Jangan Biarkan Debu dan Jamur pada Dinding, Ini 7 Penyebab Rumah Bebas Alergi

Senin, 21 Maret 2022 | 15:53
www.leanandsimplecleaning.com

IDEAonline- Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu, yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi di tubuh orang lain.

Reaksi tersebut dapat muncul dalam bentuk pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas.

Benda yang dapat memicu respons alergi dikenal dengan istilah alergen. Pada kebanyakan orang, alergen tidak menimbulkan reaksi pada tubuh.

Namun, pada orang yang memiliki alergi terhadap alergen tersebut, sistem imun akan mengeluarkan reaksi karena dianggap berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga:Artis Ini Sengaja Buat Pintu Rumah yang Bisa Muat Keluar Masuk Keranda, Alasannya...

Baca Juga:Sempat Dikira Ampuh Halau Corona, Ini Penyebab Obat Mag Laris di Pasar Amerika Awal Pandemi Lalu

Sel darah putih, termasuk basofil, merupakan salah satu komponen yang berperan dalam memunculkan reaksi alergi.

Jika alergi yang timbulkan dari kondisi luar rumah tak bisa dihindari, maka paling tidak kamu bisa mencegah alergi yang kemungkinan timbul dari dalam rumah.

Bagaimana caranya?Berikut ini kami berikan 7 cara sederhana untuk membuat rumah menjadi sehat dan bebas dari kuman penyebab alergi.

1. Bersihkan gordenGorden dapat membuat ruang berdebu sangat banyak dan mengumpulkan banyak tungau debu, yang dapat menjadi penyebab dari alergi.Jadi, bersihkan gorden atau tirai secara teratur.

2. Bersihkan kasur dan sofa

Ada banyak hewan mikroskopis berupa tungau debu dan bakteri yang ditemukan di kasur dan sofa.Bersihkan debu di kasur, bantal, seprai, dan sofa secara teratur agar keluarga bebas dari alergi.

Baca Juga:Pantas Saja Listrik Malah Makin Melonjak, Coba Kurangi Kebiasaan Cabut Kabel, Ini Penjelasannya!

Baca Juga:Meniliki Kebiasaan Aneh Warga Lokal di Cina yang Suka 'Memberi Makan' Pohon, Siapa Sangka Benar-benar Bikin Subur!

Great Vacuums

7 Cara Mudah Agar Rumah Bebas Alergi, Bersihkan AC dan Ventilasi!

3. Rumah bebas hewanBeberapa orang ada yang alergi terhadap hewan berbulu.Karena bulu-bulu hewan dapat berkembang menjadi alergen (zat yang menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang rentan). Bila kamu satu dari antara orang yang rentan terhadap alergi, ada baiknya tidak memelihara hewan di rumah.

Baca Juga:Makin Kreatif Mewarnai Rumah dengan Seri Cat Terbaru ACE, Diklaim Tahan 8 Tahun

Baca Juga:Terungkap Manfaat Ajaib Kayu Manis, Bisa Menyuburkan Tanaman dan Usir Hama

4. Perbaikivacuum cleanersTerkadang kita suka lupa untuk mengosongkan kantong debu di penghisap debu sehingga kotoran pun terkumpul sangat banyak dalam waktu yang lama.Bila lupa membersihkannya, maka alat tersebut akan melepaskan banyak alergen dari dalam kantong debu.

5. Hilangkan jamur di dinding

Jamur di dinding juga bisa menjadi penyebab utama alergi pada seseorang.Atap bocor yang menciptakan jamur di dinding, harus segera diperbaiki.Juga, dinding kamar mandi harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah pertumbuhan jamur.

6. Bersihkan AC dan ventilasiKamu secara teratur harus membersihkanfilterAC di rumah karena ada kemungkinan kuat bahwa debu dapat mengumpul dan dapat menyebabkan bermacam alergi.

Baca Juga:Pakaian Jadi Tidak Awet dan Rusak, Mulai Sekarang Jangan Ulangi Kebiasaan Buruk Ini Saat Pakai Mesin Cuci

Baca Juga:Bikin Syok, Rumah Ini Dijual dengan Semua Barang Lengkap yang Ada di Dalamnya, Tapi Coba Pikir Lagi Dua KaliJendela dan ventilasi udara lainnya juga harus tetap bersih dan bebas debu.

www.elglaze.co.uk
www.elglaze.co.uk
7. Gunakan air panas untuk mencuciDengan menggunakan air panas untuk mencuci seprai, karpet, keset, dan pakaian dapat memastikan setiap mikroba dan alergen mati karena panas.Dengan demikian, rumah pun akan sehat dan keluarga bebas dari alergi. (Sara Agustriana/IDEA)

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis#ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya