Follow Us

Ketahui Asal Muasal Tanaman Aglaonema, Tanaman yang Selalu Naik Daun!

Fatur Rohman - Selasa, 18 Agustus 2020 | 21:36
Aglaonema, Daun yang Sedang Naik Daun
Tab RUMAH

Aglaonema, Daun yang Sedang Naik Daun

IDEAonline –Warna kemerahmerahan pada daunnya, membuat aglaonema menjadi tanamaan favorit. Meskipun harganya mencapai ratusan ribu rupiah, banyak orang yang mencarinya untuk dijadikan sebagai koleksi.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Gaya Urban, Desain Sederhana, Efisien, dan Compact

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang keindahanyadilihat dari daunnya. Meskipun aglonema saat ini terkenal karena daunnya yang indah dan bewarna merah, tidak semua daun aglaonema berwarna kemerah-merahan.

Ada beberapa spesies Aglaonema yang berwarna hijau seperti Aglaonema modestum dan aglaonema commutatum.

Kedua jenis ini bukan hasil persilangan. Dilihat dari silsilahnya, tanaman aglaonema merupakan tanaman yang masuk dalam famili Araceae dengan filum Plantae.

Terkenal Karena Hasil Silangan

Baca Juga: Ikut Pameran Interior Virtual Reality di Masa Pandemi, Ini Keuntungan yang Kamu Dapatkan

Sebenarnya aglaonema merupakan tanaman yang sudah lama ada di Indonesia. Sebelum nama aglaonema ngetren, orang Indonesia mengenal beberapa spesies dari aglaonema dengan sebutan sri rejeki.

Aglaonema, Daun yang Sedang Naik Daun
Tab RUMAH

Aglaonema, Daun yang Sedang Naik Daun

Nama aglaonema mulai nge-tren ketika seorang ahli botani yang bernama Gregori Garnadi Hambali—kemudian dikenal dengan nama Greg Hambali— menyilangkan spesies Aglaonema rotundum yang merupakan spesies aglaonema asli Sumatera, dengan Aglaonema commutatum yang asalnya dari Filipina.

Hasil dari persilangan tersebut didapatkan spesies baru yang terkenal sampai sekarang, yaitu Aglaonema “pride of sumatera”.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest