Tahun Baru Tinggal Sebentar Lagi, Saatnya Tata Ulang Rumah Jadi Smart Home yang Aman dan Nyaman

Selasa, 09 November 2021 | 18:13
Shutterstock

Ilustrasi rumah dengan smart home system.

IDEAOnline– Akhir tahun dapat menjadi momen yang tepat untuk menata ulang rumah. Dengan demikian, Anda dapatmenyambut tahun baru dengan suasana hunianyang lebih segar.

Menata ulang rumah juga menjadi ide yang baik karena saat iniberbagai kegiatan, mulai dari belajar, bekerja, hingga berkumpul dengan keluargalebih banyak dilakukan di dalamnya. Rumah yang aman dan nyamanakanmembuat penghuni semakin semangat beraktivitas.

Salah satu konsep hunian yang dapat dipertimbangkan adalah smart home. Konsep ini banyak diterapkan di rumah-rumah modern dan menjadi tren sepanjang 2021.

Untuk diketahui,smart homemerupakan konsep rumah berbasis teknologi. Rumah dilengkapi perangkat yang dapat bekerja secara otomatis atau dikontrol dari jarak jauh menggunakan koneksi internet.

Baca Juga: Inilah Prediksi Tren Interior Tahun 2022 menurut Pakar Desain, Furnitur Organik Salah Satunya!

Sebagai contoh, saat ini sudah banyak rumah yang menggunakan robot pembersih lantai. Dengan sensor canggih, robot tersebut dapat melakukan otomatisasi pembersihan hingga ke sudut-sudut ruangan.

Namun, menerapkan konsepsmart homejuga harus didukung keamanan dan kenyamanan. Peralatan yang dipakai juga sebisa mungkin lebih ramah lingkungan.

Sebagai inspirasi, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan smart homeyang aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Gunakan lampu LED

Sistem pencahayaan merupakan salah satuhal yang krusial. Tanpa pencahayaan yang baik, ruangan bisa kehilangan aspek fungsional dan kenyamanan.

Baca Juga: Smart Lamp untuk Smart Home, 5 Pilihan Lampu Ini Bisa Dikendalikan lewat Smartphone

Untuk memaksimalkan pencahayaan ruangan, sebaiknya gunakan lampu dengan teknologilight emitting diode(LED).LampuLED mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang tanpa mengeluarkan energi panas. Lampu menjadi lebih awet meski digunakan secara terus-menerus.

Selain itu, lampu LED juga lebih hemat energi. Misalnya saja sepertiPhilips Multipack MyCare LED Bulbsyang memakan daya lebih hemat, yaitu 12watt(W).

Beberapa rumah berkonsepsmart homekini juga sudah menerapkan lampu LED berbasissmart lighting. Lampu pintar terkoneksi dengan internet atauwifisehingga penghuni dapat melakukan berbagai pengaturan lewatsmartphone, seperti menyalakan atau mematikan lampu serta mengaturtingkatketerangan dan suhuruangan.

Lampu LED berbasissmart lightingjugalebih hemat energi dan ramah lingkungan. Misalnya saja, seperti lampu Bardi Smart LED Wifi 9W. Masa pakainya pun cukup lama, yakni hingga 15.000 jam.

Baca Juga: 10 Langkah Ciptakan Desain Berkonsep Zen yang Damai dan Tenang

Tingkatkan keamanan dengan kamera CCTV

Shutterstock

Ilustrasi penggunaan CCTV yang terhubung dengan smartphone.

Saat ini, penggunaan kameraclosed-circuit television(CCTV) di rumah bukan lagi hal asing. Banyak pemilik rumah yang menggunakan kamera CCTV untuk alasan keamanan. Penggunaan kamera CCTV juga menjadi bagian darismart home system.

Apalagi, saat ini kamera CCTV semakin canggih karena bisa tersambung secara otomatis kesmartphonemelalui jaringanwifi. Pemilik bisa memonitor keadaan rumah di mana dan kapan saja.

Apabila berencana memasang kamera CCTV untuk di luar rumah, pilih produk yang khusus dirancang untuk penggunaanoutdoor. Misalnya saja, sepertiOutdoor CCTV Infrared Onvif.

Kamera CCTV Onvif dilengkapi kamerahigh-definition(HD) 1296p dengan fitur Night Vision, Automatic Tracking, dan Motion Detection. Dengan begitu, kamera dapat memaksimalkan hasil gambar agar terlihat jelas di setiap kondisi.

Baca Juga: Pilih Furnitur Built-in atau Loose Furniture? Pertimbangkan 4 Hal Ini!

Beralih kesmartTV

Menerapkan konsepsmart homejuga bisa dilakukan dengan berinvestasi pada perlengkapan hiburan di rumah. Salah satunya, televisi (TV).

Seperti diketahui, saat ini Indonesia sedang melakukan peralihan dari siaran analog ke digital. Untuk menikmati konten dan siaran digital, Anda bisa pertimbangkan untuk beralih kesmartTV.

SmartTV menawarkan keunggulan berupa TV yang terhubung dengan jaringan internet. Dengan begitu, pengguna dapat memanfaatkan banyak fitur untuk mengakses konten digital yang lebih beragam.

Saat terhubung ke internet, pengguna dapat mengakses aplikasi streamingvideo-on-demand, seperti Netflix, Vidio, dan Disney Hotstar. Pengguna juga dapat mengakses platform video seperti Youtube.

Baca Juga: Konsep 'Open Floor Plan', Ketahui Plus Minus-nya sebelum Menerapkan di Rumah!

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menilikAndroid Smart TV Changhong. Tidak hanya menyediakan konten digital yang beragam,smartTV tersebut juga sudah terintegrasi dengansoftwareAndroid. Pengguna dapat mengakses beragam aplikasi di Playstore melalui layar TV dengan cepat dan mudah.

Mewujudkansmart homeyang aman dan nyaman kini pun semakin mudah bersama Lazada. Sebagaione stop happiness, Lazada menyediakan berbagai kebutuhan rumah yang lengkap, terpercaya, dan terjangkau.

Apalagi, dengan hadirnya Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari yang akan berlangsung selama satu hari, yaitu pada 11 November 2021.

Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari

Selama periode Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari, pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanja dengan harga yang semakin murah setiap harinya. Pelanggan juga dapat menikmati promo gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia tanpa minimum pembelian.

Baca Juga: Bikin Belanja Makin Gampang, Inilah 5 Fitur Baru LazMall dari Lazada

Tidak hanya itu, Lazada juga memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkanvoucherbelanja hingga Rp 1,1 juta, bonus dadakan Rp 1,1 juta, dan Crazy Flash Sale Rp 11.

Lazada juga siap menghibur pelanggan setia di rumah melalui konser virtual bertajukLazada11.11 Super Show. Konser tersebut akan diadakan pada Rabu (10/11/2021).

Selain menghadirkan berbagai program hiburan berhadiah grand prize mobil,Lazada11.11 Super Show akan menghadirkan pertunjukan spesial dari grup musik asal Korea Selatan, SEVENTEEN, yang juga merupakan LazadaHappiness Ambassadors pertama .

Semakin seru, panggung Lazada 11.11 Super Show juga akan dimeriahkan oleh penampilan bintang tamu papan atas dari Indonesia, seperti Agnez Mo, Tiara Andini, dan Via Vallen.

Anda dapat menyaksikan konser virtualLazadadi stasiun TV nasional seperti SCTV, RCTI, dan Indosiar. Selain itu, konser juga akan ditayangkan melalui channellive streaming, LazLive,di aplikasiLazada dan platform media sosial Lazada (YouTube Live, TikTok Live dan Facebook Live).

Untuk menikmati sederet promo dan hiburan menarik dariLazada, segeradownloadaplikasiLazadadi ponsel atau kunjungi situs webLazadadiwww.lazada.co.id.

Editor : Sheila Respati