yang lebih baik.

Beberapa di antaranya bahkan memilikichipguna memancarkan warna yang lebih natural. Dengan teknologi saat ini, lampu bohlam dapat digunakan untuk berbagai sudut rumah, mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi, penggunaan bohlam berguna sebagai sumber pencahayaan inti dalam ruangan.

Apabila digunakan untuk kamar tidur, pastikan lampu bohlam memiliki fitur dimmable atau dapat diredupkan. Fitur ini berguna untuk merelaksasi tubuh ketika saat istirahat tiba.

Lampu dinding

Lampu dinding merupakan salah satu lampu yang berperan sebagai aksesoris ruangan. Berbeda dengan lampu bohlam atau lampu panel yang berfungsi sebagai penerangan inti, lampu dinding dapat digunakan untuk membuat hunian terlihat elegan dan mewah.

Baca Juga: Ternyata Plafon Perlu Dibersihkan secara Rutin untuk Kondisi Rumah seperti Ini

Adapun bentuk cahaya yang dikeluarkan biasanya dipengaruhi oleh model lampu yang digunakan.

Meski begitu, lampu dinding sebenarnya bisa digunakan di mana saja, salah satunya bisa digunakan di ruang tamu atau digunakan di kamar sebagai lampu tidur.

Namun, jika digunakan sebagai lampu tidur, pastikan lampu tidak mengeluarkan cahaya berlebih sehingga membuat mata menjadi silau.

Untuk kebutuhan harian, membeli lampu berkualitas baik perlu menjadi perhatian. Pasalnya, jika menggunakan lampu dengan kualitas rendah, daya pakai lampu tersebut umumnya tidak bertahan lama.

Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan lampu yang diproduksi oleh In-Lite. Untuk diketahui, In-Lite merupakan produsen lampu yang telah berkiprah selama lebih dari lima tahun dan telah menghadirkan berbagai produk lampu untuk rumah tangga hingga komersial.

Baca Juga: Bahayanya Mandi di Saat Tubuh Masih Berkeringat, bisa Picu Masalah Ini!

Selain menghadirkan produk lampu LED berteknologi tinggi, In-Lite juga memiliki kelima produk yang telah dijelaskan di atas. Dengan demikian, In-Lite dapat menjadione stop solutionuntuk kebutuhan lampu berbagai jenis ruangan.

Pada produk lampu panel dan Spot Light, In-Line memiliki produk lampu dengan warna Warm White. Warna yang dihasilkan adalah putih natural. Sementara untuk penggunaan warna yang lebih terang, In-Lite memiliki lampu bohlam LED berwarna putih atau Cool Daylight.

Terkait kualitas produk, seluruh produk dari In-Lite sudah mengantongi Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, kualitas produknya terjamin karena memiliki rekor tingkat pengembalian produk (retur) terendah, yakni kurang dari 1 persen.

Untuk pembelianoffline, In-Lite dapat diperoleh di Indomaret, Mitra Mitra 10, Depo Bangunan, BJ Home, TipTop, AJBS, Solusi Tools Shop, Lion Super indo, Yomart, Kawan Baru Cianjur, Berdikari Sukabumi, hingga Super Bangun Jaya.

Sementara untuk pembelian secaraonline, Anda dapat mengunjungi toko resmi In-Lite Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Dekoruma,JD.ID, Bhineka, dan Bibli. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk yang tersedia, Anda dapat mengunjungi lamanIn-Lite berikut ini.

Editor : Sheila Respati