Bawa Pulang Pesona Terakota dengan Beberapa Cara Berikut!

Senin, 16 Mei 2022 | 09:30
Pinterest

Ilustrasi interior dengan lantai terakota

IDEAonline - Ubin terakota nyatanya sudah ada sejak lama dan sempat digunakan secara luas di seluruh dunia.

Namun, perkembangan dan perubahan tren interior telah membuat banyak orang melupakannya.

Akan tetapi, ketertarikan orang-orang pada segala hal yang berbau alami telah mengangkat kembali tren ini.

Terakota secara harfiah sebenarnya berarti 'tanah yang dipanggang'.

Terakota membawa serta kehangatan visual tertentu yang menarik dan unik.

Selain ubin, kita juga dapat menggunakan pot terakota di rumah untuk menambah warna dan kontras dan mempesona.

Dilansir dari decoist.com, berikut adalah beberapa tips yang dapat IDEA Lovers cobat terapkan untuk membawa masuk terakota ke rumah.

Baca Juga: Dijamin Tahan Noda bahkan Tahan Api, Ini Dia Perbandingan Jenis Karpet Bahan Wol hingga Polyprophylene

Lantai Indah yang Terasa Organik

Ada banyak manfaat praktis yang bisa kita dapatkan dari ubin terakota di luar manfaat visual memiliki lantai yang berwarna merah tanah.

Ubin ini cukup tahan lama dan dapat mewadahi banyak lalu lintas tanpa menunjukkan terlalu banyak tanda-tanda keausan.

Bahkan noda atau kerusakan kecil yang terakumulasi selama bertahun-tahun terasa alami dan dengan sealant yang tepat, lantai ruang tamu terakota dapat dibersihkan dengan mudah dan bebas dari jamur atau lumut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ubin terakota sangat bagus untuk pemanasan pasif dan pendinginan rumah dan lantai ini membantu dalam pengaturan alami suhu dalam ruangan yang lebih baik daripada hampir semua bahan lainnya.

Baca Juga: Pahami Dulu Perbedaan Wajan Berdasarkan Jenisnya, Ada yang Butuh Minyak Lebih Banyak!

Perawatan untuk Tanaman di Dalam Ruangan

Bagi IDEA Lovers yang menggunakan pot beton dan plastik, inilah saatnya untuk pindah karena pot terakota adalah pilihan cerdas ketika memilih pot dalam ruangan untuk sukulen dan tanaman kering.

Sifat alami terakota berpori memungkinkan lewatnya kelembapan dan udara melaluinya dan membantu pertumbuhan tanaman dalam ruangan.

Pot terakota sangat bagus untuk rumah di daerah yang lebih dingin dan vas terakota raksasa adalah potongan dekoratif yang mengagumkan yang juga memiliki pesona vintage yang tak terbantahkan.

Kebanyakan pot ini tidak mahal dan mereka juga menambahkan tekstur berbeda ke ruang tamu kontemporer yang penuh dengan material plester dan plastik.

Baca Juga: Noda Teh di Gelas Hingga Bau Rokok Hilang Hanya dengan Baking Soda, Mau Tau Caranya?

Menemukan Gaya yang Tepat untuk Terakota

Warna merah tanah terakota merupakan versi paling populer, tetapi kita juga bisa mendapatkan ubin ini dalam varian warna lainnya.

Hal ini menjadikannya tambahan yang unik di ruang tamu di mana lantai mendapat sedikit perhatian, kecuali kita memiliki permadani penuh pola warna-warni di atasnya.

Warna lantai yang kemerahan membuatnya sempurna untuk gaya seperti Mediteranian, eklektik, farmhouse, shabby chic, dan rustic.

Namun, bahkan ruang tamu yang lebih modern dengan lantai ubin terakota akan terlihat menyenangkan.

Jaga dinding di ruang tamu ini senetral mungkin karena dinding yang terang ditambah dengan lantai terakota dapat menghadirkan gambar yang berantakan di mana kita mungkin mendapatkan kesan warna yang berlebihan.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : decoist.com