Nyesel Banget Baru Tahu, Ternyata Ada Bagian-bagian Toilet Jongkok dan Duduk yang Manfaatnya Enggak Main-main, Apa Saja?

Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:00
Idea.Grid.Id

Jangan Anggap Enteng, Ternyata Ini Bagian di Toilet Duduk dan Jongkok yang Jarang Diketahui, Bapak-bapak Harus Tau!

IDEAonline-Sebagai ruangan di dalam rumah yang paling sering digunakan selain kamar tidur, kamar mandi perlu perhatian khusus.

Keluhan yang sering muncul adalah kamar mandi yang lembap, pengap, dan bau.

Ternyata sebelum membersihkannya, IDEA lovers juga perlu tahu mengenaibagian-bagian toilet kamar mandi dan jenisnya yang penting.

Ternyata ada berbagaijenis toilet (di sini IDEA loversbiasa menyebutnyadengan istilah kloset) bila dilihat dari beberapa sudut pandang, seperti dari bentuknya, tombolnya, sampai sistem penyiramannya.

Karenapilihan IDEA lovers akan mempengaruhimulai dari kenyamanan, sampaipenghematan air.

Baca Juga:Dijamin Taman di Rumah Jadi Makin Cantik, Coba Ide Dekorasi Ban Bekas Tak Terpakai Ini, Bisa Curi Perhatian Tetangga!

Baca Juga:Ketahui Dulu Kulkas Pertama di Dunia, Siapa Sangka Dulu Pernah Dimanfaatkan untuk Mengawetkan Sperma Lho!

Mengutip dariTabloid RUMAH edisi 78, Bahan dasar toilet sendirimenurut Margaretha Idariani Tahir (Marketing Manager PT AmericanStandard Indonesia), adalah tanahliat yang berasal dari Cina, berwarnaagak kehijauan.

Tanah liat ini berpori-porisangat kecil, sehingga bisadijadikan keramik yang berkualitasbagus, tidak mudah retak dan pecah.

Toilet tidak memerlukanperawatan khusus, hanya perludilap dengan lap basah dan diberipembersih cair dalam waktu berkala.

Pemberian pembersih cairyang dimasukkan ke dalam toilet inisebaiknya jangan digunakan setiap hari, karena akan mematikan bakteri yangmenguraikan kotoran.

Ada apa saja di toilet duduk dan jongkok?

chriskeller/pixabay
chriskeller/pixabay

Ada apa saja di toilet duduk dan jongkok?

Secara umum toilet duduk terdiridari dua bagian, yaitu tangki danbowl. Tangki adalah tempat penyimpanan airuntuk penyiraman.

Di dalam tangki iniada beberapa bagian kecil lainnya yangmengatur penyiraman. Bagian yangkedua adalahbowl(mangkok), bagianyangIDEA lovers duduki.

Pada bagian ini tidakterdapat teknologi apapun, karenamurni hanya untuk pembuangan.

Berbeda dengan toilet duduk, toilet jongkok hanya terdiri dari satubagian, yaitubowlyang digunakanuntuk jongkok.

Kecuali padatoilet jongkokinstitusional; padatoilet jenis initerdapat tangkiseperti pada toiletduduk, hanya saja, biasanya tangki ini disembunyikan dibelakang tembok.

Baca Juga:Sudah Menjadi Santapan dari Kecil, Ternyata Mengonsumsi Alpukat dengan Dua Bahan Makanan Ini Berbahaya! Kenapa?

Baca Juga:Sering Menyapu Dalam Keadaan AC Menyala? Siapa Sangka Kebiasaan Buruk Ini Bisa Undang Malapetaka, Hati-hati!

ideaonline

Mengenal Bagian-bagian pada Toilet Duduk dan Jongkok Hingga Cara Kerjanya

Sistem Penyiraman di toilet duduk vs toilet jongkok

Untuk penyiraman, bisa dibedakandari jenis tombol dan systempenyiramannya. Ada dua jenis tombolpenyiraman pada toilet, yaitu flushvalve dan flush levers.

Flush valveadalahtombol penyiraman yang biasanyaterdapat di bagian atas tangki ataujika di toiletone piece, kadang terletakdi samping tangki. Cara kerjanyadengan menekan tombol tersebutmaka air akan turun dan menyirambowl.

Sedangkanflush leversberbentukseperti lidah, yang letaknya di sampingtangki atau di depan tangki. Untukmenyiram, IDEA lovers harus menariknya kekanan atau kiri.

Baca Juga:Sudah Menjadi Santapan dari Kecil, Ternyata Mengonsumsi Alpukat dengan Dua Bahan Makanan Ini Berbahaya! Kenapa?

Baca Juga:Sering Menyapu Dalam Keadaan AC Menyala? Siapa Sangka Kebiasaan Buruk Ini Bisa Undang Malapetaka, Hati-hati!

Khusus untukflush valvedibagimenjadi dua jenis lagi, yaitusingle flushdandual flush.Pada sistemsingle flush, hanya ada satu tombol yang terdiri darisatu bagian.

Setiap kali penyiramanair yang dikeluarkan adalah 6 liter. Sedangkan pada sistemdual flushadatombol penyiraman yang terdiri daridua bagian, kecil dan besar.

Tombolyang kecil biasanya untuk menyiramsehabis buang air kecil, kapasitas airyang dikeluarkan adalah 3 liter, dantombol yang besar berfungsi untukpenyiraman setelah buang air besar, airyang keluarkan sebanyak 6 liter.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya