Follow Us

Dibangun dari 77 Panel Kayu Berlapis, Shelter Unik untuk Pendaki Gunung Ini Dibuat Bak Sarang Lebah!

Rebi - Kamis, 24 Januari 2019 | 13:20
Varden
Tor Even Mathisen

Varden

IDEAonline - Sebuah kabin kayu dengan struktur seperti sarang lebah prefabrikasi, yang disebut Varden, telah dibuka di gunung Storfjellet di Norwegia.

Rumah Prefabrikasi (prefab) adalah rumah yang terdiri dari komponen buatan/rakitan pabrik menjadi panel modular. Modul yang sudah siap lalu di bawa ke site bangunan kemudian disusun sesuai konsep desain

Varden dirancang oleh Spinn Arkitekter untuk dijadikan shelter atau tempat perlindungan.

Selain itu, Varden juga dirancang untuk mendorong aktivitas hiking di pegunungan di sekitar kota Hammerfest, untuk Asosiasi Trekking Norwegia.

Varden memiliki kerangka kerja prefabrikasi "organik", yang dikembangkan dalam kolaborasi dengan Form Engineers untuk menggemakan pengaturan Arktiknya yang kokoh, sambil menahan musim dingin yang keras di kutub.

Varden
Tor Even Mathisen

Varden

Baca Juga : Perpustakaan di Vietnam Ini Pakai Sistem Akuaponik, Ada Ikan Koi Sampai Ayam!

"Varden dirancang sebagai respons terhadap lanskap Arktik di sekitarnya dengan cara yang memadukannya dengan pegunungan dan bebatuan," kata James Dodson, mitra Spinn Arkitekter, kepada Dezeen.

"Kami juga ingin desain dan konstruksi memiliki dampak minimal pada situs, dan dibangun dengan bahan yang berkelanjutan," lanjut James Dodson.

Varden berukuran 15 meter persegi dan dibangun dari 77 panel kayu berlapis unik.

Panel-panel kayu berlapis tersebut membentuk kubah dengan cangkang bermotif sarang lebah.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest