Follow Us

Mengapa Kita Perlu Jasa Arsitek? Salah Satu Dari 8 Profesi Penting yang Diakui Pemerintah

Fatur Rohman - Rabu, 19 Agustus 2020 | 14:30
Ilustrasi renovasi rumah.
Kompas.com

Ilustrasi renovasi rumah.

IDEAonline –Pernahkah Anda mendesain rumah sendiri? Atau Anda membeli rumah jadi dari pengembang? Tidak bisakah Anda melakukannya sendiri? Apa alasan yang paling tepat untuk membangun sendiri atau menggunakan jasa arsitek?

Rumah adalah kebutuhan dasar yang harus disediakan manusia agar ia bisa hidup layak. Semua keluarga normal akan mencoba sekuat tenaga untuk mempunyai rumah yang layak.

Syukur-syukur bisa dibanggakan.

Semua kepala keluarga akan bekerja sekeras mungkin untuk dapat menghidupi keluarganya. Kita diajarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar: sandang-pangan-papan.

“Papan” ditaruh di akhir seakan menjadi penanda bahwa setelah kita memilikinya, hidup kita sudah lengkap. Selebihnya sebenarnya adalah kemewahan.

Baca Juga: Tinggal di Hunian Bergaya Etnik, Rumah Milik Artis yang 10 Tahun Nikahi Keturunan Raja Ini Jadi Sorotan Warganet, Ada Kandang Ayamnya?

Baca Juga: Ingin Berbagi Kamar dengan Anak? Siapkan 5 Hal Ini di Ruangan

Di Indonesia, paling tidak di Jakarta, semua keahlian yang dibutuhkan untuk membangun rumah sudah tersedia. Itulah bedanya di kota dibandingkan di tempat lain.

Juga ketersediaan material. Anda bisa merancang dan membangun sendiri rumah Anda, dengan bantuan tukang atau mandor. Bisa dengan mudah kita meniru yang ada di majalah atau yangterlihat di rumah tetangga kita.

Lalu mengapa kita masih perlu jasa arsitek? Di Indonesia, secara tradisional ada peran-peran di masyarakat yang berfungsi seperti arsitek.

Misalnya di Bali, ada yang disebut Undagi.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest