Follow Us

Gunung Anak Krakatau Level Siaga, Ini Anjuran BMKG untuk Penghuni Rumah

iDea Online - Kamis, 27 Desember 2018 | 19:45
Suasana dampak tsunami selat sunda di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (26/12/2018). Di perkampungan nelayan itu tampak rumah-rumah penduduk hancur dan perahu-perahu nelayan pun berserakan di segala penjuru.
Tribunnews/Jeprima

Suasana dampak tsunami selat sunda di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (26/12/2018). Di perkampungan nelayan itu tampak rumah-rumah penduduk hancur dan perahu-perahu nelayan pun berserakan di segala penjuru.

IDEAonline - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengunjungi Media Center Tanggap Darurat Tsunami Selat Sunda, di Labuan Pandeglang Banten, Rabu (26/12/2018).Pada kesempatan tersebut, Kepala BMKG Dwikorita melakukan koordinasi dengan Kepala BNPB, Bupati Pandeglang, Basarnas, TNI/Polri, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Selain itu, Dwikorita juga menyempatkan diri menjawab berbagai pertanyaan dari media terkait informasi hoax yang beredar di masyarakat.

Dikutip dari laman resmi BMKG, melalui media ini, Dwikorita berharap informasi hoax tersebut dapat ditangkal sehingga masyarakat tidak resah.

Baca Juga : Porak-poranda Akibat Tsunami Banten, Begini Tampilan Hotel Mutiara Carita Sebelum Bencana

Dwikorita juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjauhi pantai di Selat Sunda lantaran erupsi Gunung Anak Krakatau sampai saat ini berada pada level Siaga.

Gunung Anak Krakatau berubah menjadi status siaga pagi ini, Kamis (27/12/2018) dan sudah menunjukkan aktivitas sejak Juni 2018.

Berdasarkan laporan dari aktivitas vulkanik dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, Gunung Anak Krakatau sudah berubah menjadi siaga level 3.

Dilansir dari TribunJakarta.com, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudy Suhendar mengatakan, Gunung Anak Krakatau rupanya sudah menunjukan aktivitas sejak bulan Juni 2018.

Baca Juga : Cita-cita Jadi Caleg, Tsunami Banten Renggut Nyawa Herman Seventeen, Rumahnya Sering Jadi Tempat Kajian

"Aktivitas Gunung Anak Krakatau memang beberapa hari ini meningkat dari tanggal 29 Juni 2018 mulai aktivitasnya begitu menonjol sampai sekarang," ujar Rudy di pos pantau Pasaruan, Kabupaten Pandeglang, Kamis (27/12/2018).

Hingga , pada tanggal 22 Desember 2018, aktivitasnya semakin meningkat dan melakukan erupsi sehingga menyebabkan tsunami dan gelombang pasang hingga tanggal 24 Desember 2018.

Editor : Alfa

Latest