Follow Us

Begini Cara Milenial yang Bergaji Rp 4 Juta Bisa Punya Rumah Sendiri

Hikmah - Rabu, 06 Maret 2019 | 15:00
jual beli rumah
tribun

jual beli rumah

IDEAonline - Generasi milenial berpenghasilan Rp4 juta per bulan, bisa memiliki kesempatan untuk membeli rumah subsidi.Pemerintah menyediakan kepemilikan rumah subsidi ini melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR Budi Hartono mengatakan, pemerintah menyediakan program FLPP itu sebagai usaha meningkatkan daya beli masyarakat di semua kelompok umur, termasuk kalangan milenial.

Baca Juga : Jadi Spot Favorit di Rumah, Raisa dan Hamish Bagikan Tips Pilih Sofa yang Nyaman 'Anaknya Mana?'“Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan yang masih baru bekerja itu penghasilannya terbatas sehingga untuk mencicil rumah dengan bunga normal di bank itu berat. Makanya pemerintah meningkatkan daya beli mereka dengan fasilitas ini (FLPP),” ujar Budi Hartono saat ditemui di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Budi menjelaskan beberapa syarat untuk bisa mendapatkan FLPP, di antaranya belum mempunyai rumah, gaji pokok maksimal Rp 4 juta, dan melengkapai syarat administrasi, seperti KTP dan NPWP.“Kalau milenial masih bisa ya. Sangat mudah,” imbuhnya.

Cara mendapatkan rumah melalui fasilitas FLPP, kata Budi, mudah saja.

Baca Juga : Jalani Rumah Tangga Bersama Raul Lemos, Krisdayanti Mengaku Sering Diomelin Jika Tak Nyambung Diajak Ngobrol

Ilustrasi rumah subsidi.
Kompas.com

Ilustrasi rumah subsidi.

Pertama, datangi lokasi proyek perumahan subsidi yang dibangun oleh pengembang.

Generasi milenial yang ingin membeli rumah itu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memilih jenis hunian sesuai kemampuan dan kebutuhan.Setelah itu, pilih skema pembiayaan ke bank dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan KPR FLPP.“Harganya misalnya Rp 140 juta. Pilih rumah yang cocok, lalu bayar uang muka di bank, dan melengkapi syarat-syarat tadi. Bank akan memproses, kalau semua terpenuhi maka bisa langsung akad KPR,” jelas Budi.

Baca Juga : Tak Perlu Khawatir Lagi, Ini Dia 8 Cara Aman Berinvestasi di Bidang PropertiDia mengharapkan semakin banyak milenial yang mau memanfaatkan KPR FLPP karena bunganya rendah, yaitu 5 persen, dan tenor angsuran mencapai 20 tahun.“Dengan bunga murah dan ditarik jangka waktu panjang maka angsurannya akan kecil. Jadi sangat mudah syaratnya dan bunganya murah,” pungkasnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Milenial Bergaji Rp 4 juta Bisa Punya Rumah, Simak Caranya!".

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest