Tips Memilih Karya Seni yang Tepat untuk Menambah Pesona Ruangan

Senin, 28 Maret 2022 | 10:54
Urban Ladder

Ilustrasi lukisan sebagai hiasan dinding

IDEAonline - Dekorasi memiliki peran yang penting dalam menambahkan karakter ke ruangan kita.

Dari berbagai dekorasi yang bisa kita tambahkan, karya seni adalah cara cerdas untuk memberi dosis kepribadian dan membawa banyak pesona ke ruang.

Namun, IDEA Lovers mungkin ragu untuk menambahkan karya seni ke rumah karena variannya yang sangat bermacam.

Lantas, bagaimana kita bisa memilih karya seni yang tepat untuk melengkapi estetika rumah kita dan menyesuaikannya dengan suasana hati secara keseluruhan?

Artikel berikut akan menjawab kebingungan IDEA Lovers dan membagikan tips profesional tentang mendekorasi menggunakan karya seni.

Melalui tips-tips yang dilansir dari decoist.com ini, IDEA Lovers akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana memilih karya seni yang tepat untuk ruang interior IDEA Lovers.

Baca Juga: Ciptakan Tingkat Privasi yang Dibutuhkan Kamar Mandi dengan Memilih Bahan-Bahan Berikut Ini!

Area Pintu Masuk

Pintu masuk akan mengatur suasana untuk sisa rumah kita, jadi jangan ragu untuk menyempurnakannya dengan karya seni luar biasa yang sesuai dengan gaya IDEA Lovers.

Letakkan lukisan yang cantik dekat meja konsol untuk memberikan sambutan hangat kepada semua orang yang memasuki rumah.

Nada netral dari karya abstrak dapat melengkapi estetika halus dan memiliki nuansa organik.

Baca Juga: Susah Tidur di Malam Hari? Letakkan Salah Satu dari Tanaman Berikut Ini di Kamar Tidur Anda!

Ruang Keluarga

Ruang tamu adalah tempat sebagian besar orang beraktivitas sehari-hari, jadi kita pasti ingin menjadikannya ruang yang menyenangkan dan santai untuk seluruh anggota keluarga.

Jika dinding di atas sofa kosong dan terlihat canggung, perbaikilah tampilan tersebut dengan karya seni yang dipilih dengan cermat.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk memilih karya seni yang sesuai dengan ruang hidup kita, tetapi juga mengatur suasana hati?

Desainer interior profesional pada umumnya menyarankan kita untuk memperhatikan proporsi, yang merupakan faktor penting dalam mencapai tampilan yang seimbang.

Pilih bagian yang tidak terlalu tinggi di atas sofa, tetapi juga pastikan untuk meninggalkan ruang negatif untuk menempatkan karya seni sebagai aksen.

Seni abstrak sangat cocok untuk ruang tamu yang apik.

Baca Juga: Berani untuk Menerapkan Gaya Art Deco di Rumah? Yuk Ketahui Terlebih Dahulu Seluk-beluknya!

Gunakan skema warna yang dipilih dengan cermat sesuai dengan gaya yang ingin ditampilkan, misalnya lukisan warna abu-abu lembut yang dipadukan dengan warna kuning aksen untuk menciptakan ruang dengan getaran modern dan eklektik.

Meski dinding TV biasanya sudah menjadi titik fokus di ruang tamu, jangan takut untuk memainkan seni untuk menciptakan ruang yang lebih mewah.

Potongan lukisan berbentuk persegi panjang cocok dengan tempat kosong di atas sofa. Pilih lukisan dengan warna netral agar tidak terkesan terlalu dominan atau menguasai ruangan.

Ruang kontemporer dengan warna yang diredam akan mendapat manfaat dari dekorasi yang halus.

Grafik minimalis menambahkan sedikit minat visual sambil menyesuaikan dengan perasaan keseluruhan dari ruangan.

Baca Juga: Tips Menciptakan Ruang yang Menawan Hanya dengan Memainkan Warna!

Ruang Makan

Ruang makan adalah ruang yang dapat berubah menjadi titik sentral untuk pertemuan kita.

Ruang makan yang dirancang dengan baik mengingatkan kita pada restoran mewah, menjadi tempat hiburan terbaik di mana kita bisa menikmati waktu makan atau istirahat kita bersama teman dan keluarga.

Jika ruang makan IDEA Lovers terlihat kusam dan kosong, IDEA Lovers dapat meningkatkan pesonanya dengan karya seni yang apik.

Potongan karya geometris yang abstrak dengan warna yang redam dapat menciptakan skema warna netral yang menyatu dengan mulus ke dalam ruang.

Baca Juga: 3 Tips Saat Memilih Cermin yang Tepat Sesuai Fungsinya, Bapak-bapak Mesti Tahu

Kamar Tidur

Saat mendekorasi kamar tidur dengan karya seni, jangan lupa bahwa ruangan tersebut harus tetap dapat menjadi tempat peristirahatan yang santai dan tenang.

Hindari karya yang terlalu dinamis dan warna-warna cerah untuk menciptakan suasana yang nyaman dan lingkungan yang tenang untuk tidur.

Gunakan karya grafis minimalis untuk menghadirkan sentuhan visual yang halus tanpa membebani ruang yang damai.

Jika tidak, pilih lukisan pemandangan alam yang menenangkan untuk menghadirkan ketenangan dan kedamaian alam.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : decoist.com

Baca Lainnya