Follow Us

Yuk Kenali Perilaku Anak, Bedakan Anak Aktif dengan Hiperaktif

Kontributor 01 - Kamis, 12 November 2020 | 17:00
Ilustrasi anak dan perilakuknya.
grid.id

Ilustrasi anak dan perilakuknya.

IDEAOnline-Anak yang aktif secara fisik tentu baik untuk kesehatan.

Namun, ketika anak tampak terlalu aktif dan memiliki energi yang tak habis-habis, orangtua mulai khawatir apakah anak mereka termasuk hiperaktif.

Menurut dr. Catharine Mayung Sambo Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Pediatri Sosial RS Pondok Indah, secara umum tidak ada panduan atau perangkat yang mengukur kadar aktivitas anak dengan tepat untuk menyatakan apakah seorang anak, baik laki-laki maupun perempuan, aktif atau hiperaktif.

Attention deficit hyperactivity disorder ( ADHD) atau gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) adalah gangguan perkembangan saraf kompleks yang dapat memengaruhi kesuksesan anak di sekolah.

Selain itu, anak dengan ADHD juga cenderung tidak percaya diri dan sulit membangun relasi yang baik dengan sekitarnya.

Hal itu karena, ADHD mencakup kombinasi masalah yang terus-menerus, seperti kesulitan memertahankan perhatian, hiperaktif, dan perilaku impulsif.

Melansir Mayo Clinic, ADHD lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan, dan perilaku dapat berbeda pada anak laki-laki dan perempuan.

Misalnya, anak laki-laki mungkin lebih hiperaktif dan anak perempuan cenderung lalai.

Meski sulit dikenali, gejala ADHD bisanya dimulai sebelum usia 12 tahun, dan pada beberapa anak, gejala tersebut mulai terlihat sejak usia 3 tahun.

Gejala ADHD bisa ringan, sedang atau berat, dan bisa berlanjut hingga dewasa. “Skrining untuk gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) bisa dilakukan pada usia tiga tahun apabila ada keluhan dari orangtua, pengasuh, guru, atau orang terdekat lainnya,” kata Catharine.

Baca Juga: Warna yang Boleh dan Tidak Boleh Diterapkan di Area Anak Autis dan Hiperaktif

Halaman Selanjutnya

ikea.co.id Ilustrasi anak.
1 2 3

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest