Follow Us

Meski Tak Nyaman, Tidur Tengkurap Bisa Beri Peluang Kesembuhan bagi Pasien Covid-19

Johanna Erly Widyartanti - Minggu, 28 Februari 2021 | 07:30
Ilustrasi tidur tengkurap dengan memakai bantal.
Elena Elisseeva

Ilustrasi tidur tengkurap dengan memakai bantal.

IDEAOnline-Posisi tidur bagi para pasien Covid-19, baik dengan gejala ringan, sedang maupun berat, ternyata memberikan efek yang sangat besar bagi peluang kesembuhan dari infeksi penyakit ini.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru), Prof. dr. Menaldi Rasmin, Sp.P(K)., FCCP dalam Webinar dan Media Gathering Online 2021, Update Perkembangan Covid-19 & Vaksinasi yang diselenggarakan Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia (RSDHI), Kamis (26/2/2021).

Dalam paparannya bertajuk “Covid-19 dan Hubungannya dengan Vaksin”, Prof Menaldi mengatakan bahwa teori tidur tengkurap atau telungkup sangat bermanfaat untuk menghindarkan pasien mengalami sesak napas.

"Itu (tidur tengkurap terhindar dari sesak napas) manfaat sederhananya," kata Prof Menaldi.

Prof Menaldi mengatakan bahwa manfaat tidur tengkurap pada pasien Covid-19 akan membuat organ pernapasan, yakni paru-paru dapat tetap bersih, terhindar dari potensi terjadinya endapan peradangan pada organ ini.

Antara lain seperti paru-paru bengkak dan basah, yang dapat menyebabkan pasien menjadi sulit bernapas.

"Walaupun pasien kasusnya ringan dan melakukan isolasi mandiri di rumah, kita anjurkan agar dia tidur dalam posisi tengkurap, untuk menghindarikan dia dari perawatan di rumah sakit," jelas Prof Menaldi.

Baca Juga: Tak Hanya Kasur, Memilih Bantal Pun Tidak Boleh Salah Biar Tidur Tak Bermasalah, Pertimbangkan Ini!

Ilustrasi tidur tengkurap.
Kompas.com

Ilustrasi tidur tengkurap.

Manfaat tidur tengkurap pasien Covid-19 Perlu diingat bahwa Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh akan menginfeksi paru-paru yang menyebabkan pernapasan menjadi terganggu hingga membuat peradangan hebat yang dapat membuat organ tersebut terendam cairan.

Anjuran untuk tidur tengkurap oleh dokter spesialis paru ini, memang adalah sesuatu yang sederhana, namun ternyata manfaatnya sangat besar bagi kesembuhan pasien Covid-19.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest