Jangan Salah, Beberapa Peralatan Rumah Tangga yang Modern Justru Dapat Menghemat Penggunaan Energi dan Lebih Efisien, Ini Contohnya!

Kamis, 13 Oktober 2022 | 07:00
The Interior Design Advocate

Ilustrasi kipas langit-langit

IDEAonline - Semua orang tentunya ingin rumah mereka nyaman, cantik, dan efisien.

Namun, beberapa orang mungkin berpikir bahwa ini adalah tiga hal yang bertolak belakang.

Nyatanya, beberapa peralatan rumah tangga memungkinkan kita untuk mendapatkan ketiganya sekaligus di rumah.

Dilansir dari architectureartdesigns.com, berikut adalah beberapa alat rumah tangga modern yang dapat meningkatkan gaya dan efisiensi di rumah.

Baca Juga: Seluas 68 Meter, Ternyata Desain Rumah Minimalis Ini Tak Perlu Lagi Partisi Untuk Ruang Keluarga hingga Dapur

Kipas Langit-Langit

Sebenarnya, kipas langit-langit tidak mengubah suhu ruangan—tetapi mereka mengubah cara kita merasakan suhu ruangan.

Dengan bekerja dengan sistem pendingin alami tubuh, kipas angin plafon dapat membuat ruangan terasa hingga empat derajat lebih dingin dari yang sebenarnya.

Bahkan lebih baik, kipas langit-langit menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada sistem udara sentral atau unit AC individu.

Dengan demikian, pemilik rumah yang memilih untuk memasang kipas langit-langit di kamar mereka akan mendapati bahwa kipas ini membuat rumah mereka lebih efisien, tanpa mengorbankan kenyamanan.

Lebih baik lagi, kipas langit-langit dapat menambahkan beberapa daya tarik visual ke area rumah yang sering diabaikan yaitu langit-langit atau plafon.

Kipas langit-langit modern memiliki garis yang bersih dan sederhana yang cocok dengan berbagai desain kontemporer.

Kita juga dapat menemukan kipas langit-langit dalam gaya rustic dan farmhouse, gaya coastal dan tropis, gaya industrial dan banyak lagi, sehingga mereka dapat mempertahankan estetika rumah mereka.

Baca Juga: Untung Punya Teman Desainer Interior, Begini Cara Padukan Gaya Hidup dengan Desain Rumah Minimalis

Kulkas Pintar

Digital Trends

Ilustrasi kulkas pintar

Tidak semua peralatan rumah pintar benar-benar meningkatkan efisiensi di rumah.

Faktanya, sebagian besar gadget pintar tidak lebih dari sekadar “tipu muslihat”, dan banyak peralatan pintar sebenarnya menarik lebih banyak energi untuk mempertahankan koneksi ke jaringan rumah.

Namun, salah satu alat pintar yang lebih baik yang dapat diintegrasikan ke dalam rumah adalah kulkas pintar.

Kulkas pintar memungkinkan kita untuk mengontrol suhu kompartemen pendingin yang berbeda, yang berarti makanan bisa tetap segar lebih lama.

Lebih baik lagi, ini berarti kita akan diperingatkan ketika suhu berubah di luar kisaran yang wajar, sehingga mereka dapat menyelamatkan produk dari pemadaman listrik yang berkepanjangan atau bencana lainnya.

Selain semua ini, lemari es pintar cenderung dirancang dengan sangat baik, memungkinkannya menjadi fitur cantik di dapur.

Dengan layar yang dapat menampilkan foto atau gambar, peralatan ini merupakan tambahan yang menyenangkan dan berguna untuk rumah yang efisien dan cerdas.

Mesin Pencuci Piring

IKEA

Ilustrasi mesin pencuci piring

Hanya sedikit orang yang menyukai tugas mencuci piring, tetapi banyak orang memilih untuk mengisi wastafel mereka dengan air sabun karena percaya bahwa itu lebih efisien daripada peralatan yang dirancang untuk tugas ini.

Sebenarnya, mesin pencuci piring menggunakan lebih sedikit energi dan lebih sedikit air daripada mencuci piring manual jika mesin pencuci piring terisi penuh.

Untungnya, ini berarti bahwa kita dapat memindahkan semua piring kotor dari meja dan memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring tanpa mengkhawatirkan efisiensi, menjaga dapur mereka terlihat bersih dan memastikan bahwa mereka menggunakan paling sedikit air untuk menjaga kebersihan dan kilau piring.

Baca Juga: Yuk Bikin Suami Kesemsem! Ternyata Payudara Kendur Bisa Kencang Lagi Bermodalkan Telur, Bagaiamana Caranya?

Pemanas Air Tanpa Tangki

Build Magazine

Ilustrasi pemanas air tanpa tangki

Pemanas air adalah ikon kecanggihan rumah modern, yang dapat mengalirkan air yang dipanaskan dengan sempurna ke hampir semua keran.

Sayangnya, pemanas air bisa sangat tidak efisien, karena memanaskan air dan mempertahankan air panas adalah tugas yang menghabiskan banyak energi.

Lebih buruk lagi, jika seseorang menguras tangki air panas, mungkin selama mandi yang sangat lama, mereka bisa menghabiskan berjam-jam agar air panas tersedia sekali lagi.

Pemanas air tanpa tangki adalah solusi ideal untuk semua tantangan yang ditimbulkan oleh pemanas air biasa.

Pemanas air tanpa tangki menghangatkan air sesuai kebutuhan, sehingga dapat digantung di dinding di belakang lemari atau bahkan menjadi fitur menarik dari ruang cuci atau kamar mandi.

Karena mereka tidak berusaha mempertahankan galon air panas, pemanas tanpa tangki menggunakan jauh lebih sedikit energi, dan mereka tidak akan pernah meninggalkan kita tanpa air panas karena mereka dapat segera menghasilkan lebih banyak.

Efisiensi energi, ruang, dan waktu membuat pemanas air tanpa tangki menjadi investasi yang sangat baik.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya