ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Rabu, 13 Maret 2024 | 14:31
DOK. COLORBOND®

Pameran ASEAN Steel Architecture Award 2024

IDEAOnline –COLORBOND®steel dan NSBlueScopeLysaght Indonesia kembali menggelarASEAN Steel Architecture Awardpada 2024.

ASEAN Steel Architecture Award merupakan ajang kompetisi bagi para arsitek yang menggunakan produk BlueScope, seperti COLORBOND® Steel, ZINCALUME® Steel dan BlueScope Zacs® dalam proyek arsitektur mereka di wilayah ASEAN.

Sebagai informasi, COLORBOND® Steel, ZINCALUME® Steel dan BlueScope Zacs®, merupakan tiga contoh merek produk baja berkualitas tinggi diproduksi oleh BlueScope dengan pengalaman lebih dari 100 tahun di dunia.

BlueScope Zacs® adalah baja lapis dengan kadar pelindung karat alumunium dan zinc di 100gr/m2 yang dapat digunakan sebagai bahan penutup atap, penutup dinding dan struktur, memberikan ketahanan karat yang baik terutama di area perkotaan.

Baca Juga: Unik! Bangunan Ini Gunakan COLORBOND® untuk Gantikan Genteng dan Cat Tembok

Sedangkan, COLORBOND® steel adalah merek premium baja lapis warna dari BlueScope yang menawarkan palet warna yang luas dan tahan lama dengan lapisan pelindung karat alumunium dan zinc di 150-200gr/m2.

Produk COLORBOND® steel dapat diaplikasikan pada eksterior maupun interior, sebagai bahan penutup atap, penutup dinding dan partisi. Produk ini mampu memberikan ketahanan karat maksimum di daerah dengan tingkat korosi tinggi, seperti di dekat laut.

Selain sebagai bentuk apresiasi, ASEAN Steel Architecture Award 2024 juga dikhususkan sebagai wadah untuk memberikan inspirasi serta berbagi pengetahunan arsitektur, khususnya dengan material baja sebagai bahan bangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di industri arsitektur ASEAN.

DOK. COLORBOND®

Agenda ASEAN Steel Architecture Award pada 2024 turut dihadiri oleh perwakilan asosiasi arsitek Malaysia, PAM (Pertubuhan Akitek Malaysia)

Steel Architecture Award pertama kali digelar pada 2017 di Indonesia dan dilanjutkan dengan agenda kedua pada 2019. Pada 2024, acara ini akan menjadi yang ketiga dalam serangkaian kompetisi ASEAN Steel Architecture Award.

Melalui ajang ini, para arsitek berkesempatan untuk memamerkan karya-karya mereka yang kreatif dan inovatif dalam menggunakan produk baja dari BlueScope.

Terdapat sejumlah kategori yang dapat dipilih para kontestan. Kategori tersebutdi antaranyaadalahBangunan Industrial atauNon-komersial sertaBangunan Komersial dan Residensial.

Selanjutnya, hadir juga kategoriInfrastruktur, Institusional, dan Lainnya sertaLasting Beauty of COLORBOND® Steel.

Untuk kategori bangunanIndustrial atau Non-komersial, kontestan dapat mendaftarkan proyek berupa pabrik, bangunan,warehouse, atauworkshop.

Pada kategori komersial, karya yang dapat didaftarkan adalahshopping mall,auditorium and exhibition,hotel atau vila, arearetail,serta kafe.

Baca Juga: Dukung Piala Dunia U-17, Infrastruktur JIS dan Stadion Manahan Solo Gunakan Teknologi dari COLORBOND

Padakategori residensial, peserta dapat mendaftarkan hasil proyek rumah, kondominium, dan apartemen.

Kemudian, pada kategori infrastruktur, peserta dapat mendaftarkan proyek bandara, stasiun kereta atau bus, sekolah, dan rumah sakit.

Terakhir,kategori Lasting Beauty of COLORBOND® Steeluntuk bangunan bersejarah yang menunjukkan ketahanan produk COLORBOND® Steel.

Dilansir dari lamanSteelarchitectureaward.com,kategori industrial, komersial, residensial, dan infrastruktur, desain hanya bisa didaftarkan jika bangunan telah berdiri tidak lebih dari 2019.

Khusus untuk kategori Colorbond Steel Historical Buildings, COLORBOND® dan BlueScope tidak memberikan batasan usia bangunan.

Gelar instalasi Alun-Alun 2 ARCH:ID

DOK. COLORBOND®

Sharing session di Alun-Alun 2 ARCH:ID

Untuk mempromosikanASEAN Steel Architecture Award 2024, COLORBOND® steel dan NS BlueScope Lysaght Indonesia membuat instalasi bertajuk “Alun-Alun 2 ARCH:ID” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, pada 22 – 25 Februari 2025.

Instalasi yang hadir dengan konsep “L.V.T (elevate): Raise to a higher position; to a more impressive level” ini diselenggarakan bersama Pavilion 95 Architect dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Apabila tertarik mengikuti kompetisiASEAN Steel Architecture Award 2024, pendaftaran masih terbuka hingga 31 Mei 2024. Proses pengumuman pemenang dari region Indonesia akan diumumkan pada Oktober 2024.

Baca Juga: BLUESCOPE Luncurkan Baja Clean COLORBOND ® yang Ramah Lingkungan

Nantinya, pemenang dari Indonesia akan berhadapan dengan para pemenang kompetisi yang sama di area ASEAN. Pemenang versi ASEAN akan diumumkan pada akhir November 2024.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang ASEAN Steel Architecture Award 2024, kunjungisteelarchitectureaward.comdanCOLORBONDⓇ Steel | Penghargaan

Sementara untuk info produk dan inspirasi dari Colorbond, kunjungiwww.colorbond.id/inspirations,colorbond.id/products,danwww.colorbond.id/why-colorbond.

Editor : Sheila Respati