Follow Us

Cegah Ubin Popping, Ini Dia Cara Pasang Homogeneous Tile Seharusnya!

Fatur Rohman - Kamis, 09 Juli 2020 | 10:05
Lobi Graha Cikini dengan elemen kayu dan lantai granit.

Lobi Graha Cikini dengan elemen kayu dan lantai granit.

IDEAonline -Memasang granit buatan tidak lebih sulit dibandingkan memasang ubin keramik biasa, dan jauh lebih mudah ketimbang memasang granit atau marmer alam yang butuh perlakuan khusus sebelum dipasang.

Sebelum pemasangan, ubin ini tidak perlu direndam dalam air—ritual yang biasa dilakukan tukang sebelum memasang ubin lantai keramik.

Tetap Butuh Nat

Kesalahan yang umum dilakukan orang adalah tidak menyediakan nat untuk granit buatan ini.

Baca Juga: Brasil Kini Tempati Urutan Kedua Negara dengan Kasus Covid-19 Terbesar, Makin Kacau Setelah Presidennya Juga Kena, Dua Menteri Kesehatannya Bahkan Mundur

Baca Juga: Hanya Dilengkapi dengan Perlengkapan Berburu dan Memasak, Terungkap Isi Rumah Nabi Muhammad SAW yang Serba Sederhana, Atapnya Bahkan dari Dedaunan

Karena pinggirnya seolah rata, jadi banyak yang berpikir bahwa ubin ini bagus dipasang tanpa nat.

Homogeneous tile tetap butuh nat, karena walaupun kecil (0,02 mm) tetap ada toleransi presisi yang akan membuat pemasangan tidak bisa benar-benar rata.

Selain itu, bagian tepi ubin ini juga tidak rata melainkan sedikit di-bevel (dibuat miring).

Lebar nat yang disarankan adalah 2 mm, diukur dari badan ke badan ubin, bukan dari bevel-nya. Nat ini lebih baik berupa grouting khusus yang banyak tersedia di pasaran.

Bila semen putih yang akan digunakan sebagai pengisi nat, campurlah semen putih dengan polymer agar daya rekatnya lebih kuat.

Halaman Selanjutnya

Cegah Ubin Popping
1 2 3

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest