Wujudkan Studio Musik Impian nan Sederhana di Rumah, Intip Inspirasinya dari Musisi Ello

Rabu, 22 Desember 2021 | 13:53
Dok. Jayaboard

Studio musik milik musisi Ello dibangun di bagian atas rumah (rooftop).

IDEAOnline.com –Bagi pencinta musik, memiliki studio musik pribadi di rumah menjadi impian. Pasalnya, studio musik pribadi dapat dimanfaatkan untuk keperluan hiburan sekaligusmendukungproduktivitasdalam berkarya.

Dengan memiliki studio musik pribadi di rumah, pemilik rumah juga tidak perlu khawatir alat dan instrumen musik berceceran di beberapa bagian rumah. Semuaalat musikbisa tertata lebih rapidalamsatu ruangan.

Menciptakan studio musik pribadi di rumah pun tidak serumityang dibayangkan.Pemilik rumah dapat memanfaatkan ruangan tidak terpakai untuk disulap menjadi studio musik pribadi. Misalnya, seperti yang dilakukan oleh musisi Marcello Tahitoe atau Ello.

Berbekal keinginan untuk tetap produktif dan berkarya di tengah situasi pandemi Covid-19, Ello membangun studio musik pribadipadabagian atas rumah (rooftop). Studio tersebut dibangun oleh tim arsitek Keneth Sandy Studio dan tim teknisi Jayaboard.

Baca Juga: Seharga 16 Juta Dollar, Begini Rumah Mewah Bergaya Modern Milik Zedd

Ruangan studio musik milik Ello bisa dibilang sederhana, tetapi fungsional. Konsepnya memadukan gaya minimalis dan maskulin, sesuai dengan kepribadiannya.Ruangan juga didesain sedemikian rupa sehingga terasacozydan nyaman untuk berlama-lama mengulik musik.

Karena memanfaatkan ruangan “sisa” dirooftop, ukuran studio musik milik Ello tidak terlaluluas,tetapi cukup lapang untuk menyimpan beberapa alat musik serta meja dan peralatan kerja lainnya.

Studio musik milik Ello tidak hanya tampak apik dan fungsional, tetapi juga didesain untuk memberikan pengalaman bermusik yang berkualitas.

Dok. Jayaboard

Studio musik musisi Ello.

Untuk menghasilkan performa akustik yang berkualitas, studio musik milik Ello dibangun dengan sistem partisi akustik kedap suara yang optimal. Dengan begitu, suara musik di dalam ruangan tetap jernih, tetapi tidak terdengar ke luar ruangan sehingga mengganggu penghuni lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Arsitektur Adaptif Pandemi dan Budaya Desain di Masa Datang? Jawabannya Ada di Connex 2020!

Untuk menciptakan ruang studio dengan performa akustik berkualitas,Ello mempercayakan timJayaboard denganmenggunakan papan gipsumSoundstop™. Papan gipsum tersebut berfungsi untuk menahan suara agar tidak terdengar sampai ke luar ruangan.

Seluruh papan gipsum Jayaboard juga terbuat dari material yang dapat didaur ulang (recyclable) dan bebas dari material asbestos yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas akustik dalam ruangan, tim Jayaboardmengaplikasikan papan gipsumJayabell™. Pada permukaan papan, terdapat perforasi dantissueakustik yang dapat menyerap suara dan meredam gaung atau gema dalam ruangan.

Dengandaya serapsuarayangtinggi, papan gipsum Jayabell™ juga memilikidesain dan motifberagam yang dapat disesuaikan denganberbagai nuansaruangan.

Baca Juga: Kolaborasi Jayaboard, Arsitek, dan Masyarakat Menanggulangi Covid-19

Untuk penyambung papan gipsumnya menggunakanCornice Compound 5 in 1 yang mudah untuk diaplikasikan.

Sebagaifinishing, permukaan dinding dilapisiskimming compoundUB CotedariJayaboard.AplikasiUB Cotedapat dilakukan dengan menggunakan roller maupun spray.

UB Cote diformulasikan dengan material yang dapat mencegah efek pantulan cahaya berlebihan pada permukaan papan sehingga dapat menjadi solusi untuk glancing light dan permukaan dinding menjadi tampil halus optimal.

Dok. Jayaboard

Untuk meningkatkan estetika ruangan, tim arsitek juga menambahkan dekorasi lampu pada bagian belakang papan gipsum Jayabell™. Dengan begitu, cahaya lampu terpancar lewat lubang perforasi papan sehingga ruangan tampak lebih modern.

Baca Juga: EasyFinish™: Solusi Instan untuk Berbagai Masalah Dinding Interior

Seluruh papan gipsum dariJayaboardaman digunakan karena kandunganvolatile organic compounds(VOC) yang rendah dan bebas bahan radioaktif.

Pemilihan material yang kuat dan ringan

Karena studio musik milik Ello dibangun pada bagianrooftop, penggunaan material berat dan teknik pengecoran tidak dapat dilakukanon-site.

Sebagai solusi, tim teknisi menggunakan papan semenDurock®dariJayaboarduntuk melapisi dinding eksterior studio. Selain ringan, papan semen Durock® juga mudah diaplikasikan sehingga dapat mempercepat waktu konstruksi.

Didesain untuk penggunaan eksterior, papan Durock® terbuat dari material yang kuatsertatahan cuaca ekstrim dan dapat dilengkungkan.

Sementara itu, untuk rangka metal, tim teknis menggunakanRangka Metal JayaBMSdariJayaboard.

Dalam proses pembangunan studio musik tersebut, tim teknisJayaboardjuga turut memberikantrainingsecara langsung di lapangan kepada tim kontraktor.

Kegiatantrainingtersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan optimal dariJayaboardsebagaibrandproduk konstruksi bangunan yang telah berkarya selama 28 tahun di Indonesia.

Untuk informasi selengkapnya terkait spesifikasidan pembelian produk Jayaboard,Anda dapat kunjungi tautanberikut. Siap membangun studio musik pribadi di rumah?

Editor : Sheila Respati