Follow Us

Kloset Jongkok atau Duduk? dari Sisi Kesehatan, Mana yang Lebih Baik?

Akhmad Juanda - Jumat, 19 Juli 2019 | 16:35
Bersihkan  tepi kloset
reader digest

Bersihkan tepi kloset

IDEAonline - Di Indonesia, ada dua jenis kloset yang umum dipakai, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Dari sisi kesehatan, mana yang lebih baik?

Kloset duduk, yang merupakan warisan budaya barat, sudah masuk ke Indonesia sejak lama.

Menurut Khairul Ahmad Septono, desainer interior dan anggota Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), kloset duduk bahkan sudah dipakai sejak jaman penjajahan Belanda, meskipun dipakai di kalangan terbatas.

Baca Juga: Ganggu Pencernaan, Ini Alasaan Kenapa Toilet Jongkok Lebih Sehat dari Toilet Duduk

WC mampet | dok. oliviamarcheline.com
dok. oliviamarcheline.com

WC mampet | dok. oliviamarcheline.com

Namun sejak sejak tahun 70-an, saat pemuda Indonesia banyak yang bersekolah di luar negeri, pemakaian kloset duduk meningkat cukup pesat.

Saat ini, sebagian besar toilet di rumah, kantor, dan tempat umum sudah lebih banyak menggunakan kloset duduk dibandingkan kloset jongkok.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Saat Tepat ke Toilet Saat Nonton Avengers: Endgame

Di sisi lain, jumlah pemakai kloset jongkok, yang merupakan warisan budaya Indonesia, masih menjadi pilihan utama masyarakat, terutama yang tinggal di daerah-daerah.

Beberapa negara Asia dan Eropa Timur, meski sudah mulai mengadopsi kebiasaan memakai kloset duduk, masih sangat lazim menggunakan kloset jongkok.

Meski telah puluhan tahun masuk ke Indonesia, pro dan kontra pemakaian dua jenis kloset ini masih terus muncul hingga saat ini.

Dari sisi kesehatan, mana yang lebih aman, kloset duduk atau kloset jongkok? Lalu, apa plus minus lain dari kedua jenis kloset ini?

Halaman Selanjutnya

Kloset Duduk
1 2 3 4

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest