Follow Us

Mengenal 4 Jenis Terapi Pengobatan Virus Corona, Mana Paling Efektif?

Kontributor 01 - Minggu, 13 Desember 2020 | 13:00
Ilustrasi pasien Covid-19
tribunnews

Ilustrasi pasien Covid-19

IDEAOnline-Covid-19 merupakan penyakit baru yang membuat para ahli masih terus mempelajarinya hingga kini.

Selain soal vaksin, para ahli di laboratorium dan rumah sakit di seluruh dunia juga sedang melakukan ratusan penelitian, yang mengeksplorasi apakah ada obat yang benar-benar efektif mengatasi infeksi virus corona?

“Seiring berjalannya waktu, semua dokter telah belajar banyak tentang penyakit ini, dan kemampuan kami untuk merawat pasien kini juga menjadi lebih baik,” kata dokter paru dan perawatan kritis Lokesh Venkateshaiah, MD seperi dikutip dari Health Cleveland Clinic.

Berikut ini empat jenis pengobatan yang paling sering digunakan untuk mengobati Covid-19.

1. Remdesivir

Masih ada pertanyaan tentang keefektifan remdesivir, obat pertama yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) khusus sebagai pengobatan virus corona.

Ini adalah obat antivirus yang diberikan melalui infus kepada pasien berusia di atas 12 tahun yang dirawat di rumah sakit, karena masalah pernapasan terkait Covid-19.

Obat ini sering diberikan bersamaan dengan steroid, yang dikenal dengan deksametason.

“Pasien rawat inap yang memiliki tingkat saturasi oksigen kurang dari 93% atau memiliki kebutuhan oksigen tambahan baru adalah mereka yang paling diuntungkan dari pengobatan khusus ini,” kata Dr. Venkateshaiah.

Pada penelitian awal, pasien Covid-19 rawat inap yang memenuhi kriteria dan mendapat remdesivir memiliki waktu rawat inap yang lebih singkat di rumah sakit.

Ada juga yang menyebut, kecil kemungkinannya untuk meninggal dunia.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest