Follow Us

Ini Beda Kulkas dan Chest Freezer, Produk Pendingin dan Pembeku Makanan yang Banyak Diperlukan saat Pandemi Covid-19

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 18 Agustus 2020 | 15:00
Ilustrasi freezer yang menyatu pada kulkas.
tribunnews.com

Ilustrasi freezer yang menyatu pada kulkas.

IDEAOnline-Sama-sama diperlukan untuk menyimpan bahan makanan untuk waktu yang lebih lama, sebenarnya, apa perbedaan kulkas dengan chest freezer (freezer yang terpisah dari badan kulkas atau freezer peti)?

1. Ruang penyimpanan.

Kulkas, seperti kita tahu umumnya terdiri dari 1 atau 2 pintu (saat ini sudah ada yang 4 pintu), dibuka dari arah depan.

Penyimpanan makanan di kulkas terbagi atas beberapa kompartemen dengan suhu dingin yang berbeda-beda disesuaikan dengan bahan makanan yang seharusnya disimpan di situ.

Tapi sebenarnya ada dua pembagian umum di kulkas terkait penyimpanan, yaitu 1 ruang berfungsi mendinginkan dan 1 ruang lainnya berfungsi membekukan (freezer).

Sedangkan chest freezer, hanya memiliki 1 ruang penyimpanan yang bisa diatur suhunya untuk mendinginkan atau membekukan.

Chest freezer—yang biasa kamu lihat di toko es krim—memiliki beberapa slot penyimpanan yang berguna untuk membekukan makanan dan minuman.

Pintunya dibuka dari atas, dan umumnya berukuran melebar, bukan meninggi.

2. Tingkat suhu maksimal pendinginan.

Berdasarkan tingkat suhu terendah yang dapat dicapai, chest freezer masih lebih tinggi dari kulkas dengan suhu maksimal pendinginan mencapai -28 derajat celcius.

Pada dasarnya chest freezer memang didesain untuk membekukan air menjadi es batu.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest