Pantas Banyak yang Beralih ke Water Heater, Ketahui Dulu Cara Pasang Hingga Memilih Pemanas Air, Bisa Bikin Irit Uang Listrik!

Jumat, 26 Agustus 2022 | 07:30
CK Bathroom

Pantas Banyak yang Beralih ke Water Heater, Ketahui Dulu Cara Pasang Hingga Memilih Pemanas Air, Bisa Bikin Irit Uang Listrik!

IDEAOnline-Pemanas air (water heater) bertenaga gas memiliki banyak keuntungan dibanding pemanas air jenis lain.

Selain harga perantinya yang relatif lebih murah, air hangatnya juga dapat mengalir terus tanpa henti sejak awal sampai waktu tidak terbatas.

Sebab, air hangat padawater heaterterjadi karena air dipanaskan menggunakan burner, mirip sistem kerja pemanas pada kompor gas.

Dengan demikian air hangat akan terus tersedia selama ada air yang mengalir melewati burner tersebut.

Berbeda dengan water heater , air hangatnya dihasilkan melalui proses pemanasan di dalam tabung.

Baca Juga:Bentuk Badan Terjaga Lantaran Hobi Workout, Ini Dia Fakta Mengenai Jill Gorden yang Makin Laris Hingga Dapat Endorse

Baca Juga:Bukan Saipul Jamil, Ternyata Dewi Perssik Pertama Kali Tambatkan Hati ke Seorang Taruna Akpol, Bahkan Sudah Sempat Bertunangan!

Jika air hangat di dalam tabung habis, maka dibutuhkan waktu 10-15 menit untuk menghangatkan kembali air di dalam tabung.

Ini artinya, air hangat tidak bisa tersedia secara berkesinambungan

Kepraktisan dan kemudahan menjadi salah satu alasan memilih water heater sebagai peranti untuk mendapatkan air hangat.

Meski sudah diakui kelebihannya, namun beberapa orang masih takut menggunakan water heater.

Biasanya, mereka khawatir daya listrik yang besar sehingga tagihan listrik bulanan meroket.

Rasa khawatir berlebihan juga menyangkut keamanan mesin yang dianggap rawan meledak,pipa mudah bocor, dan tersengat listrik.

Padahal, water heater sekarang ini, selain hemat listik mesin yang digunakan jauh lebih aman.

Tiga hal pokok ini perlu diketahui untuk menjamin perasaan aman dan nayman menggunakan water heater.

Baca Juga:Terjal dan Berbatu, Begini Tantangan yang Mesti Dihadapi Saat Turing di Himalaya Menggunakan Motor

Baca Juga:Amit-amit Malah Jadi Sumber Penyakit, Catat! Beberapa Titik yang Harus Dijaga dan Dirawat di Rumah

Dok. Ariston

Pantas Banyak yang Beralih ke Water Heater, Ketahui Dulu Cara Pasang Hingga Memilih Pemanas Air, Bisa Bikin Irit Uang Listrik!

1. Tepat Memilih Water Heater

Masih banyak orang keliru saat pilih water heater.Asal murah, banyak bonus, dan merek terkenal.

Padahal, tidak semudah itu.

Berikut 3 hal penting yang membantu.

1. Pertimbangkan jumlah penghuni di rumah. Ini berkaitan dengan pemilihan kapasitas tangki. Contoh, tangki 15 liter idealnya untuk 2 orang. Sementara tangki 30 liter, cocok dipakai untuk 3-4 orang.

2. Cek ketersedian instalasi pipa air hangat dan dingin. Dengan begitu,kamu tidak perlu repot memodifikasi ulang jalur pemipaan di kamar mandi.

Baca Juga:Listrik Jadi Lebih Irit, Begini 8 Cara Menghemat Air di Rumah dengan Mudah, Apalagi Saat Mandi dan Mencuci Baju!

Baca Juga:Ibu-ibu Salah Besar Jika Hanya Peduli Anak Lahap, Ternyata Ada Beberapa Makanan yang Wajib Dihindari, Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

3. Pastikan daya listrik di rumah minimal 1300 watt. Daya listrik di rumah yang lebih rendah tidak dapat menyediakan arus listrik yang memadai untuk water heater.

Meski saat ini sudah banyak juga tersedian water heater yang berdaya listrik rendah, namun tetap saja harus mempertimbangkan penggunaan listrik untuk hal-hal lain saat water heater dioperasikan.

dok. i.ytimg.com
dok. i.ytimg.com

Ilustrasi pipa sebagai sarana distribusi air dingin maupun hangat yang perlu dipastikan ada saat memakai water heater.

2. Pasang dengan Benar

1.Jika jalur pipa air panas dan dingin sudah tersedia, IDEA lovers cukup memasang mesin water heater. Sambungkan pipa air panas dengan flexible hose—sambungan pipa—dengan lubang air di mesin water heater. Pasang stop keran terlebih dahulu. Fungsinya, ketika water heater rusak, IDEA lovers tidak perlu mematikan arus air seluruh rumah.

2. Jika jalur pipa air panas dan dingin belum tersedia, IDEA lovers perlu membuat jalur pipa air panas baru dengan cara membobok tembok. Pipa ditanam lalu disambungkan ke mesin water heater. Pasang juga stop keran.

3. Untuk merapikan sisa bobokan pipa, IDEA lovers dapat menggunakan plester aci semen atau keramik. Gunakan pipa polimer PE atau PPR tahan panas. Pasang keran mixer air panas dan dingin.

4. Setelah instalasi pipa selesai, pasang water heater sesuai dengan posisi yangIDEA loversinginkan. Sambungkan pipa air panas dengan menggunakan flexible hose ke lubang mesin water heater.

Dok. Ariston

Perawatan penting dilakukan seabgai tindakan preventif terhadap elemen pada water heater.

Perawatan berkala

Baca Juga:Irjen Ferdy Sambo Tembak Brigadir Yoshua Sebanyak Dua Kali, Siapa Sangka Brigadir J Pernah Kepergok di Kamar Putri Candrawathi, Lagi Ngapain?

Baca Juga:Sering Ditemukan pada Desain Rumah Minimalis, Ini Caranya Agar Kamar Tidur Tetap Nyaman Walau di Dalamnya Ada Kamar Mandi

Lakukan perawatan berkala 1-2 tahun dengan bantuan teknisi resmi dari service center.

Yang dibersihkan utamanya heating element yang berkerak akibat kandungan air yang buruk.Selain itu, magnesium anoda pada tabung diganti jika sudah aus.

Jika air di rumah keruh atau menguning, sebaiknya menggunakan filter air terlebih dahulu sebelum air dialirkan ke water heater karena air tanah bisa merusak water heater.

Ambil contoh zat kalsium pada air terlalu tinggi, heating element akan mengeras dan tertutupi seperti batu.

Jika sudah terlalu keras dan sulit untuk dibersihkan, maka harus diganti.

Selain itu, apabila oksigen dalam air tinggi, dapat mempercepat pertumbuhan karat pada bagian dalam tangki.

Oleh karenanya, perhatikan juga kualitas air di rumah.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya