Follow Us

Pro Kontra Kehadiran Cicak di Rumah, Bisakah Kita Bersahabat dengan Cicak?

Akhmad Juanda - Minggu, 07 Juli 2019 | 12:30
Bisakah Kita Bersahabat Dengan Cicak?

Bisakah Kita Bersahabat Dengan Cicak?

IDEAonline - "Cecak cecak di dinding. Diam diam merayap. Datang seekor nyamuk. Hap! Lalu ditangkap!"

Lagu anak-anak ciptaan AT Mahmud ini telah melegenda di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Ya, nyamuk memang menjadi makanan utama cicak.

Tak Perlu “Dihabisi”

Menurut Dr Upik Kesumawatihadi, Kepala Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, Fakultas Kedokteran Hewan IPB, terdapat 3 jenis cicak yang biasanya mendiami rumah kita.

Biasanya kita kenal sebagai cecak tembok, kayu, dan gula Dr Upik menyatakan cicak adalah hewan yang juga terdapat dalam rantai makanan.

Baca Juga: Cicak di Rumah Perlu Dibasmi atau Malah Membantu Menghilangkan Nyamuk?

Cicak ini menjaga ekosistem alam sehingga tak perlu dihilangkan. Namun, jika jumlahnya sudah berlebihan dan membuat kita jijik, cicak pun perlu diusir.

Dr. Evy Arida, peneliti herpetologi, pusat penelitian biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menambahkan bahwa jika Anda ingin mengusir cecak dari ruangan,

Baca Juga: Lampu Pintar Ini Bisa Lakukan 4 Hal yang Menakjubkan, Mau Tahu?

jagalah suhu ruangan dalam 20-24°C karena suhu yang dingin tidak disukai oleh cecak dan serangga yang menjadi makanannya pun akan “minggat” ke tempat lainnya.

Cicak Jenis Gehyra mutilate

Cicak Jenis Gehyra mutilate

Keberadaan cicak yang berlebihan disinyalir juga karena jumlah serangga yang berlebihan di rumah kita, jadi jangan lupa untuk mengusir juga serangganya.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest