Follow Us

Dihuni 8 Kali Lipat dari Kapasitas Seharusnya, Narapidana Ini Bikin Tempat Tidur Melayang Bak Orang Utan!

iDea Online - Rabu, 02 Januari 2019 | 16:40
Kapasitas rutan 98 Dihuni 806 Orang, Tidur pun Bergelantungan.
Wikipedia

Kapasitas rutan 98 Dihuni 806 Orang, Tidur pun Bergelantungan.

IDEAonline - Hampir seluruh rumah tahanan (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia mengalami kelebihan kapasitas atau overcrowded yang merata.

Namun, dari sekian banyak Rutan dan Lapas, cabang Rutan Bagansiapiapi di Riau adalah yang paling padat se-Indonesia.

Dilansir dari Tribun Batam, dengan daya tampung untuk 98 orang, Rutan Bagansiapiapi berisi 806 orang. Dengan kata lain, terdapat kelebihan kapasitas hingga 822 persen.

Baca Juga : Irish Bella Habiskan Tahun Baru Bersama, Warganet: Tiap Sinetron Ganti Pacar, Intip Ruang Tamu Milik Ammar Zoni

Para warga binaan di rutan tersebut ada yang berstatus tahanan maupun narapidana.

Tahanan adalah mereka yang belum divonis pengadilan, sementara narapidana sudah.

"Memang bangunan dan jumlah kamar sudah tidak memenuhi standar," kata Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi, Jupri Jabbar kepada BBC Indonesia di Bagansiapiapi, pekan lalu.

Baca Juga : Kartika Putri Tepis Kabar Nikah Siri Bersama Habib Usman dengan Unggahan Foto, Kamar Mewahnya yang Transparan Jadi Sorotan!

"Di sini setiap kamar diisi rata-rata 53 orang. Itu memang tidak layak," tambahnya.

Otoritas penyelenggara lembaga pemasyarakatan mengaku tidak bisa berbuat banyak terhadap kelebihan kapasitas itu. Alasannya karena punya kewajiban untuk menampung para tahanan dan warga binaan.

Memuat orang yang delapan kali melebihi kapasitasnya membuat Rutan Bagansiapiapi menjadi tak layak huni. Para warga binaan harus berbagi ruang di dalam kamar sel yang sempit dengan rekannya.

Halaman Selanjutnya

1 2 3 4

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest