Follow Us

Peningkatan Kasus Mengkhawatirkan, CDC: Varian Baru Virus Corona Inggris Mungkin Mendominasi pada Maret

Kontributor 01 - Selasa, 19 Januari 2021 | 18:01
Ilustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona.(Shutterstock)
Kompas.com

Ilustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona.(Shutterstock)

IDEAOnline-Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit ( CDC) memprediksi bahwa varian baru virus corona dari Inggris akan mendominasi AS pada Maret 2021.

Ada sekitar 76 kasus positif Covid-19 dengan varian baru Inggris - dikenal sebagai B117 - terdeteksi di 10 negara bagian AS sejauh ini.

Namun seperti yang diketahui, varian ini lebih mudah menyebar dibanding jenis mutasi Covid-19 lainnya.

Menurut pemodelan komputer terkait penyebaran virus B117 yang dibuat CDC yang terbit di jurnal CDC Morbidity and Mortality Weekly Report, penularan yang lebih cepat berarti virus dapat menyebar lebih luas dan cepat.

Kendati tidak dianggap menyebabkan penyakit yang parah, peningkatan kasus karena varian baru ini diproyeksikan sangat mengkhawatirkan.

Lebih banyak kasus berarti lebih banyak orang yang harus dirawat inap, kapasitas rumah sakit membludak, dan risiko kematian lebih banyak.

Menurut pemodelan tersebut, peluncuran vaksin Covid-19 pada akhirnya memang akan mengurangi penularan kasus infeksi virus corona secara signifikan.

Tetapi hal ini kemungkinan tidak akan terjadi jika varian B117 mendominasi.

"Selain itu, peningkatan penularan SARS-CoV-2 dapat mengancam sumber daya perawatan kesehatan yang stres, memerlukan penerapan strategi kesehatan masyarakat yang lebih lama dan lebih ketat, serta perlu meningkatkan persentase kekebalan populasi (population immunity) yang bisa mengendalikan pandemi," kata para penulis seperti dilansir Live Science, Jumat (15/1/2021).

Untuk menghindari skenario terburuk, tenaga kesehatan di seluruh dunia menekankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, patuh terhadap karantina, dan vaksinasi.

Protokol kesehatan ini diharapkan dapat mencegah penularan segala jenis virus corona, termasuk varian B117.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest