Follow Us

Mengenal Pneumonia, Indonesia Peringkat Ke-7 Dunia Kematian Balita karena Penyakit Ini

Kontributor 01 - Selasa, 10 November 2020 | 16:00
Ilustrasi pneumonia atau radang paru-paru. (britannica.com).
Kompas.com

Ilustrasi pneumonia atau radang paru-paru. (britannica.com).

IDEAOnline-Ahli mengingatkan agar para orangtua di tengah pandemi Covid-19 ini untuk meningkatkan perlindungan terhadap balita dari penyakit mematikan, yaitu pneumonia.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2017, terdapat 25.481 kematian balita karena infeksi pernapasan akut dan ini menempatkan Indonesia di peringkat ketujuh dunia dengan beban pneumonia tertinggi.

Angka kematian 25.481 balita itu menunjukkan bahwa 17 persen dari semua kematian balita dunia akibat pneumonia adalah di negara Indonesia.

Bahkan di dalam negara sendiri, pneumonia adalah penyebab kematian balita kedua di Indonesia setelah persalinan preterm dengan prevalensi sekitar 15.5 persen.

Tahun 2019, terdapat sekitar 467.383 kasus pneumonia pada balita.

Apa itu pneumonia?

Ketua Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia Dr dr Nasiti Kaswandani SpA(K) menyampaikan, pneumonia merupakan penyakit peradangan akut pada paru-paru yang membuat paru-paru dipenuhi dengan cairan dan sel radang.

"Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius dan tidak jarang menyebabkan kematian," kata Nastiti dalam diskusi daring bertajuk Save the Children: Kenali dan Cegah Pneumonia pada Anak "the Forgotten Killer", Kamis (5/11/2020).

Selain itu, diakui Nastiti bahwa penyakit pneumonia juga sering terlambat disadari karena gejala awalnya yang sulit dibedakan dengan penyakit pernapasan lain yang ringan seperti pilek dan selesma.

Baca Juga: Alasan Perlunya Rumah Bebas Polusi Udara, Bisa sebabkan Kematian Dini pada Bayi!

Ilustrasi pneumonia.
Kompas.com

Ilustrasi pneumonia.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest