Follow Us

Tak Hanya Soal Harga, Ini 5 Poin Lain yang Perlu Diperhatikan dari Membuat Atap Hijau

Sara Agustriana - Senin, 18 Februari 2019 | 21:00
Atap hijau (green roof)
www.mcphersonarchitecture.com

Atap hijau (green roof)

IDEAonline - Salah satu cara alami untuk membuat rumah terasa sejuk adalah dengan menghadirkan taman ke rumah.Namun, melihat kondisi lahan rumah sekarang yang serba terbatas, menghadirkan taman selalu dianggap mustahil.Padahal, taman tak selamanya harus memerlukan area kosong.Selain dengan konsep taman vertikal, konsep atap hijau (green roof) juga menjadi cara jitu untuk menghijaukan rumah bagi mereka yang tidak memiliki lahan lebih.

Baca Juga : Kini Bahagia Jadi Istri Eryck Amaral, Ternyata Ini Dia Jejeran Artis yang Pernah Jadi Pacar Aura Kasih, Ada yang Tak Terendus Media!Cara ini membantu untuk melindungi rumah, mengurangi polusi, menghemat energi dan memperpanjang umur atap rumah hingga dua kali lebih lama. Dan tentu saja juga menambah gaya ke sebuah hunian.Bila ingin menciptakan ide yang satu ini, maka simak dulu lima poin penting di bawah ini yang tak boleh terlewatkan. Baca Juga : Lampu Ini Berisi Bakteri-bakteri yang Berhenti Tumbuh dan Jadi Fosil Modern

Perkiraan hargaPastinya, langkah pertama yang harus diketahui adalah perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat atap hijau (green roof). Biaya itu tergantung dari seberapa luas dari atap rumah. Apakah akan menutupi seluruh atap dengan tanaman atau hanya di sebagian sisi saja.

Baca Juga : Pernah Disebut Miliki Hubungan Khusus dengan Suami Wali Kota Tangerang Selatan Hingga Diberi Mobil Mewah, Aura Kasih Akhirnya Buka SuaraPerkiraan waktuJangan asal membuat atap hijau.Kamu harus menentukan waktu yang tepat seperti misalnya saat musim tanam. Ga mungkin kan membuat ketika musim hujan. Yang ada green roof yang dibuat akan berakhir sia-sia.

Baca Juga : Hotel dalam Bandara JFK New York Akan Dibuka Setelah Ditutup 16 Tahun

Ketahui struktur atap rumah

Atap hijau
www.roof-info.co.uk

Atap hijau

Di samping faktor-faktor struktural, kamu juga perlu mengetahui apakah atap rumah memiliki kemiringan yang tepat untuk dijadikan green roof. Jika atap datar atau miring 30 derajat, itu masih aman. Jangan lebih dari 30 derajat. Perhatikan pula posisi dari green roof, apakah tanaman akan mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya atau tidak.

Baca Juga : Young Lex Gandeng Pacar Baru, Revina VT Ungkapkan Keinginannya Untuk Kerja di Kantor Hotman Paris Hutapea

Memberikan lapisan drainaseBila sudah membuat green roof, pastikan untuk menyertakan lapisan drainase yang ditempatkan di atas membran dan di bawah lapisan tanah. Lapisan drainase sangat dibutuhkan untuk mengatasi air yang meluber sehingga tidak menimbulkan genangan pada atap. Biasanya lapisan drainase ini dibuat dari campuran kerikil dengan batu apung.Baca Juga : Udara di Rumah Jadi Kotor, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Jadi Penyebabnya Utamanya!

PemeliharaanKalau tidak mengalami kekeringan yang parah, maka atap hijauhanya membutuhkan sedikit perawatan.Kadang-kadang membutuhkan penyiraman beberapa kali setahun, dan kadang pula tidak membutuhkan air sama sekali.Ini disesuaikan dengan kondisi cuaca di lingkungan kamu.

Atap hijau
www.archdaily.com

Atap hijau

Baca Juga : Tak Ada Hubungan Darah, Kumpulan Foto Jadul Titiek Puspa Muda Ini Buktikan Dirinya Bagaikan Pinang Dibelah Dua dengan Isyana Sarasvati

Editor : iDEA

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular