Aneka Tips Memilih Karya Seni yang Tepat untuk Dekorasi Rumah

Sabtu, 07 Mei 2022 | 14:15
Urban Ladder

Ilustrasi dinding dengan karya seni

IDEAonline - Dari banyaknya pilihan dekorasi yang ada, salah satu yang cukup mudah untuk dipadukan dengan berbagai gaya adalah karya seni.

Pasalnya, karya seni itu sendiri dapat hadir dalam berbagai tampilan untuk menyesuaikan beragam gaya desain.

Namun, sementara pilihan yang banyak membuat mereka makin fleksibel, itu juga dapat membuat kamu kesulitan memilih satu yang tepat untuk interior kamu.

Untuk itu, artikel yang dilansir dari thespruce.com (01/06/2019) ini akan membagikan beberapa tips untuk memilih karya seni yang tepat untuk dekorasi interiormu.

Baca Juga: Pilih Green Product untuk Rumah, Cara Tepat Selamatkan Bumi yang Mulai Sakit-sakitan

Baca Juga: Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan dengan Beberapa Tips Ini!

Warna

Warna adalah hal yang paling membuat seseorang terjebak ketika mencoba memilih seni, sering kali karena mereka mencoba menemukan sesuatu yang cocok dengan warna lain di dalam ruang interior yang ingin dihias.

Namun, meskipun mencocokkan beberapa warna adalah metode yang dapat diterima untuk memilih karya seni sebagai elemen dekoratif, itu bukan satu-satunya metode.

Terkadang warna dalam seni yang kamu pilih bisa menjadi kebalikan langsung dari apa yang sudah kamu miliki di kamar kamu, atau dalam beberapa kasus; kamu mungkin menginginkan sesuatu yang hanya hitam dan putih.

Yang penting adalah kamu menemukan sesuatu yang dapat melengkapi ruang—terkadang melalui warna, tetapi tidak selalu harus dengan warna.

Cari bagian yang menarik perhatianmu, dan jangan terlalu khawatir tentang warna yang serasi.

Baca Juga: Cara Menciptakan Hunian Ala Resor Bernuansa Alam dengan Sentuhan Vintage

Ukuran dan Skala

Ketika memilih seni, biasanya lebih besar, lebih baik.

Memilih seni yang terlalu kecil adalah kesalahan yang sangat umum.

Ambil contoh ruang dinding di atas sofa. Sebagai aturan umum, seni di atasnya harus sekitar 2/3 lebar sofa atau lebih besar.

Hal yang sama berlaku untuk ruang di atas tempat tidur.

Namun, bahkan aturan ini bisa dilanggar. Di dinding galeri, beberapa bagian kecil dapat bekerja bersama dalam satu tampilan.

Dalam hal ini, anggap tampilan keseluruhan ini sebagai satu kesatuan dan coba ikuti panduan yang sama.

Jika IDEA Lovers memiliki lukisan atau cetakan tertentu yang IDEA Lovers sukai tetapi ukurannya terlalu kecil, pertimbangkan untuk membingkainya dengan matte ekstra besar untuk meningkatkan dampak visualnya.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Lemari untuk Meningkatkan Estetika Kamar Tidur

Campur Gaya Lama dan Baru

Kontras adalah apa yang membuat ruangan tetap menarik, dan seni dapat memainkan peran besar dalam menciptakan daya tarik itu.

Jadi pertimbangkan seni dari era yang berbeda untuk membuat koleksi yang kuat dan menarik.

Di ruangan tradisional, sebuah karya seni modern dapat menciptakan titik fokus yang mencolok, seperti halnya karya klasik dapat meminjamkan beberapa tradisi ke ruang yang lebih kontemporer.

Ketika digunakan bersama di ruangan yang sama, barang lama dan baru dapat saling melengkapi dengan cara yang menarik dan tak terduga.

Mencampur warna dan tema juga bisa sangat menyenangkan, jadi saat memilih karya seni jangan terjebak dalam kebiasaan menserasikan gayanya.

Lihat Banyak Opsi

Meskipun kamu mungkin bisa menemukan karya seni yang kamu sukai pada pandangan pertama, akan lebih baik untuk melihat-lihat sebelum memilih sebuah karya seni untuk tempat tertentu.

Ada begitu banyak opsi sehingga kamu harus memastikan bahwa kamu melihat beberapa sebelum memutuskan untuk membeli satu.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik? Menggunakan Pendingin Ruangan atau Kipas Angin?

Beli Apa yang Kamu Suka

Apakah itu asli atau diproduksi secara massal, mahal atau murah, pastikan untuk membeli hanya apa yang kamu sukai.

Karya seni orisinal adalah cara yang bagus untuk menambahkan sesuatu yang unik ke rumah kamu, dan tentu saja dapat memberikan karakter tertentu pada ruangan, tetapi harganya bisa sangat mahal—terutama jika itu adalah seniman terkenal, atau jika itu adalah sesuatu yang langka atau unik.

Banyak orang telah melakukan kesalahan dalam berinvestasi dalam karya seni hanya karena itu asli dan mereka pikir itu memiliki nilai, tetapi ini bisa menjadi kesalahan besar jika mereka tidak benar-benar menyukainya.

Jika IDEA Lovers menginginkan sesuatu yang orisinal tetapi tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak, cari seniman yang belum memiliki banyak pengikut untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Pastikan juga itu adalah sesuatu yang membuat IDEA Lovers tersenyum setiap kali melihatnya.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : The Spruce

Baca Lainnya