Jaga Tampilan Karpet agar Tetap Terlihat Seperti Baru dengan Cara Berikut!

Selasa, 26 April 2022 | 06:30
Joom

Ilustrasi karpet

IDEAonline - Tidak bisa dimungkiri, semua yang ada di rumah kita pun lambat laun pasti akan mengalami keausan, termasuk karpet.

Karpet adalah salah satu elemen dekoratif yang dimiliki oleh banyak orang.

Namun memang seiring berjalannya waktu, karpet dapat terlihat aus dan sudah tidak secantik saat baru kita beli.

Nah, untuk IDEA Lovers yang memiliki karpet di rumah dan mengalami hal ini, jangan khawatir lagi.

Rupanya, ada beberapa yang dapat dilakukan untuk menjaga karpet di rumah kita tetap seperti baru.

Dilansir dari thespruce.com (17/03/2021), berikut adalah 5 cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga karpet agar tetap terlihat seperti baru.

Baca Juga: Tak Perlu Takut Lahan Sempit Saat Tinggal Bersama Orang Tua, Desain Rumah Ini Bisa Jadi Jawabannya!

Hapus Lekukan Furnitur dengan Es Batu

Pernahkah IDEA Lovers menata ulang furnitur, atau mungkin menukarnya dengan bagian baru yang ukurannya tidak persis sama, dan melihat lekukan tertinggal di karpet?

Untuk menghilangkan lekukan dan menghidupkan kembali karpet, letakkan satu es batu di lekukan tersebut dan biarkan es mencair.

Setelah meleleh, sikat serat karpet dengan jari-jari IDEA Lovers untuk menghidupkannya kembali.

Jangan gunakan sikat scrub; ini terlalu abrasif dan berbahaya bagi karpet.

Selesaikan dengan menyedot debu di area tersebut, setelah karpet benar-benar kering.

Gulung Karpet untuk Mencegah Perubahan Warna

Jika IDEA Lovers memiliki lantai kayu keras, IDEA Lovers mungkin tidak menyadari bahwa itu terus mengalami transformasi warna.

Sinar matahari langsung, sinar UV, lalu lintas, dan polusi udara semuanya berkontribusi pada perubahan warna lantai kayu alami.

Kayu yang berwarna lebih gelap cenderung tidak menunjukkan perubahan warna yang drastis seperti kayu yang lebih terang, tetapi perubahan tersebut terjadi sampai batas tertentu pada kayu alami.

Namun, perhatikan bahwa lantai laminasi tidak mengalami perubahan warna, karena permukaan "kayu" pada dasarnya adalah gambar kayu yang diletakkan di atas papan serat yang ditekan.

Karpet area yang diletakkan di atas kayu keras dapat "melindungi" kayu di bawahnya dengan melindunginya dari cahaya dan udara.

Setelah beberapa lama, kayu di sekitar permadani telah berubah, tetapi ketika permadani dilepas, warna kayu di area tersebut mungkin tetap mendekati warna kayu aslinya.

Untuk meminimalkan efek ini, lepaskan karpet area saat IDEA Lovers berencana untuk pergi—seperti saat pergi berlibur.

Gulung permadani dan letakkan di tempat, dan biarkan gorden terbuka. Ini akan memungkinkan cahaya dan udara masuk ke kayu, sehingga mengurangi efek dramatis dari perubahan warna.

Dengan begitu, saat kita ingin mengganti permadani atau melepasnya, warna lantai kayu kita akan lebih merata.

Pastikan juga untuk menggulung alas di bawah permadani.

Baca Juga: Ternyata Bukan Hanya Karena Lapar dan Haus, Letakan Ini di Kamar Saat Bayi Susah Tidur

Putar Karpet

Kita cenderung berjalan di sepanjang jalur yang sama di rumah kita: misalnya, kita mengambil rute terpendek dan paling langsung untuk pergi dari titik A ke titik B, dan biasanya berjalan di tengah lorong.

Ini berarti bahwa area tertentu dari karpet atau permadani kita lebih sering terinjak daripada yang lain, dan karenanya, mulai menunjukkan tanda-tanda keausan lebih cepat.

Minimalkan kejadian ini di permadani dengan memutarnya 180 derajat setidaknya setiap enam bulan.

Memutar karpet membantu menciptakan keausan yang merata di seluruh karpet.

Beli Karpet Ekstra untuk Tangga

Tangga adalah area lalu lintas tertinggi di rumah mana pun, sehingga karpet di tangga akan aus lebih cepat daripada karpet di area lain, dan perlu diganti lebih cepat.

Namun, tidak ada jaminan bahwa karpet yang sama akan tersedia dalam lima atau 10 tahun, agar sesuai dengan area lainnya.

Jadi, beli dua kali lipat jumlah karpet yang kita butuhkan untuk tangga, dan simpan karpet kedua di tempat yang gelap dan kering.

Tangga tidak memerlukan banyak karpet untuk menutupinya, sehingga biaya tambahan yang dibutuhkan tidak akan besar dan akan menghemat perjalanan kita, karena kita tidak perlu mengganti semua karpet hanya karena tangga kita terlihat usang.

Baca Juga: Pilihan Warna Terbaik Kamar Tidur Pria, Tak Hanya Hitam dan Putih Lho!

Taburkan Soda Kue untuk Menghilangkan Bau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa soda kue menyerap bau.

Cukup taburkan soda kue ke seluruh karpet saat perlu menghilangkan bau pada karpet, bau ini bisa berasal dari hewan peliharaan, asap, masakan, dll.

Biarkan selama beberapa jam, lalu bersihkan karpet secara menyeluruh untuk menghilangkan semua soda kue dan bau yang menyertainya.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : The Spruce

Baca Lainnya