Investasi Properti di Sydney, Lokasi Pinggiran Lebih Menguntungkan

Selasa, 06 November 2018 | 18:45
Photo: Johanna Erly W./Properti Sydney

Pesatnya pembangunan apartemen di Sydney menjawab kebutuhan masyarakat akan jenis hunian ini.

IDEAOnline - Iwan Sunito, salah satu pendiri Crown Group, pengembang properti Australia yang berbasis di Sydney, diumumkan masuk dalam daftar 20 besar tokoh paling berpengaruh di New South Wales, Australia.

Iwan Sunito, menempati urutan ke-16 dari daftar tokoh paling berpengaruh di New South Wales, Australia, versi Southern Courier, media lokal yang berafiiasi dengan News Corp Agency, salah satu grup media terbesar di Australia.

Dalam bincang khusus dengan wartawan IDEA, Johanna Erly Widyartanti di Marketing Center Crown di Sydney, akhir Oktober2018, Iwan membeberkan tentang bebebrap faktor yang perlu diketahui untuk berinvestasi properti di Sydney, salah satunya adalah pemilihan lokasi.

Lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan investasi seseorang di masa mendatang.

Inilah tips memilih lokasi investasi properti di Sydney.

1. Menentukan Daerah

Daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau etablished.

“Kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan CBD, karena peningkatan harga akan lebih terukur,” ujar Iwan.

Baca Juga : Mau Coba Terjun ke Dunia Investasi Properti? Coba yang Aman Seperti yang Ini!

2. Kedetakan dengan fasilitas

Lokasi yang dekat dengan transportasi dan tempat pendidikan, dekat dengan rumah sakit, dekat dengan lapangan kerja dan perkantoran, layak dipilih.

Dekat dengan transportasi artinya gampang transportasinya ke mana-mana.

Untuk ini, Iwan memberikan overview proyeknya yang berada di kawasan sub urban timur, EastLakes (6 km dari Sydney), sebagai salah satu kawasan yang memenuhi persyaratan ini.

Meskipun terletak di daerah sub urban, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah populer di Sydney.

Lokasinya hanya 3 menit menuju Alexandria, 6 menit ke Surry Hills, 8 menit ke Redfern, pusat kota sekitar 10-11 menit, pantai Coogee 10 menit, pantai Maroubra 12 menit, La Paraouse 17 menit, bandar udara domestik 6 menit dan bandar udara internasional 11 menit.

Baca Juga : Kolaborasi Zaha Hadid Architects dan ETH Zurich Ciptakan Paviliun dengan 3D-knitted formwork

Kawasan suburb timur Sydney lebih diminati jika dibandingkan kawasan suburb barat.

Salah satunya karena dikelilingi oleh institusi-institusi pendidikan terkemuka di Sydney seperti UNSW, University of Sydney dan UTS.

“Bukan hanya universitas, namun sekolah menengah atas tekemuka juga terdapat di kawasan timur tersebut, sebut saja Sydney’s Boys High School dan Sydney’s Girls High School yang masing-masing menempati peringkat ke 4 dan 5 dari daftar sekolah terbaik di New South Wales,” tambahnya.Baca Juga : Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia Waktu Dimana Harga Properti Turun

3. Cek Pertumbuhan Harga

Kondisi pasar, fasilitas umum, pertumbuhan harga dan daya sewa menjadi pertimbangan penting dalam memilih lokasi.

Soal harga properti, Iwan memberikan data yang dikeluarkan oleh realestate.com.au (salah satu situs properti Australia).

Harga rata-rata untuk rumah tapak di kawasan Eastlakes sudah mencapai kisaran AUS$ 1.700.000 sementara harga rata-rata unit apartmen di kisaran AUS$ 650.000.

“Jika dibandingkan dengan harga 5 tahun lalu, telah terjadi peningkatan harga rata-rata rumah tapak sekitar 95,6% atau sama dengan 14,4% per tahunnya untuk unit apartemen,” terangnya.

Iwan Sunito pada saat wawancara media di Marketing Center Crown Group di Sydney.

Baca Juga : Dituntut Kembalikan Dana, Ini Tanggapan Pengembang Apartemen K2 Park

4. Demografi

Banyaknya penduduk yang berusia produktif (20 sampai 34 tahun) di suatu daerah akan berpengaruh pada tingkat polulasi sewa.

Kondisi demografis memberi gambaran bahwa kebutuhan akan apartemen juga kuat di kawasan itu.

Usia produktif di kawasan EastLakes mencapai 46% dari total populasi, tingkat populasi sewanya mencapai 47% atau lebih tinggi dibandingkan tingkat sewa rata-rata di Negara bagian NSW yang berkisar 28%.

Hal ini dapat terlihat dari peningkatan biaya sewa di Eastlakes selama 5 tahun terakhir yang mencapai 21% atau rata-rata 4% per tahun dengan tingkat kekosongan sewa yang mencapai 1,5%.

“Yang terpenting adalah para calon investor perlu dan mau mencari informasi yang sebanyak-banyak perihal area yang ingin dijadikan investasi sebelum mereka menjatuhkan pilihan,” lanjut Iwan Sunito

Semakin banyak informasi yang didapat, semakin akurat pula kalkulasi untuk keputusan yang akan diambil.

Iwan pun menambahkan, beberapa situs properti Australia dapat dijadikan referensinya seperti: realestate.com.au, domain.com.au, dan property.com.au. (*)

Baca Juga : Wajib Diketahui, Ini Dia Jenis-Jenis Sertifikat Kepemilikan Properti

Photo Johanna Erly W./Kawasan EastLakes
Photo Johanna Erly W./Kawasan EastLakes

Kawasan Eastlake di sydney adalah salah satu kawasan sub urban yang layak dipilih.

Baca Juga : Beri Hadiah untuk Menantu, Ini Deretan Harta Properti Aburizal Bakrie

Editor : Alfa