Jarang Ada yang Tahu, Simak Cara Pasien Gagal Ginjal Dapat Layanan Cuci Darah dan Transplantasi Ginjal Pakai BPJS Gratis

Selasa, 06 September 2022 | 07:00
Unsplash

Ilustrasi Kebiasaan yang Bikin Ginjal Rusak

IDEAonline - Berikut cara pasien gagal ginjal dapat layanan cuci darah dan transplantasi ginjal pakai BPJS gratis.

Seperti kita tahu penyakit gagal ginjal adalah penyakit berbiaya mahal jadi banyak orang mencari tahu caracara pasien gagal ginjal dapat layanan cuci darah dan transplantasi ginjal pakai BPJS gratis.

Penyakit gagal ginjal membutuhkan serangkaian perawatan dan pengobatan agar pasien dapat sembuh dan layanan ini dapat ditanggung oleh BPJS gratis.

Bentuk perawatan layanan gagal ginjal yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan mencakup banyak aspek.

Mulai dari pemberian, pemeriksaan, pengobatan, hingga pengobatan lebih lanjut.

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup ditakuti.

Kondisi ini terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Karena ginjal rusak, perlu bantuan medis agar tubuh tetap dapat bekerja dengan baik.

Melalui serangkaian perawatan gagal ginjal inilah, pasien gagal ginjal bisa tetap hidup dan kemungkinan sembuh juga besar jika ditangani lebih awal.

Baca Juga:Pantas Saja Masih Terasa Sempit, Masukan Lemari Seperti pada Desain Rumah Minimalis, Jadi Terasa Luas Deh!

Baca Juga:Modal BPJS, Simak Cara Gratis Mendaftar Konseling ke Psikiater atau Psikolog

Jadi untuk lebih jelasnya soal ini, IDEA lovers bisa menyimak artikel ini hingga habis, yang khusus membahas tentang cara dan syaratlayanan gagal ginjalmenggunakanBPJS gratis.

Simak selengkapnya penjelasan berikut ini ya!

Layanan Gagal Ginjal yang Ditanggung BPJS Gratis

BPJS Kesehatan menjamin berbagai pelayanan kesehatan gagal ginjal seperti berikut ini:

1. Cuci Darah atau Hemodialisis

Pengertian cuci darah secara garis besar adalah perawatan untuk menggantikan fungsi ginjal dengan menggunakan ginjal buatan.

Proses cuci darah secara garis besar dilakukan dengan darah seseorang dimasukkan ke mesin ginjal buatan, dibersihkan, lalu dikembalikan ke dalam tubuh.

Lamanya proses cuci darah bisa berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan masing-masing penderita penyakit ginjal.

Baca Juga:Sukur Punya Kenalan Dokter, Siapa Sangka Minum Air Rebusan Ketumbar Bisa Obati Penyakit Berbahaya Ini Hingga Nyeri Saat Menstruasi

Baca Juga:Bukan Main Nenek Masih Kuat Gendong Cucu, Ternyata Rahasianya Rajin Makan Pisang dan Buah Ini, Bye Osteoporosis!

Ada yang berlangsung tiga sampai lima jam. Intensitasnya juga berlainan, ada yang sampai tiga kali seminggu.

BPJS kesehatan menjamin biaya semua perawatan cuci darah sebesar Rp 92 juta per tahun, jika dilakukan 2 kali per pasien per minggu.

2. Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal merupakan salah satu langkah medis yang dilakukan pada pasien yang mengalami penyakit penyakit gagal ginjal kronik (PGK), untuk menekan angka mortalitas.

Transplantasi ginjal merupakan teknik pencangkokan ginjal dari ginjal yang berasal dari orang hidup atau mati kepada pasien PGK.

Ginjal yang didonorkan kepada resipien harus dalam kondisi sehat. Ginjal ini diharapkan mampu menggantikan tugas atau fungsi ginjal yang sudah tidak mampu bekerja.

BPJS Kesehatan menjamin total biaya transplantasi ginjal hingga mencapai Rp 378 juta, termasuk pemeriksaan, observasi, pengobatan dan penyembuhan.

3. Perawatan CAPD

CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis) adalah metode cuci darah yang dilakukan lewat perut.

"Ritual" ini bagi sebagian penderita gagal ginjal dianggap lebih praktis dan murah memilih metode hemodialisis (HD) atau cuci darah dengan menggunakan mesin.

Dibanding hemodialisis, CAPD dinilai lebih menguntungkan karena prosesnya dapat dilakukan secara mandiri dan bahkan setiap rekan dan pasien dilatih terlebih dahulu. Bahan dan alat cair juga diantar oleh pihak rumah sakit ke alamat pasien.

Jumlah biaya yang dicover BPJS Kesehatan sampai sembuh yaitu Rp76 juta per tahun setiap pasien.

Prosedur Pelayanan Pasien Gagal Ginjal

Dilansir dariKompas, BPJS Kesehatan mempermudah prosedur hemodialisis atau cuci darah bagi pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan simplifikasi prosedur ini, peserta tidak perlu lagi mengulang membuat surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk mendapatkan layanan ini.

Saat ini pasien yang ingin melakukan cuci darah tinggal mengakses fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tanpa perlu ke FKTP terlebih dahulu.

Hal ini dikerenakan penyakit yang diderita sudah jelas dan pasien memang membutuhkan pelayanan di fasilitas pelayanan tindak lanjut.

“Namun ada syaratnya, (pasien) direkam dulu finger print-nya. Dengan adanya rekaman ini memastikan dan memudahkan mereka datang ke sini (faskes), dan betul mereka adalah peserta,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris padaSenin (13/1/2020).

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya