Follow Us

Dimana Sebaiknya Kamar Mandi Diletakkan di Rumah? Ini Jawabannya

Alfa - Jumat, 15 Maret 2019 | 20:05
Banyak orang menyepelekan masalah kebersihan kamar mandi. Bau tidak sedap dari kamar mandi akan merusak energi di sekitarnya.
Home Depot

Banyak orang menyepelekan masalah kebersihan kamar mandi. Bau tidak sedap dari kamar mandi akan merusak energi di sekitarnya.

IDEAonline - Manusia sebagai unsur mikro harus bisa menyelaraskan atau menyesuaikan diri dengan kekuatan alam.

Seperti konsep Feng Shui yang menyarankan untuk mencari lokasi rumah tinggalnya berdasarkan norma/nafas alam, demikian pula bangunan/rumah yang menjadi tempat hunian manusia sudah seharusnya meniru bentuk alam yang menggambarkan struktur tubuh manusia.

Dari sisi mikro, rumah digambarkan menyerupai tubuh manusia, dengan pintu yang identik dengan mulut, jendela dengan mata, dapur dengan lambung dan toilet (WC/ kamar mandi) sebagai dubur.

Ada hal menarik tentang letak kamar mandi/WC dengan filosofi di atas.

Bagian tersebut mengisyaratkan bahwa letak WC dan kamar mandi paling tepat berada di sisi belakang dari tata ruang bangunan.

Baca Juga : Meski Ukurannya Mungil, Kamar Mandi Bisa Bikin Nyaman Hanya dengan Dekorasi, Intip Triknya!

Stuktur ini identik dengan posisi dubur seseorang yang posisinya ada di bagian belakang tubuh.

Menurut Mas Dian, MRE, praktisi feng shui, posisi WC di bagian belakang rumah akan memberi nilai keselarasan yang benar karena dirancang dengan mempertimbangkan konsep hubungan keselarasan antara alam yang makro dan kehidupan yang mikro.

Selain itu, posisi ini juga memberi sisi positif yang lebih benar bagi kesehatan maupun etika pergaulan, karena posisi WC yang bau atau kotor sebaiknya dijauhkan dari fungsi ruang yang pada umumnya digunakan oleh penghuni untuk waktu yang lebih lama, misalnya kamar tidur dan ruang keluarga.

Baca Juga : Desain Terlalu Kuno, Kamar Mandi Bergaya Victoria Ini Direnovasi dan Hasilnya Menakjubkan!

Editor : Alfa

Latest