Bebaskan Dapur Anda dari Serangan Hama, Berikut Tipsnya!

Jumat, 15 Juli 2022 | 07:00
Bug Off Pest Control

Ilustrasi hama dapur

IDEAonline - Menjadi tempat yang menyimpan berbagai makanan dan tempat kita membuang sisa makanan juga, dapur sering kali menjadi target hama.

Mulai dari serangga kecil seperti lalat, hingga tikus, mereka sering kali berusaha mencari jalannya menuju ke dapur setelah mencium bau makanan.

Jika IDEA Lovers memiliki masalah dengan hama di dapur atau ingin menjauhkan dapur dari serangan hama, berikut adalah beberapa tips yang bisa IDEA Lovers ikuti, dilansir dari decoist.com.

Baca Juga: Kasih Tahu Pembantu, Mulai Hari Ini Jangan Simpan Kentang Kupas Dekat Sayur Busuk, Begini Cara Agar Kentang Awet Berbulan-bulan!

Menjaga Dapur Bebas dari Kekacauan

Sangat mudah untuk menjaga dapur bebas dari hama hanya dengan memastikan dapur bebas dari kekacauan.

Ini bukan pekerjaan yang sulit sama sekali jika IDEA Lovers adalah seseorang yang menyukai ide minimalis dan tidak ingin memenuhi dapur dengan terlalu banyak barang.

Bahkan dengan gaya seperti eklektik, shabby chic, dan industrial, kita tetap dapat menciptakan dapur yang teratur dan gaya yang kita gunakan tidak pernah menjadi kendala di sini.

Biasakan membeli hanya apa yang dibutuhkan untuk dapur dan tidak lebih.

Lemari Tertutup dengan Perawatan yang Tepat

Memiliki lemari tertutup di dapur sangat bagus untuk mengambil hampir semua barang dan apa saja.

Namun, pastikan IDEA Lovers membersihkannya secara teratur dan merawat rak kabinet ini dengan benar.

Karena mereka benar-benar tertutup, mudah untuk membiarkan barang-barang meluncur dan segera kita akan berakhir dengan kutu besar yang akan menggerogoti lemari dan banyak lagi.

Baca Juga: Jangan Sampai Kena Omel Mertua, Ternyata Lap Dekil nan Kotor Bisa Bersih Lagi Hanya dengan Barang Murah, Begini Cara Mencucinya!

Bersihkan Sesegera Mungkin

Ini cukup sederhana untuk dipraktikkan dan mungkin merupakan tip yang paling membantu kita.

Jangan menunda membersihkan permukaan dapur yang kotor dan yang baru saja digunakan.

Buang sampah secara teratur dan pastikan meja selalu dalam kondisi bersih untuk dapur yang bebas hama.

Biarkan Sinar Matahari Masuk ke Dapur

Ada banyak manfaat sinar matahari yang telah dimanfaatkan oleh budaya kuno selama berabad-abad untuk menciptakan rumah yang lebih bersih dan sehat dan kita juga dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam desain modern.

Dapur dengan sinar matahari lebih mudah bebas hama daripada dapur dengan ventilasi alami yang buruk.

Jendela besar, pintu kaca geser, dan skylight menawarkan banyak pilihan untuk menciptakan dapur yang lebih sehat.

Baca Juga: Menerapkan Gaya Minimalis Tidak Semudah Kelihatannya, Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Berikut!

Periksa Sudut dan Pipa Secara Teratur

Ruang di bawah wastafel dan saluran masuk dan keluar pipa adalah alasan terbesar serangga atau hama masuk di sebagian besar dapur.

Yang kita butuhkan hanyalah celah yang sangat kecil antara lantai atau dinding di sebelah pipa dan pipa itu sendiri untuk dilewati tikus.

Selain itu, pipa yang salah, kotor, dan bocor akan dengan cepat menimbulkan infestasi yang besar.

Jangan abaikan mereka sama sekali.

Tidak Ada Ruang untuk Retakan

Sering kali kita melihat serangga kecil dan kecoak di dapur, itu berkat celah, retakan, dan bagian ubin yang pecah yang menumpuk kotoran dari waktu ke waktu.

Jika IDEA Lovers melihat ada kesalahan di meja dapur atau backsplash, cobalah untuk memperbaikinya sesegera mungkin.

Tentu, kita tidak dapat melakukan ini setiap minggu, tetapi setiap beberapa bulan sekali adalah saat yang tepat untuk memeriksa ketidaksempurnaan kecil di permukaan dapur.

Baca Juga: Hendak Aplikasikan Desain Minimalis yang Fungsional di Dapur Kecil? Begini Inspirasinya!

Ganti Kotak Karton dan Kantong Plastik

Jangan menyimpan bahan makanan di dalam kantong plastik dan kotak kardus karena umumnya merupakan tempat yang sempurna bagi hama untuk bersembunyi dan berkembang biak.

Sebagai gantinya, segera buang semua kotak plastik dan kardus tempat belanjaan dan simpan semua yang kita butuhkan dalam toples.

Pendekatan ini juga bekerja dengan baik di dapur dan bila perlu pastikan bahwa kemasan aslinya tersimpan rapi di lemari, tetapi jangan terlalu lama.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : decoist.com