Follow Us

Mengurangi Bujet Pengeluaran, Ini Dia 7 Kiat Hemat Penggunaan AC

Sara Agustriana - Sabtu, 19 Januari 2019 | 08:30
Hemat penggunaan AC di rumah
PantherMedia A17462469

Hemat penggunaan AC di rumah

IDEAonline - Ingin biaya listrik rumah tetap hemat? Salah satunya perhatikan penggunaan AC atau pendingin ruangan di rumah.Tak hanya lampu, menggunakan pendingin ruangan di rumah yang tak sesuai aturan pun juga dapat membuat biaya listrik di rumah kian melonjak. Baca Juga : Rumah Berantakan? Intip 7 Perabot yang Buat Rumah Lebih Rapi

Indonesia, yang terkenal dengan cuaca panasnya, membuat hampir seluruh rumah dan gedung-gedung memasang pendingin ruangan di dalamnya.Tak salah bisa di rumah memasang pendingin ruangan, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar iDEAlovers ikut mengusung konsep hemat energi, sebuah konsep yang baik untuk menyelamatkan bumi dan tentunya juga baik untuk biaya listrik rumah.Agar lebih hemat kantong, inilah 7 kiat yang dapat iDEAlovers bisa praktikkan di rumah.Baca Juga : Dibangun Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya, Lihat Rumah dari Sampah Ini

1. Bila di rumah menggunakan AC central maka harus dipastikan ukuran pendingin ruangannya tepat atau sesuai dengan area dalam hunian.

Hemat penggunaan AC
www.kandsac.com

Hemat penggunaan AC

Jangan terlalu besar atau terlalu kecil.2. Pasang pendingin ruangan di tempat yang teduh. Jangan pasang yang kena matahari langsung karena dapat membuat pengunaan energi dari pendingin ruangan makin banyak.3. Bersihkan filter AC secara teratur. Filter yang jarang dibersihkan dapat membuatnya jadi berdebu sehingga akan membuat AC bekerja lebih keras.4. Bila sedang menyalakan pendingin ruangan, pastikan ventilasi berupa jendela harus sudah tertutup agar listrik yang keluar dari AC tidak terbuang sia-sia.

Baca Juga : Agar Rumah Adem Tanpa AC, Ini Cara Mengakali Ruang Berplafon Rendah

5. Jangan menyalakan pendingin ruangan bila ruangan sedang tidak digunakan. Berhematlah demi kebaikan bumi ini juga.

Bersihkan filter AC secara teratur
www.beautyharmonylife.com

Bersihkan filter AC secara teratur

6. Menyalakan kompor, oven, mesin cuci piring dan pengering pakaian saat cuaca di luar sedang dingin, dapat membuat hunian menjadi lebih panas, akhirnya pendingin ruangan pun bekerja lebih keras.7. Bila ingin lebih hemat, gunakan kipas sebagai alat mendinginkan ruangan ketimbang memasang AC yang menuntut biaya lebih mahal.

Baca Juga : Disinggung Prabowo, Malaysia Ternyata Miliki Arsitektur Menakjubkan

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest