Follow Us

Jarang Ada di Tempat Umum, Penyandang Disabilitas Perlu Toilet Khusus, Ini Kebutuhannya!

Johanna Erly Widyartanti - Kamis, 12 Maret 2020 | 17:30
Di sarana umum belum banyak disediakan toilet untuk penyandang disabilitas.
tribunnews.com

Di sarana umum belum banyak disediakan toilet untuk penyandang disabilitas.

IDEAonline-Toilet merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, baik bagi orang normal maupun penyandang disabilitas.

Itu sebabnya, hampir setiap bangunan di dunia ini memiliki minimal satu toilet di dalamnya.

Namun, kenyataannya ketersediaan toilet di ruang publik baru sekitar 1-2 persen, itupun belum semuanya menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

Naning Adiwoso, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, menyatakan hal ini di Wisma Toto Indonesia, Jakarta, di acara “Safe Toilet & Sanitation for Everyone Anywhere All The Time, Rabu (11/3/20).

Inisiator Jakarta Barrier Free Tourism Faisal Rusdi yang hadir di acara yang sama, mengaku penyandang disabilitas terutama pengguna kursi roda kerap kebingungan saat ingin menggunakan toilet.

Baca Juga: Lebih Bersih dan Higienis, Saatnya Beralih dari Toilet Jongkok ke Toilet Duduk, Ini Alasannya!

Faisal Rudi, inisiator Jakarta Barrier Free Tourism, di acara Safe Toilet & Sanitation for Everyone Anywhere All The Time (11/3/20).

Faisal Rudi, inisiator Jakarta Barrier Free Tourism, di acara Safe Toilet & Sanitation for Everyone Anywhere All The Time (11/3/20).

Menurut Faisal, ada 4 unsur yang harus dipenuhi untuk membuat toilet khusus bagi penyandang disabilitas utamanya pengguna kursi roda yaitu kemudahan, kenyamanan, keamanan, dan kemandirian.

Kemudahan yang dimaksud oleh Faisal adalah bagaimana fasilitas itu memudahkan pengguna kursi roda beraktivitas di dalamnya.

Hal ini meliputi ukuran yang sesuai, baik ukuran ruang maupun ukuran toilet yang disesuaikan dengan ukuran kursi roda dan elemen lainnya seperti wastafel dan letak keran.

Toilet ramah pengguna kursi roda harus memiliki ukuran ruang dengan luas minimal 2 x 2 meter dan terdapat handrail atau pegangan di kedua sisi.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest