Follow Us

Meski Tak Semuanya Sama, Ini Dia 5 Tipe Insomnia, Kamu yang Mana?

iDea Online - Kamis, 24 Januari 2019 | 08:00
Meski Tak Semuanya Sama, Ini Dia 5 Tipe Insomnia, Kamu yang Mana?

IDEAonline - Selama ini, mungkin hanya mendengar satu istilah insomnia untuk mendefinisikan kondisi sulit tidur di malam hari.

Namun, hasil penelitian terbaru dari Netherlands Institute for Neuroscience menyatakan bahwa insomnia dapat dibagi menjadi lima kategori berbeda.

Baca Juga : Terbukti Ampuh Membunuh 98 Persen Sel Kanker Payudara dalam 16 Jam, Ini Dia Penjelasan Ahlinya!

"Sementara kita menganggap insomnia adalah satu kelainan, tapi itu sebenarnya mewakili lima jenis yang berbeda," ujar Dr Tessa Blanken, pemimpin penelitian.

Yang mengejutkan para ilmuwan, kelima tipe insomnia itu memiliki masalah tidur yang kontras. Misalnya, seperti susah tidur atau bangun terlalu pagi.

Dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal The Lancet Psychiatry, para peneliti meminta 4.000 partisipan untuk melaporkan pengalaman mereka dengan insomnia, termasuk riwayat hidup dan tipe kepribadian.

Baca Juga : Sule Kepergok Masih Pajang Foto Mantan Istri di Ruang Kerja Meski Telah Disakiti, Ini Dia Alasan Mengejutkannya!

Dari data tersebut, para peneliti berhasil menemukan beberapa kesulitan yang partisipan hadapi sehingga memungkinkan mereka untuk memecah insomnia menjadi lima jenis.

Tipe 1: Orang yang mengidap insomnia tipe 1 mengalami kesulitan yang tinggi (ditandai dengan selalu merasa tegang atau cemas). Jarang merasakan kebahagiaan.

Tipe 2: Tingkat kesulitan di tipe insomnia ini sedang. Pengidapnya mengalami kebahagiaan atau emosi menyenangkan yang cukup normal.

Baca Juga : Dibakar Hidup-hidup Sang Mertua Karena Tak Kunjung Hamil Setelah Menikah 10 Tahun, Begini Kronologinya yang Menyayat Hati!

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest